Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 09 Desember 2019 12:16 WIB
    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas
    Samsung Galaxy A20s.
    Jakarta: Usaha Samsung dalam mempertahankan posisi lima besar untuk pasar Indonesia maupun global adalah dengan menghadirkan lebih banyak varian di kelas menengah dan terjangkau.

    Untuk Indonesia, mayoritas pengguna smartphone merupakan konsumen yang punya dana terbatas, dan mereka sangat memperhatikan perbandingan harga dengan fitur atau performa yang didapatkan. Strategi ini sudah mereka jalankan dalam beberapa tahun terakhir, dari Galaxy J, M, dan A.

    Tahun ini, Samsung terlihat cukup agresif dengan memperbanyak varian Galaxy A. Bukan sekadar pembaruan spesifikasi, mereka memberikan sentuhan segar dari berbagai sisi, mulai dari desain, spesifikasi, sampai penamaan Galaxy A yang mendapatkan penambahan huruf S.

    Kali ini, kami menguji salah satu varian Galaxy A generasi baru. Galaxy A20s adalah satu dari dua seri yang menargetkan konsumen muda dengan dana terbatas tetapi bisa mendapatkan ponsel dengan desain keren dan fitur yang memadai.

    Smartphone ini berduet dengan Galaxy A10s, yang dipatok lebih murah. Galaxy A20s hadir dengan dua pilihan, mengacu pada RAM dan memori penyimpanan. Dari smartphone ini, kami bisa mengatakan anggapan bahwa Galaxy A adalah produk mahal sudah tidak relevan.
     

    Bodi Besar Layar Lega

    Besar adalah kata pertama yang terlintas di pikiran kami begitu melihat Samsung Galaxy A20s. Layarnya berukuran 6,5 inci dengan resolusi yang cenderung rendah, 720 x 1560 pixel. Padahal, umumnya smartphone dengan layar minimal 6,2 inci telah menugusung resolusi FHD.

    Alasannya akan kami jelaskan nanti. Sebagai ponsel di kelas terjangkau, Galaxy A20s menyematkan panel IPS LCD, dengan rasio layar ke bodi mencapai 81 persen. Anda tidak perlu khawatir saat melihat layarnya tidak memakai panel OLED. kualitas layar ini cukup baik, mampu menghasilkan warna yang tajam dan akurat.

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Pengalaman layar yang cukup lebar ini memang sangat terasa, ditambah dengan desain poni dew drop yang tipis dan menyisakan bezel minim di pinggir kiri dan kanan. Anda masih bisa melihat bezel dalam batas yang wajar pada sisi bawah. Beralih ke pinggir, Samsung Galaxy A20s memisahkan tombol volume dan power di sisi yang berlawanan.

    Tombol volume lebih panjang dari biasanya, tetapi ini malah memberikan kendali yang lebih baik. Perbedaan fungsi menambah atau mengurangi intensitas suara bisa lebih jelas. Tombol ini bersebelahan dengan slot triple SIM, dengan dukungan kartu MicroSD sampai 512GB.

    Anda hanya akan menemukan lubang mikrofon di pinggir atas, dan sisa antarmuka seperti lubang speaker, port USB-C, dan jack audio ada di pinggir bawah. Satu hal lain yang menarik perhatian adalah bodi pinggir yang kukuh, bagi ketika dilihat maupun dipegang langsung.

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Beralih ke bodi belakang, Samsung Galaxy A20s mengusung elemen warna kilap. Unit yang kami uji menyematkan warna hitam tanpa motif. Meski tidak punya tekstur khusus, desain warna ini masih enak dipandang. Tiga kamera terbenam dalam satu bingkai vertikal.

    Di sisi tengah terpasang pemindai sidik jari dan logo Samsung berwarna perak. Kelemahan yang kami rasakan pada bodi belakang ini addalah material pelapis yang mudah meninggalkan bekas sidik jari dan mudah tergores. Ada baiknya untuk memasang case pelindung, yang ternyata tidak tersedia di dalam paket penjualan.

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas
     

    Antarmuka Simpel dan tak Banyak Bloatware

    Samsung Galaxy A20s mengusung OneUI dengan basis Androi 9. Salah satu ciri khas antarmuka ini adalah tampilan yang lebih sederhana, tetapi menyimpan kesan khas Samsung. Ikon layanan bawaan tampil lebih lucu, dan tetap menghadirkan fungsi lewat simbolnya.

    OneUI tetap menyajikan menu model drag down yang langsung diakses dengan menggeser panel layar ke atas. Ini memudahkan Anda melacak semua aplikasi yang terpasang. Saat sulit mencarinya, Anda bisa mengetik judul aplikasi pada kolom pencarian. 

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Sebagai ponsel dengan harga terjangkau, Samsung Galaxy A20s ingin memastikan bisa menopang produktivitas penggunanya setiap hari. Pada bagian pengaturan tersedia fitur yang memantau kondisi kesehatan smartphone, seperti konsumsi RAM, status ruang penyimpanan yang masih kosong, sistem keamanan untuk mencegah malware, dan berapa besar pemakaian data internet.

    Secara berkala, ia akan memberikan beberapa rekomendasi agar smartphone tetap berjalan optimal. Khusus untuk sistem keamanan, Samsung bekerja sama dengan Mcafee, tetapi sistem ini tidak akan aktif sampai mendapatkan izin pengguna.

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Setelah itu, Samsung Galaxy A20s menyediakan beberapa fitur yang akan mempengaruhi akses cepat untuk aplikasi atau notifikasi tertentu. Anda juga bisa mengurangi efek animasi untuk meningkatkan performa smartphone.

    Namun, hal ini tidak terlalu diperlukan karena OneUI cukup ringan dan tidak banyak memakan memori. Pengguna tidak bakal menemukan masalah RAM penuh atau proses agak lambat, yang biasanya muncul pada ponsel di kelas yang sama. Kelebihan lainnya adalah minimnya aplikasi bawaan dari pihak ketiga.
     

    Triple Camera Bisa Diandalkan

    Menyasar smartphone kelas terjangkau, Samsung Galaxy A20s berani menawarkan spesifikasi kamera belakang jenis triple camera. Kemampuannya memadukan 13MP+8MP+5MP yang bisa mendukung fitur zoom digital hingga empat kali. Kualitas foto kameranya masih memuaskan selama kondisi cahaya mencukupi.

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Meskipun kameranya mendukung fitur HDR, absennya kemampuan AI membuat saya kerap kesulitan mengatur fokus demi menjaga eksposure cahaya pada foto dengan mudah. Jadi saya harus pintar-pintar menaruh titik fokus untuk menemukan cahaya yang pas.

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Beralih ke kamera depan yang punya kemampuan 8MP. Kualitasnya juga sama bagus di kondisi siang hari. Pada kondisi malam hari noise masih sangat jelas terlihat dengan ketajaman yang agak menurun. Saturasi warnanya juga akan mengikuti warna cahaya di sekitarnya, misalnya hasil foto agak agak kekuningan.

    Di kamera belakang maupun kamera depan Samsung Galaxy A20s punya fitur Live Focus. Fitur ini digunakan untuk menghasil foto Bokeh, yang menurut saya hasilnya lumayan bagus dan tidak terlihat berantakan.

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas
     

    Performa Snapdragon 450

    Samsung Galaxy A20s mengadopsi Snapdragon 450 sebagai chipset, dan hadir dalam dua pilihan RAM atau memori. Unit pengujian kami punya RAM 3GB dan memori 32GB. Kapasitas ini memang cukup rendah cenderung ketinggalan zaman. Di sisi lain, harga yang dipatok juga masih ramah terhadap kocek.

    Samsung mencoba seoptimal mungkin menanamkan performa mumpuni, dalam artian tidak mengganggu dalam menjalankan beberapa aplikasi mdia sosial sekaligus, memutar video, sampai bermain game populer.

    Pada grafik di atas Anda bisa melihat performanya angka kalah dengan beberapa produk kompetitor di harga yang sama. Penggunaan chipset memang sangat berpengaruh terhadap performa secara keseluruhan. Angka ini tidak berdampak pada produktivitas harian yang ditopang olehnya. 

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Samsung Galaxy A20s cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan multitasking dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus. Kelebihan dari pengguna chipset tersebut adalah smartphone ini termasuk jajaran smartphone dengan daya tahan yang sangat panjang.

    Dari hasil pengujian baterai menggunakan PCMark for Android, Samsung Galaxy A20s masih bisa bertahan hingga 11 jam berbekal baterai 4.000 mAh. Jadi penggunanya bisa mengandalkan smartphone ini seharian tanpa harus cemas harus sering mengisi dayanya.

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Pengalaman bermain game di Samsung Galaxy A20s harus disadari terbentur dengan jenis chipset yang digunakannya karena lebih unggul dalam hal menghemat daya. Dalam pengujian untuk bermain game PUBG Mobile, aplikasi mendeteksi bahwa Samsung Galaxy A20s lebih optimal di kualitas grafis rendah.

    Samsung Galaxy A20s, Terjangkau Tetap Jamin Kualitas

    Jadi bisa Anda prediksi sendiri kualitas grafis ditawarkan di tingkat rendah seperti apa. Kualitas grafis tersebut ditukar dengan konsumsi daya yang rendah alias hemat, baterainya berkurang tiga persen setiap durasi permaianan 10 menit. Soal efek panas harus diakui, suhunya terasa terus meningkat digenggaman tangan.


    Kesimpulan
    Untuk kelas terjangkau, Samsung Galaxy A20s harus menghadapi banyak kompetitor. Mereka adalah produsen asal Tiongkok yang sudah terbiasa membanderol smartphone dengan harga murah. Di sisi lain, kualitas bodi yang ditawarkan seringkali dikorbankan.

    Hal ini tidak berlaku pada Samsung Galaxy A20s. Samsung memastikan bahwa kualitas material yang dipakai tidak murahan. Hal ini terlihat dari ukuran layar yang tergolong besar, dan casis yang kukuh. Untuk fisiknya, kualitasnya tidak kalah dari ponsel kelas menengah.

    Performanya memang menyajikan kekuatan dari smartphone dari harga terjangkau yaitu daya tahan baterai yang panjang dengan kemampuan cukup untuk multitasking. Dalam pengalaman bermain game, Samsung Galaxy A20s terbentur di kualitas grafis rendah.

    Di sisi kameranya, Samsung Galaxy A20s sangat bisa diandalkan untuk menghasilkan foto yang bagus dan tajam selama kondisi pencahayaannya cukup. Sama seperti banyak smartphone di kelasnya, kemampuan kameranya menurun dalam kondisi minim cahaya.
     
    Spesifikasi  Samsung Galaxy A20s
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 450
    GPU Adreno 506
    OS Android 9.0 + OneUI
    RAM  3GB
    Memori Internal 32GB
    Kamera Belakang 13MP+8MP, Depan 5MP
    Baterai 4.000 mAh
    Layar  6,5 inci IPS FHD
    Harga Rp2.499.000
     
     
    7.8
    Samsung Galaxy A20s
    Plus
    • Build Quality bagus
    • Layar lega
    • Minim bloatware
    • Daya tahan baterainya panjang
    Minus
    • Belum ada NFC
    • Belum ada kemampuan AI di kamera
    • Pengalaman gaming terbentur di kualitas rendah




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id