Review SSD Eksternal

    Begini Review WD My Passport SSD Portabel 1TB

    Cahyandaru Kuncorojati - 23 Oktober 2020 15:36 WIB
    Begini Review WD My Passport SSD Portabel 1TB
    WD My Passport SSD 1TB.
    Jakarta: Produk terbaru yang datang berikutnya ke meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id adalah SSD eksternal. Produk besutan Western Digital ini bernama WD My Passport SSD 1TB. Sebelumnya mereka telah meluncurkan produk sejenis, dan generasi kali ini tampaknya punya sentuhan yang lebih menarik.

    Bisa dibilang, SSD eksternal ini punya desain cantik, langsung terlihat dari balutan warna emas. Warna ini memang tidak biasa untuk produk seperti ruang penyimpanan eksternal, ditambah selama ini WD identik dengan warna hitam.

    Warna ini memang cocok untuk konsumen yang punya mobilitas tinggi, dan memberikan kesan estetika yang baik saat dipasang pada laptop, baik ketika pengguna bekerja dari kedai kopi atau rumah.

    Ukuran WD My Passport SSD 1TB membuatnya sangat nyaman dibawa bepergian. Persisnya, ia punya dimensi 3.94 inci x 2.17 inci x 0.35 inci, yang berarti lebih kecil dari smartphone yang beredar saat ini.

    Begini Review WD My Passport SSD Portabel 1TB

    Anda bisa memasukkannya dengan mudah ke dalam tas atau bahkan ke dalam saku celana. Selain warna dan ukuran, desainnya juga dirancang cukup elegan, yang berasal dari motif beberapa garis timbul yang memenuhi setengah dari bodinya.

    Beratnya juga bisa dibilang sangat ringan, dan seringkali ini membuatnya tidak terasa atau membuat kita tidak ingat jika membawanya. Meskipun ringan, WD mengklaim SSD eksternal ini telah dilengkapi kemampuan tahan benturan dan guncangan.

    Ketahanan ini membuatnya kuat saat jatuh dari ketinggian hampir dua meter. Satu hal yang cukup menjadi perhatian adalah ketiadaan indikator LED sebagai penanda aktif perangkat. Beberapa fitur yang ditawarkan WD My Passport SSD 1TB adalah proteksi enkripsi hardware 256-bit AES.

    Selain itu ada juga aplikasi WD Discovery, yang menyediakan akses mengunduh aplikasi lainnya seperti WD Security atau WD Drive Utilities. Ia juga dapat menampilkan jajaran perangkat WD yang terhubung, disertai informasi seperti jumlah kapasitas yang tersedia dan nama drive. Anda juga bisa mengelola password untuk masing-masing perangkat yang mendukung.

    Kini saatnya membicarakan performa. WD My Passport SSD 1TB menggunakan port USB-C, sehingga ekspektasi pengguna boleh cukup tinggi. Pihak Western Digital mengklaim ia dapat menyediakan kecepatan baca 1050MB per detik.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 7 3800XT
    Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
    Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Saat menguji dengan aplikasi CrystalDiskMark, ia dapat menghasilkan kecepatan read 1044MB per detik dan write 1018MB per detik. Klaim kecepatan ini sudah tepat, dan yang menarik adalah kecepatan menulis data yang terpaut tipis, membuatnya juga tak hanya cocok untuk menjadi sekadar wadah transfer data dalam ukuran besar, tetapi juga dapat berfungsi sebagai penyimpanan yang dapat memainkan game langsung saat terpasang di PC atau laptop.

    Di Indonesia, harga WD My Passport SSD 1TB adalah Rp2.999.000. Harganya memang cukup tinggi, karena saat ini ia bisa dibilang sebagai media penyimpanan eksternal dengan desain paling ringkas dan punya performa cukup tinggi saat ini. Ia menyediakan paket penjualan yang sederhana, punya desain mungil, tetapi pilihan warnanya elegan.

    Terutama pilihan warna gold yang cantik dan cocok untuk pengguna perempuan. Meskipun tak ada indikator LED, perangkat ini tetap cocok untuk Anda yang mencari SSD eksternal berukuran mungil dan kapasitas besar.
     
    9
    WD My Passport SSD 1TB
    Plus
    • Desain dan warna elegan
    • Performa mumpuni
    • Bodi cukup kuat
    Minus
    • Tidak ada indikator LED


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id