Review Earphone

    Review Samsung Galaxy Buds Live, Mewah dan Punya Kualitas

    Mohammad Mamduh, Lufthi Anggraeni - 23 September 2020 21:32 WIB
    Review Samsung Galaxy Buds Live, Mewah dan Punya Kualitas
    Samsung Galaxy Buds Live
    Jakarta: Saat mengumumkan kehadiran rumpun Galaxy Note 20, Samsung membuat kejutan dengan Galaxy Buds Live.

    Ini adalah earphone teranyar yang bisa dibilang cukup inovatif. Dari bentuknya sudah terlihat bahwa Samsung ingin memberikan sentuhan berbeda, dan diharapkan bisa menjadi pendamping tepat untuk konsumen yang memiliki smartphone kelas premium mereka, seperti Galaxy Note atau Galaxy S.

    Galaxy Buds Live sejatinya hadir dengan menyasar konsumen di kelas yang sama, terlihat dari harganya yang dipatok lebih dari Rp1 juta. Langkah ini juga sangat berbeda dengan produsen smartphone asal Tiongkok, yang memasarkan earphone TWS di harga semurah mungkin, dan mengklaim punya kualitas audio yang mumpuni.

    Review Samsung Galaxy Buds Live, Mewah dan Punya Kualitas

    Sebagai produk premium, Samsung Galaxy Buds Live tentunya punya segudang fitur yang berbeda. Seperti apa fitur tersebut? Begini review Samsung Galaxy Buds Live dari tim kanal Teknologi Medcom.id.

    Samsung Galaxy Buds Live diumumkan dengan satu pilihan warna yang mewah, sama seperti rumpun Galaxy Note 20. Mystic Bronze menjadi warna yang sangat menarik, dan cocok untuk konsumen perempuan. Warna ini juga bisa dibilang sebagai jawaban dari era baru setelah rose gold yang cukup dipopulerkan Apple.

    Elemen Mystic Bronze hadir merata di semua perlengkapan earphone ini, dari casing penyimpan dan pengisi daya, sampai unit buds. Kesan elegan pun langsung terlihat dari ukuran casing ini, yang bentuknya seperti kotak cincin atau perhiasan lainnya. Begitu dibuka, Anda bisa langsung melihat sepasang unit buds dengan bentuk seperti kacang. Ya, sejak awal Samsung memang mengatakan bahwa model earbuds ini punya beberapa kelebihan. 

    Pertama adalah aspek kenyamanan saat terpasang. Harus diakui, desain yang berbeda ini membuat penggunanya harus mencoba mencari sudut yang tepat saat memasangnya. Sangat disarankan untuk membaca manual demi mengetahui posisi paling tepat. Awalnya, kami beranggapan Samsung Galaxy Buds Live mudah lepas.

    Review Samsung Galaxy Buds Live, Mewah dan Punya Kualitas

    Ketika berhasil terpasang dengan sempurna, ia seperti menempel dengan tepat, dan tidak ada beban yang mengganggu di telinga. Kami mencoba menggunakannya selama empat sampai delapan jam dalam satu hari, dan sejauh ini tidak ada rasa seperti iritasi atau kelelahan. Desain yang unik ini bukan tanpa kekurangan, ia mungkin tak bisa terpasang pada pengguna yang punya ukuran telinga cukup kecil.

    Aspek kedua adalah beberapa fitur yang ditawarkan. Samsung Galaxy Buds Live mendukung asisten digital Bixby, yang berarti menerima perintah suara yang masuk lewat mikrofon earbuds. Ini memudahkan pengoperasian Bixby yang sudah terbiasa membantu produktivitas harian pengguna. Ada juga kemampuan Auto Noise Cancelling yang bisa aktif atau dimatikan, untuk mengurangi intensitas suara dari luar earbuds.

    Fitur berikutnya lebih menekankan pada kemampuan audio. Sebagai earbuds, Samsung Galaxy Buds Live mampu menghasilkan efek bass yang tepat. Ini berkat pengembangan bersama Samsung dan AKG yang berhasil menanamkan komponen khusus yang bisa menghasilkan efek bass secara tepat di balik dimensi perangkat yang kecil.

    Review Samsung Galaxy Buds Live, Mewah dan Punya Kualitas

    Perlu diingat bahwa kualitas efek bass ini lebih baik dari jajaran earbuds kompetitor yang sudah tersedia di pasar. Tak cocok jika membandingkannya dengan headset premium dengan model telinga on-ear atau over-ear.

    Untuk daya tahan, Samsung Galaxy Buds Live diklaim bisa beroperasi selama enam jam penuh. Mengisi daya lewat casing akan menambah daya tahannya hingga 21 jam. Selama penggunaan klaim ini sesuai, dan memang membuat kami tidak terlalu khawatir untuk segera mengisi ulang baterainya.

    Dalam beberapa kondisi tertentu, cadangan daya pada casing mungkin sudah habis. Dengan casing tersebut, Samsung Galaxy Buds Live masih dapat terisi dengan kemampuan reverse charging secara nirkabel lewat smartphone yang telah mendukungnya.

    Samsung sendiri menyarankan earbuds ini berduet dengan rumpun Galaxy Note 20, dan terhubung dengan ekosistem Galaxy. Meskipun begitu, ia tetap bisa terhubung dengan smartphone selain Samsung, PC, atau laptop dengan mudah. Konsep pairing tak berbeda dengan headset nirkabel pada umumnya.

    Kesimpulan
    Harga Samsung Galaxy Buds Live adalah Rp2.599.000, termasuk premium untuk earbuds. Samsung ingin membuktikan dari harga ini terdapat produk yang berkualitas, baik dari aspek desain, fitur, kemampuan, dan daya tahan baterai. Elemen warna elegan langsung menjadi salah satu faktor penarik perhatian untuk konsumen yang sudah memerlukan earbuds mewah dan punya fitur lengkap.

    Kualitas audio juga tak perlu diragukan, apalagi dengan AKG sebagai pemain berpengalaman di industri audio. Segala kelebihan yang sudah disebutkan di atas juga punya kekurangan, seperti sertifikasi ketahan atau rating IP yang memadai. Namun, konsumen yang memakainya sejatinya akan memperlakukan Samsung Galaxy Buds Live dengan sangat baik.
     
     
    9.3
    Samsung Galaxy Buds Live
    Plus
    • Kualitas audio mumpuni
    • ANC
    • Warna elegan
    Minus
    • Kurang cocok untuk telinga kecil
    • IP rating


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id