Review Smartband

    Xiaomi Mi Smart Band 6, Alternatif Tergolong Lengkap

    Lufthi Anggraeni - 24 Juli 2021 14:44 WIB
    Xiaomi Mi Smart Band 6, Alternatif Tergolong Lengkap
    Xiaomi Mi Smart Band 6 bisa menjadi perangkat alternatif bagi pengguna yang ingin perangkat berharga terjangkau namun berfitur lengkap.



    Jakarta: Pada bulan Juni lalu, Xiaomi mengumumkan kehadiran smartband terbarunya di Indonesia, Mi Smart Band 6. Perangkat ini hadir dengan sejumlah pembaruan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Mi Smart Band 5, salah satunya di sisi layar.

    Mi Smart Band 6 hadir dengan ukuran layar lebih luas jika dibandingkan dengan Mi Smart Band 5. Layar Mi Smart Band 6 ini berukuran 1,56 inci dan menggunakan panel AMOLED dengan kepadatan piksel pada layar sebesar 326 ppi.

     



    Sebagai perangkat yang ditujukan sebagai alat pendamping gaya hidup sehat, Xiaomi membekali Mi Smart Band 6 dengan berbagai fitur terkait kesehatan, salah satunya adalah fitur pengukuran kadar oksigen dalam darah, atau SpO2.

    Seperti sejumlah perangkat Xiaomi lain, Mi Smart Band 6 juga ditawarkan dengan harga tergolong terjangkau. Lantas bagaimana dengan pengalaman yang disuguhkannya? berikut ulasan berdasarkan pengalaman kami saat menggunakan smartband terbaru Xiaomi ini.

    Menyoal desain, Mi Smart Band 6 hadir dengan tampilan tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Mi Band 5, termasuk dalam hal ukuran dan bobot. Dengan demikian, Anda masih dapat menggunakan tali Mi Band 5 pada smartband baru Xiaomi ini.

    Xiaomi Mi Smart Band 6, Alternatif Tergolong Lengkap

    Perubahan yang paling kentara dari desain Mi Smart Band 6 jika dibandingkan dengan Mi Band 5 adalah ukuran layar yang lebih besar, dengan panel tanpa sudut tajam di setiap tepiannya dan mengusung bentuk yang sama dengan pendahulunya, dengan ujung atas dan bawah yang membulat.

    Selain itu, layar perangkat ini juga hadir dengan ukuran bezel lebih tipis, memungkinkan Xiaomi membekali layar lebih luas pada ukuran bodi kecil. Layar ini mendominasi bagian bodi utama perangkat, dan Anda tidak akan menemukan tombol fisik pada Mi Smart Band 6.

    Untuk kembali ke menu atau menampilkan layar utama, Anda dapat memanfaatkan gestur usap, ketuk, atau ketuk dan tahan selama beberapa saat pada layar. Mengusung layar sensitif sentuhan, Xiaomi tidak lupa membekalinya dengan bahan pelindung layar.

    Bahan tersebut berupa tempered glass serta lapisan sidik jari, sehingga layar Mi Smart Band 6 ini tidak mudah kotor oleh noda sidik jari dan tahan terhadap goresan. Selain itu, layar ini juga mampu menyuguhkan tampilan yang tajam dan jelas, meski di bawah paparan sinar matahari.

    Xiaomi Mi Smart Band 6, Alternatif Tergolong Lengkap

    Selain itu, Mi Smart Band 6 hadir dengan tali bahan karet yang terasa lembut di kulit, dan tidak menimbulkan rasa gatal dan lengket setelah digunakan dalam jangka waktu lama, dan dengan ketat, terutama saat berkeringat.

    Bagian pengait pada Mi Smart Band 6 ini juga tergolong berbeda dari smartband lain, dengan bagian ujung satu merupakan lingkaran, mengharuskan Anda memasukan bagian tali satunya untuk memperketat tali sehingga proses deteksi penghimpunan data yang dibutuhkan menjadi lebih tepat.

    Selain itu, di tali satunya terdapat pengait serupa kancing jepret dengan bagian pengait yang dapat dimasukan di lubang pada tali sesuai dengan kebutuhan. Desain ini menimbulkan rasa nyaman saat mengenakan smartband sembari mengetik di laptop.

    Sebab, desain ini tidak menimbulkan ganjalan saat pergelangan tangan bertumpu di permukaan meja saat mengetik, sehingga tidak mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Sebagai perangkat pendamping gaya hidup sehat, Mi Smart Band 6 berbekal sejumlah fitur kesehatan.

    Sejumlah fitur tersebut termasuk fitur yang kerap ditemukan pada smartband pada umumnya, seperti pemantau aktivitas pengguna, detak jantung, stres, serta siklus kesehatan wanita. Namun, Xiaomi juga membekali Mi Smart Band 6 dengan fitur yang saat ini menjadi penting akibat pandemik Covid-19, yaitu pengukur SpO2.

    Xiaomi Mi Smart Band 6, Alternatif Tergolong Lengkap

    Selain itu, Mi Smart Band 6 ini juga dilengkapi mode pelatihan pernapasan dan mampu mendeteksi hingga 30 mode olahraga. Tidak hanya di luar ruangan, tapi kemampuan pada Mi Smart Band 6 juga dapat mendeteksi olahraga yang dilakukan di dalam rumah seperti Zumba, Pilates, dan HIIT.

    Anda juga dapat memanfaatkan perangkat shutter untuk kamera di ponsel, mengendalikan pemutaran musik, serta berbekal fungsi alarm, timer, stopwatch, dan mode Personal Activity Intelligence (PAI).

    Mi Smart Band 6 dapat berfungsi dengan terhubung ke smartphone via aplikasi Mi Fit. Antarmuka Mi Smart Band 6 tergolong sederhana namun mencakup seluruh layarnya yang luas. Anda juga dapat menemukan banyak pilihan untuk layar depan pada aplikasi Mi Fit.

    Namun hampir separuh desain untuk layar perangkat merupakan karya pengguna di Asia, sehingga mungkin membingungkan bagi Anda yang lebih familiar dengan desain karya pengguna di wilayah barat.

    Fitur pelacakan tidur Mi Smart Band 6 ini mampu menyuguhkan hasil baik, karena mampu mengenali waktu tidur saat benar-benar terlelap dan saat bangun. Sebagai informasi, informasi yang ditampilkan di aplikasi dengan fitur pelacakan tidur ini termasuk durasi, pembagian fase tidur pengguna, hingga kualitas pernapasan.

    Xiaomi Mi Smart Band 6, Alternatif Tergolong Lengkap

    Dengan data tersebut, pengguna juga dapat menerima saran untuk meningkatkan kualitas tidurnya. Sementara itu, Anda harus melakukan pengukuran SpO2 dan tingkat stres secara manual. Dan untuk pemantau olahraga, salah satunya berjalan, Anda juga dapat menemukan informasi menyoal jarak dan waktu tempuh di aplikasi.

    Soal baterai, Mi Smart Band 6 ini berbekal baterai berkapasitas 125mAh, dan mampu bertahan selama lima hingga enam hari dengan intensitas pemakaian rendah.

    Kesimpulan
    Xiaomi Mi Smart Band 6 dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan smartband berfitur dasar tergolong lengkap, salah satunya dengan ketersediaan fitur pengukuran SpO2, namun dengan banderol harga terjangkau.

    Selain itu, Mi Smart Band 6 juga hadir dengan daya tahan baterai yang tergolong lama, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai, terutama saat harus menjalani hari dengan kesibukan tinggi. Sayangnya, fungsi GPS masih absen dari smartband terbaru Xiaomi ini.
     
     
    8.5
    Xiaomi Mi Smart Band 6
    Plus
    • Layar luas dan responsif
    • Fitur tergolong lengkap
    • Daya tahan baterai cukup lama
    • Harga terjangkau
    Minus
    • Tidak ada fungsi GPS


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id