Review Cooler

    Menjajal Liquid Cooler Corsair iCUE H100i RGB Pro XT

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 Juli 2020 14:39 WIB
    Menjajal Liquid Cooler Corsair iCUE H100i RGB Pro XT
    Corsair iCUE H100i RGB Pro XT.
    Jakarta: Corsair bukan pemain baru di perangkat sistem pendingin CPU. Mereka lebih berfokus menyediakan sistem pendingin air. Medcom.id beberapa waktu lalu berkesempatan untuk menjajal produk terbarunya yaitu Corsair iCUE H100i RGB Pro XT.

    Liquid Cooler Corsair iCUE H100i RGB Pro XT hadir untuk mendukung platform prosesor Intel maupun AMD yang dirilis per tahun ini. Produk ini sendiri lebih ditujukan untuk pengguna kalangan enthusiast yang juga enggan memamerkan efek visual RGB.

    Meskipun membawa embel RBG, tapi dari keterangan di paket penjualan dan pengalaman kami menggunakannya, efek ini hanya dijumpai dibagian pump atau kepala pompa yang melekat ke prosesor. Kipas pendinginnya tidak memiliki efek RGB.

    Menjajal Liquid Cooler Corsair iCUE H100i RGB Pro XT

    Corsair iCUE H100i RGB Pro XT mengusung segmen perangkat AIO liquid cooler ukuran 240mm. Kipas pendingin yang hadir dalam paket penjualan terdiri dari dua kipas jenis 120mm. Menyoal dukungan soket, produk ini sudah mendukung motherboard untuk Intel Generasi ke-10 dan AMD TRX4 yang merupakan generasi terbaru.

    Build quality dari Corsair iCUE H100i RGB Pro XT menurut kami sangat bagus. Komponen selang sistem pendinginnya punya lapisan yang awet dan cukup fleksibel sehingga memudahkan proses pemasangan di dalam casing di sisi panel manapun.

    Menjajal Liquid Cooler Corsair iCUE H100i RGB Pro XT

    Namun bagi PC builder yang tidak menggemari RGB serta lebih menyukai warna gelap polos mungkin warna kipas, produk ini akan kurang diminati. Kipas 240mm yang tersedia memiliki baling berwarna putih keabu-abuan. Efek RGB terdapat di logo Corsair dan bidang persegi yang mengelilinginya.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Kesulitan proses pemasangan yang kami temukan hanya di bagian routing atau mengatur jalur kabel USB Micro-B dari pompa liquid cooler ke pin header di motherboard. Beruntung ukuran kabel yang panjang ikut memudah beragam posisi pemasangan di dalam casing.

    Meskipun terlihat sederhana, ternyata Corsair iCUE H100i RGB Pro XT terintegrasi dengan software iCUE bukan cuma untuk kustomisasi efek RGB. Performa real-time dari perangkat bisa terbaca lewat aplikasi Corsair iCUE. Di sini pengguna bisa menentukan efek menyala RGB sebagai indikator suhu atau performa.

    Performa seperti kecepatan kipas dan pompa bisa dikonfigurasi dalam beberapa profil secara manual di dalam software iCUE. Profil yang sudah diatur nanti akan diterapkan secara otomatis atau real-time mengikuti kondisi dari PC.

    Kesimpulan
    Menurut kami Corsair iCUE H100i RGB Pro XT menawarkan sistem pendingin prosesor yang cukup baik. Proses pemasangannya hanya menemukan sedikit kesulitan. Di segi dukungan lain, kehadiran fitur terintegrasi ke software Corsair iCUE membuat perangkat ini terasa canggih. Perangkat ini dibanderol kisaran Rp1,8 juta di ecommerce Tanah Air.

    Sayangnya efek RGB di Corsair iCUE H100i RGB Pro XT terkesan setengah hati. Apabila dia menargetkan penggemar RGB, seharusnya fitur tersebut juga ada di kipas pendinginnya. Namun jika yang ditargetkan adalah kalangan enthusiast, maka sebaiknya kipas pendinginnya dibalut warna hitam.
     
     
    9
    Corsair iCUE H100i RGB Pro XT
    Plus
    • Build quality bagus
    • Proses pemasangan tidak sulit
    • Mendukung soket prosesor terbaru
    • Fitur konfigurasi via iCUE menarik
    Minus
    • Efek RGB setengah hati

     

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id