Review Smartphone

    Samsung Galaxy A21s, Menyenangkan untuk Game

    Lufthi Anggraeni - 13 Juli 2020 07:58 WIB
    Samsung Galaxy A21s, Menyenangkan untuk Game
    Samsung Galaxy A21s (Foto: Medcom.id)
    Jakarta: Pasar smartphone kelas menengah menjadi ranah yang saat ini disesaki oleh berbagai produk karya berbagai produsen. Segmen ini dinilai memiliki banyak peluang mengingat jumlah konsumen di kelas ini tergolong besar.

    Salah satu produsen ini termasuk Samsung, yang cukup rajin menghadirkan smartphone baru ini segmen ini setiap tahunnya, dalam beberapa tahun terakhir. Dan salah satu smartphone terbaru di segmen menengah yang diboyongnya ke Tanah Air adalah Samsung Galaxy A21s.

    Bukan perangkat paling unggul karyanya, Samsung mengklaim Galaxy A21s tetap mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan dan performa terbaik di kelasnya. Benarkah demikian? Berikut review Samsung Galaxy A21s.
     

    Pelangi di Kilauan

    Soal desain, Samsung Galaxy A21s tampil menarik berkat balutan plastik bahan mengkilat di bagian belakang, dengan efek pelangi di bagian yang terpapar cahaya. Menggunakan bahan plastik, bodi perangkat ini cukup mantap saat digenggam.

    Hanya saja, serupa perangkat berbahan mengkilat lain, bodi belakang Samsung Galaxy A21s mudah kotor oleh noda sidik jari. Dan noda ini semakin kentara akibat efek mengkilat pelangi pada bodi tersebut.

    Tampilan menarik dari ponsel ini juga didukung oleh ukuran bezel tipis yang mengelilingi layar ponsel. Sebagai informasi, Galaxy A21s ini masuk ke dalam daftar smartphone baru karya Samsung yang mengusung desain Infinity-O.

    Samsung Galaxy A21s, Menyenangkan untuk Game

    Serupa dengan smartphone yang diluncurkan bersamaan dengannya, Galaxy A11, Samsung Galaxy A21s juga hadir dengan lubang di layar sebagai lokasi penyematan kamera depan yang berada di sudut kiri atas layar.

    Hal ini berbeda dengan perangkat segmen high-end Samsung, meski juga mengusung desain infinity-O, namun lubang penyematan kamera depan ini terletak di bagian tengah atas layar. Juga di bagian belakang, Anda juga akan menemukan empat kamera yang tersusun menyerupai huruf L.

    Susunan kamera ini juga terlihat seperti huruf C karena Samsung menyematkan lampu flash LED di sebelah kamera teratas. Selain itu, bagian belakang menjadi lokasi penyematan sensor pemindai sidik jari.

    Samsung Galaxy A21s, Menyenangkan untuk Game

    Di sisi bawah bodi smartphone ini, Anda akan menemukan port USB-C untuk mengisi daya baterai atau memindahkan file via kabel, yang diapit oleh lubang jack headphone 3,5mm, serta lubang speaker.

    Slot kartu SIM nano dan microSD yang mendukung kapasitas hingga 512GB dapat Anda temukan di sisi kiri bodi, serta tombol daya dan volume tersemat di sisi kanan bodi perangkat. Soal layar, Samsung Galaxy A21s hadir dengan layar 6,5 inci berpanel PLS beresolusi 1.600x720 piksel.

    Samsung Galaxy A21s, Menyenangkan untuk Game
     

    Navigasi Lebih Mudah

    Menyoal antarmuka pengguna, Samsung turut membekal Galaxy A21s dengan OneUI generasi 2.0 berbasis Android 10 serupa perangkat baru karyanya, dan telah tersedia pada smartphone versi lama via pembaruan software.

    Serupa pada ponsel cerdas Samsung lainnya, antarmuka pengguna pada Galaxy A21s ini mampu menyuguhkan pengalaman menavigasikan perangkat secara lebih mudah. Hal ini didukung oleh ikon aplikasi dan menu berukuran lebih besar.

    Samsung Galaxy A21s, Menyenangkan untuk Game

    Samsung Galaxy A21s juga hadir dengan dukungan fitur Dual Messenger, Dual Split Multitasking, dan Assistant Menu. Dengan fitur Dual Messenger akan memungkinkan Anda menggunakan dua akun aplikasi jejaring sosial sekaligus di perangkat yang sama.

    Sedangkan fitur Dual Split Multitasking memungkinkan Anda mengakses dua aplikasi secara bersamaan. Assistant Menu berkemampuan menampilkan menu secara melayang pada layar, memudahkan Anda untuk mengakses jalan pintas fungsi yang telah diatur.

    Didukung sensor pemindai sidik jari di bagian belakang, fitur keamanan ini akan memungkinkan Anda menyimpan hingga lima sidik jari berbeda. Selain pemindai sidik jari, Samsung juga membekali Galaxy A21s dengan fitur keamanan Face Unlock, berkemampuan mendeteksi wajah dengan baik dalam kondisi pencahayaan redup.
     

    Kurang Menyenangkan Dalam Redup

    Seperti yang telah kami sebutkan di bagian desain, Samsung Galaxy A21s berbekal empat kamera belakang. Keempat kamera ini terdiri dari kamera utama 48MP, ultrawide 8MP, makro 2MP, dan sekunder 2MP.

    Kamera Samsung Galaxy A21s diklaim mampu menghasilkan foto dengan resolusi 12MP. Hal ini diklaim Samsung dimungkinkan berkat teknologi Tetracell 4-in-1 pixel binning berkemampuan menampilkan warna secara lebih dinamis.

    Namun, kemampuan memotret dengan resolusi 48MP tidak diatur Samsung secara default. Karenanya, Anda perlu mengaktifkan fitur ini secara manual dengan memilih rasio tersebut di menu yang berjajar di atas dalam layar menu kamera.

    Samsung Galaxy A21s, Menyenangkan untuk Game

    Samsung Galaxy A21s, Menyenangkan untuk Game

    Selain itu, Anda juga dapat menghasilkan foto dengan sudut pandang luas, diklaim Samsung hingga 123 derajat berkat bekal kamera ultrawide. Hasil foto pada kondisi pencahayaan cukup, hasil foto dengan sudut pandang luas ini tampil dengan ketajaman, detail, dan warna baik.

    Hasil serupa juga dihadirkan pada foto dengan kamera utama. Hasil berbeda kami dapati pada hasil foto dalam kondisi pencahayaan redup. Foto dalam kondisi ini dengan memanfaatkan kamera ultra wide sedikit lebih gelap jika dibandingkan dengan hasil foto non-ultrawide.

    Samsung Galaxy A21s, Menyenangkan untuk Game

    Samsung Galaxy A21s, Menyenangkan untuk Game

    Dan juga pada kondisi pencahayaan redup, hasil foto kamera belakang Samsung Galaxy A21s masih menampilkan noise yang cukup kentara, meski lebih baik dibandingkan dengan saudaranya, Samsung Galaxy A11. 

    Untuk kamera depan 13MP, kami tidak memiliki keluhan terkait hasil foto pada kondisi pencahayaan cukup. Namun pada kondisi pencahayaan redup, hasil tidak jauh berbeda dengan noise kentara dan warna serta ketajaman gambar kurang memanjakan mata disuguhkan oleh foto dari smartphone ini.
     

    Grafik Baik dan Mulus

    Samsung Galaxy A21s didukung oleh chipset karyanya, Exynos 850 yang dikombinasikan dengan RAM 3GB dan ruang penyimpanan 32GB. Samsung juga menyediakan pilihan RAM 6GB dan ruang penyimpanan 64Gb untuk smartphone ini.

    Samsung Galaxy A21s mampu menyuguhkan performa baik serta mampu menjalankan sejumlah aplikasi secara bersamaan dengan lancar. Suguhan performa lancar ini juga kami rasakan selama beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, atau membuka peramban dengan banyak tab.

    Demikian juga saat kami mendapati pengalaman penggunaan yang menyenangkan saat memainkan game PUBG Mobile dan Asphalt: 9, yang menyuguhkan game tanpa gangguan lag. Pertama kali memainkan PUBG di Galaxy A21s, game ini secara default diatur pada grafik HD dan frame rate High.

    Pengaturan grafik dan frame rate default ini merupakan pengaturan tertingginya. Untuk perolehan nilai saat diuji dengan menggunakan aplikasi benchmark, Samsung Galaxy A21s juga tidak tampil mengecewakan.

    Samsung Galaxy A21s, Menyenangkan untuk Game

    Pada pengujian 3DMark Slingshot Extreme Open GL, Samsung Galaxy A21s memperoleh nilai sebesar 905, sedangkan pada pengujian 3DMark Slingshot, memperoleh nilai 1.276. Dan pada pengujian benchmark PCMark 2.0, ponsel cerdas ini memperoleh nilai sebesar 5.534. 

    Perolehan nilai ini jelas lebih tinggi jika dibandingkan dengan saudaranya, Galaxy A11. Menyoal daya tahan, baterai Samsung Galaxy A21s berdaya 5.000 mAh, dan hasil pengujian memuktikan ia masih kalah.

    Samsung Galaxy A21s, Menyenangkan untuk Game

    Dalam pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark PCMark Work Battery, perangkat ini mampu bertahan selama 17 jam 28 menit. Dan dalam penggunaan sehari-hari, baterai perangkat ini juga mampu bertahan lebih dari setengah dari, sehingga sesuai bagi pengguna yang kerap jauh dari soket listrik.

    Kesimpulan
    Samsung Galaxy A21s mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan, berkat performa tergolong mulus serta didukung layar berukuran luas, sesuai untuk memainkan game ataupun menikmati konten multimedia.

    Selain itu, daya tahan baterai perangkat ini juga tergolong lama, meski lebih singkat jika dibandingkan dengan saudaranya, Galaxy A11. Perangkat ini mungkin bukanlah smartphone terunggul karya produsen asal Korea Selatan tersebut, ataupun yang paling terjangkau.

    Harga Samsung Galaxy A21s di Indonesia adalah Rp2.799.000. Ia dapat menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang mencari perangkat lebih baik tanpa harus membobol tabungan.
     
    Spesifikasi  Samsung Galaxy A21s
    Prosesor Exynos 850
    GPU Mali-G52
    OS Android 10 + OneUI 2.0
    RAM 3GB
    Memori Internal  32GB
    Kamera Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
    Depan 13MP
    Baterai 5.000 mAh
    Layar 6,5 inci PLS 1.600 x 720 piksel
    Harga Rp2.799.000
     
     
    8.3
    Samsung Galaxy A21s
    Plus
    • Baterai tahan lama
    • Layar luas Infinity-O
    • Performa baik
    Minus
    • Hasil foto di pencahayaan redup kurang menyenangkan
    • Bodi belakang mudah kotor oleh noda sidik jari


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id