Review Smartphone

    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega

    Cahyandaru Kuncorojati - 14 Agustus 2020 21:22 WIB
    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega
    Redmi 9A.
    Jakarta: Melengkapi jajaran smartphone dengan angka sembilan, kemarin Xiaomi sudah resmi merilis Redmi 9A. Produk ini menjadi penerus dari seri smartphone entry-level alias terjangkau dari Redmi A Series. Harganya dibanderol mulai dari Rp1,2 juta.

    Medcom.id menduga karena kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang berdampak terhadap keuangan setiap orang membuat beragam merek smartphone berlomba merilis produk versi terjangkau. Di sisi lain kebutuhan smartphone murah memang sangat dicari karena sistem pendidikan terpaksa dilakukan secara daring.

    Jadi smartphone menjadi salah satu alat untuk kegiatan belajar daring yang bisa mudah dimiliki setidaknya dibandingkan laptop. Punya slogan "Juaranya Hape Entry-Level", Redmi 9A hadir dengan spesifikasi yang cukup menarik untuk dimiliki di kelas smartphone entry-level?

     

    Desain

    Tahun lalu Medcom.id, memberikan pujian kepada Redmi 8A karena membawa desain yang segar di antara kompetitor kelas smartphone entry-level. Pujian ini rasanya patut diberikan kembali kepada Redmi 9A.

    Di generasi kesembilan ini, desain bodi belakang punya sedikit perubahan. Garis lurus dengan tulisan "Redmi" tidak lagi berada di tengah melainkan di tepi. Area permukaan di sekitarnya punya tekstur garis. Hal ini bisa dirasakan saat Anda menggoreskan kuku jemari di bagian permukaannya sehingga menghasilkan bunyi.

    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega

    Medcom.id kebagian menjajal Redmi 9A dengan varian warna hitam gelap. Meskipun desainnya tetap terlihat segar, dua warna cerah lainnya pasti lebih menarik. Bagian belakangnya terdapat kamera 13MP dengan bingkai yang menonjol dari permukaannya.

    Beralih ke bagian depan Redmi 9A punya layar yang kini semakin lega yaitu 6,53 inci resolusi HD Plus. Ukuran layarnya lebih besar dibandingkan Redmi 8A yang punya ukuran 6,2 inci, tapi dengan resolusi yang sama. Layarnya punya desain poni DotDrop yang dipasang kamera depan 5MP.

    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega

    Redmi 9A menaruh lubang audiojack 3,5mm di bagian atas smartphone, jadi posisinya lebih nyaman saat pengguna mendengarkan musik di smartphone dan menaruh di saku. Bagian bawah hanya terdapat grill speaker dan port Micro USB.

    Anda tidak salah membaca, Redmi 9A memang tidak menggunakan port USB-C tapi tetap menyediakan lubang headset dan dibekali baterai besar 5.000 mAh seperti pendahulunya. Di bagian sisi kiri ada slot SIM tray yang di dalamnya memisahkan Dual SIM dan MicroSD sementara sisi kanan ada tombol Power dan Volume.

    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega

     

    Antarmuka dan Fitur

    Redmi 9A adalah smartphone Xiaomi pertama yang memberikan kesempatan menjajal MIUI 12 yang baru saja dirilis bulan ini. Kami sangat menyukai MIUI 12, desainnya memberikan rasa segar ke perangkat Xiaomi. Antarmukanya didominasi gambar atau grafik dengan efek visual.

    Namun di Redmi 9A MIUI 12 terasa berat di beberapa kesempatan. Kami menduga hal ini mungkin terkendala RAM 2GB yang harus menyajikan antarmuka penuh dengan gambar dan efek visual.

    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega

    Absennya pemindaik sidik jari di perangkat ini digantikan dengan fitur Face Unlock dan jangan berharap Redmi 9A sudah ada NFC untuk harga jual yang dipasang. Satu lagi fitur yang tidak kami jumpai ada Game Booster yang tersedia pada perangkat Redmi dengan chipset MediaTek Helio G-Series.

    Redmi 9A dibekali chipset MediaTek Helio G25 yang seharusnya bisa cukup mendukung pengalaman bermain game tapi fitur Game Booster tidak ikut disediakan. Fitur lain yang menurut kami cukup menguntungkan pengguna Redmi 9A adalah slot Dual SIM yang di dalamnya terpisah dari MicroSD. Perangkat ini masih mendukung MicroSD hingga 512GB sama seperti Redmi 8A.

    Kamera

    Meskipun kamera smartphone di kelas entry-level tidak bisa dibandingkan dengan kelas menengah maupun flasghip, kami menemukan kualitas foto dari Redmi 9A cukup baik. Kondisinya sama, kualitas foto akan bagus saat di kondisi luar ruangan pada siang hari atau di dalam ruangan dengan pencahayaan yang cukup.

    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega

    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega

    Kualitas foto juga masih bagus di malam hari asalkan dengan pencahayaan yang cukup. Namun di kondisi minim cahaya kualitas foto dari kamera Redmi 9A akan menurun. Hal ini wajar, meksipun punya dukungan AI tapi kameranya tidak memiliki kemampuan untuk mode malam.

    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega

    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega
    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega

    Kamera belakang Redmi 9A punya kemampuan 13MP, sedikit lebih besar dari Redmi 8A yang punya 12MP. Kamera depan Redmi 9A justru diturunkan menjadi 5MP padahal di Redmi 8A disajikan kemampuan 8MP. Tetap saja menurut kami kombinasi kemampuannya sudah cukup bagus untuk kelas entry-level.

    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega

    MIUI 12 ternyata juga masuk hingga ke antarmuka saat mengakses kamera Redmi 9A. Hal ini terlihat dari jajaran mode kamera yang bisa diatur posisinya sehingga memudahkan akses cepat penggunanya. Tidak lupa, Redmi 9A masih meneydiakan mode Pro untuk pengguna mengasah kemampuan fotografi.

     

    Performa

    Sebagian spesifikasi Redmi 9A sudah disebutkan sebelumnya. Perangkat ini mengandalkan MediaTek Helio G25 dengan RAM 2GB dan memori internal 32GB yang bisa ditambah MicroSD 512GB. Sebetulnya smartphone ini punya satu varian lagi yaitu versi 3/32GB yang tidak kami jajal dan punya harga berbeda.

    Kami menjajalnya menggunakan beberapa aplikasi benchmark. Perbandingan menunjukan bahwa Redmi 9A cukup bersaing dengan smartphone di rentang harga yang sama. Menyoal kemampuan daya tahan baterainya, berdasarkan pengujian dengan PCMark for Android bisa bertahan dalam waktu 18 jam.

    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega

    Pengujian ini tentunya hanya simulasi saja dengan tingkat kecerahan layar 20 persen dan koneksi WiFi menyala. Meskipun begitu hal ini bisa menunjukan bahwa konsumsi baterai 5.000 mAh di Redmi 9A termasuk hemat.

    Review Redmi 9A, Smartphone Terjangkau Layar Lega

    Redmi 9A masih sanggup diajak bermain game, misalnya PUBG Mobile. Di kualitas grafis Balance kemudian pengaturan frame rate yang disediakan sanggup menyentuh maksimal di tingkat Medium.

    Kesimpulan
    Redmi 9A mungkin tidak membawa begitu banyak peningkatan spesifikasi dari Redmi 8A tapi yang disediakan cukup berarti, misalnya ukuran layar yang lebih lega. Desainnya juga masih tetap menarik di kelas smartphone entry-level. Untuk memikat konsumen, Xiaomi bekerja sama dengan Muklay dalam menghadirkan edisi khusus, ditambah dengan garansi unit hingga 24 bulan.

    Di sisi lain, chipset gaming yang digunakan tidak dilengkapi fitur Gaming Booster yang akan membuatnya memberikan pengalaman gaming cukup lengkap.
     
    SPESIFIKASI  Redmi 9A
    Prosesor  MediaTek Helio G25
    GPU PowerVR GE8320
    OS Android 10 + MIUI 12
    RAM  2GB
    Memori Internal  32GB + MicroSD 512GB
    Kamera Belakang 13MP, Depan 5MP
    Baterai 5.000 mAh
    Layar  6.53 inci HD Plus
    Harga Rp1.249.000
     
     
    8.8
    Redmi 9A
    Plus
    • Desain segar
    • MIUI 12 memberikan rasa baru
    • Layar lebih besar
    • Baterai tetap besar
    • Slot Dual SIM dan MicroSD terpisah
    Minus
    • Tidak ada fitur pendukung gaming
    • Baterai tidak didukung quick charge

     

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id