Review Earphone

    Dareu EH728 Pro, Earphone Gaming In-Ear Terjangkau

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 April 2020 17:53 WIB
    Dareu EH728 Pro, Earphone Gaming In-Ear Terjangkau
    Dareu EH728 Pro.
    Jakarta: Pemburu headset gaming tidak terbatas pada gamer konsol dan PC. Semakin populernya bermain game mobile hingga masuk ke ranah esports membuat aksesoris gaming yang bisa terpasang di smartphone juga bermunculan.

    Salah satu merek yang baru saja berkenalan dengan Medcom.id adalah Dareu. Merek ini diketahui berasal dari Tiongkok ini baru masuk ke Indonesia. Mereka menawarkan beragam aksesoris gaming untuk semua platform.

    Medcom.id berkesempatan menjajal earphone gaming mereka yaitu Dareu EH728 Pro yang mengusung model in-ear. Desain ini jelas membuatnya tidak memiliki ukuran besar seperti headset gaming. Di sisi lain, earphone ini masih pas untuk digunakan di tempat umum.

    BELI PRODUKNYA DI SINI

    Menyoal desainnya, Dareu EH728 Pro punya tampilan yang tidak terlihat murahan. Build quality yang muncul dari desainnya terkesan berkualitas. Informasi di toko online resmi Dareu, harga produk ini hanya Rp245.000. Jelas harganya sangat terjangkau dibandingkan headset gaming

    Dareu EH728 Pro, Earphone Gaming In-Ear Terjangkau

    Dareu EH728 Pro di dalam paket penjualannya tersedia beberapa pasang in-ear earpiece yang punya ukuran berbeda. Hal ini demi menyesuaikan ukuran lubang telinga pengguna. Di sini merek Dareu menyadari pentingnya aksesori tersebut untuk perangkay earphone in-ear.

    Setiap earpiece punya desain yang dilengkapi earwing yaitu bagian yang melengkung sehingga bisa terpasang dengan pas dan nyaman di daun telinga. Sama seperti in-ear earphone umumnya, Dareu EH728 Pro dilengkapi inline controller.

    Fungsi inline controller ini termasuk sederhana yaitu tombol untuk Play/Pause dan tombol untuk meningkatkan dan menurunkan volume suara. Tidak ada dukungan untuk melakukan panggilan telepon maupun akses cepat ke asisten digital di smartphone.

    Dareu EH728 Pro, Earphone Gaming In-Ear Terjangkau

    Satu hal yang unik adalah selain tersedia mikrofon di inline controller, juga ada mikrofon dengan tangkai yang bisa melengkung. Mikrofon ini juga tidak permanan melainkan bisa dilepas dari lubang audio jack yang ada di earphone sebelah kiri.

    Melihat desain ini kemungkinan Dareu EH728 Pro menyediakan opsi dua mode penggunaan: earphone biasa untuk mendengarkan musik dan earphone gaming dengan kebutuhkan komunikasi audio yang jelas.

    Tangkai mikrofon ini bisa melengkung dengan baik dan solid. Dareu mengklaim mereka menggunakan bahan metal atau logam yang bisa melengkung. Sayangnya, build quality ini tidak diaplikasi pada kabel Dareu EH728 Pro.

    BELI PRODUKNYA DI SINI

    Dareu EH728 Pro, Earphone Gaming In-Ear Terjangkau

    Kabel dari earphone gaming ini keseluruhan menggunakan kabel biasa atau bukan braided wire. Jadi sangat mungkin suatu hari kabel ini tergores dan sobek saat disimpan. Kemudian jenis kabel ini juga mudah kusut. Tidak tersedia clip maupun strap velcro untuk memudahkan menggulungnya.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Bagaimana dengan kualitas audionya? Menurut Medcom.id kualitas audio dari Dareu EH728 cukup memuaskan dan harus diingat tidak bisa dibandingkan langsung dengan headset gaming model headphone yang punya ukuran driver audio lebih besar.

    Kualitas audionya cukup tajam dan jernis saat digunakan bermain game. Namun untuk pengalaman mendengarkan musik kualitas audionya menurut kami biasa saja dibandingkan earphone yang ditujukan bukan untuk gaming.

    Menyoal audio dari mikrofon ganda yang dimiliki Dareu EH728 Pro menurut Medcom.id tidak terlalu berbeda jauh. Meskipun kualitas audio saat menggunakan tangkai mikrofon jauh lebih konsisten karena tersedia fitur omni-direction channel.

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id tidak ada yang istimewa dari Dareu EH728 untuk bisa dibandingkan dengan earphone gaming lainnya. Keunikannya terletak di aksesori tangkai mikrofon yang bisa dipasang maupun dilepas.

    Dareu sendiri tidak menyebutkan adanya fitur active noise cancelling di perangkat ini. Namun kualitas audionya cukup memuaskan untuk earphone yang dijual dengan harga Rp245.000.
     
    Dareu EH728 Pro
    Plus
    • Earphone in-ear cukup nyaman
    • Punya mikrofon tambahan untuk gaming
    • Kualitas audionya cukup baik
    • Harga terjangkau
    Minus
    • Kabelnya bukan braided wire
    • Tidak ada active noise cancelling


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id