MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Samsung Galaxy Watch Active, Lebih Simpel dan Terjangkau

    Ellavie Ichlasa Amalia - 03 April 2019 15:43 WIB
    Samsung Galaxy Watch Active, Lebih Simpel dan Terjangkau
    Samsung Galaxy Watch Active
    Jakarta: Beberapa tahun sejak kemunculannya, smartwatch tetap dianggap sebagai aksesori yang tidak wajib Anda miliki.

    Memang, keberadaannya bisa membantu Anda, memudahkan Anda untuk melihat notifikasi atau memeriksa kesehatan, tapi itu tidak membuat smartwatch begitu penting hingga konsumen rela mengeluarkan uang hingga berjuta-juta rupiah. 
    Untuk menarik konsumen yang ingin smartwatch dengan harga relatif lebih murah, Samsung meluncurkan Galaxy Watch Active tahun lalu. Mengingat harganya yang memang lebih murah jika dibandingkan dengan Galaxy Watch, varian Active ini memang memiliki desain yang jauh lebih simpel walau tetap fungsional. 

    Samsung Galaxy Watch Active, Lebih Simpel dan Terjangkau

    Jika dibandingkan dengan smartwatch Samsung yang lebih premium, Galaxy Watch Active terlihat lebih sederhana. Ia memiliki dua tombol di sisi kanan. Tombol pada bagian atas adalah tombol Back, sementara tombol pada bagian bawah adalah tombol Home yang akan membawa Anda kembali ke menu utama.

    Anda bisa menekan tombol Home jika ingin mematikan Watch Active. Sementara jika Anda ingin mengakses asisten digital Samsung, Bixby, Anda bisa menekan tombolnya dua kali. Meskipun tombol pada Galaxy Watch Active tipis, tapi keduanya responsif. 

    Pada smartwatch ini, Anda tidak akan menemukan rotating bezel yang menjadi khas smartwatch Samsung. Ketiadaan rotating bezel ini mungkin akan mempersulit Anda untuk menavigasikan menu pada layar yang kecil.

    Namun, Galaxy Watch Active tetap berguna ketika digunakan dalam sehari-hari, walau Anda harus lebih bersabar ketika tengah melakukan tap dan swipe

    Galaxy Watch Active memiliki muka jam 40 mm yang terbuat dari aluminium. Ia memiliki tali plastik berukuran 20mm. Satu hal yang saya sayangkan dari tali jam Galaxy Watch Active adalah bahannya yang mudah terkelupas. Tidak lama setelah menggunakan jam cerdas ini, bagian tali dari smartwatch terlihat mulai mengelupas. 

    Samsung Galaxy Watch Active, Lebih Simpel dan Terjangkau

    Untuk masalah layar, Galaxy Watch Active memiliki layar OLED dengan ukuran 1,1 inci dan resolusi 360 x 360. Layar OLED ini berarti gambar pada layar tetap terlihat tajam dengan warna hitam yang pekat bahkan ketika Anda berada di bawah terik matahari sekalipun. 

    Samsung menanamkan prosesor dual core Exynos 9110 dan RAM 750MB pada Galaxy Watch Active. Inilah yang membuat jam cerdas Samsung itu bisa berjalan dengan mulus meski ia tampil dengan desain sederhana.

    Selama saya menggunakan smartwatch ini, saya tidak mengalami masalah ketika membuka aplikasi, mengubah pengaturan, membalas pesan, dan mencoba berbagai fitur lainnya. 

    Anda bisa membalas notifikasi yang muncul pada smartwatch langsung. Hanya saja, seperti kebanyakan smartwatch lainnya, proses membalas pesan via Watch Active tidak semudah ketika Anda menggunakan ponsel. Secara default, ada beberapa pesan yang menjadi template balasan, seperti "Yes", "No," dan "OK." Anda juga bisa menyesuaikan pesan itu sesuai dengan kemauan Anda. 

    Samsung Galaxy Watch Active, Lebih Simpel dan Terjangkau

    Via Galaxy Watch Active, Anda juga bisa membalas menggunakan emoji. Smartwatch ini sudah dilengkapi dengan mikrofon, memungkinkan Anda untuk mengaktifkan Bixby via suara atau menerima panggilan telepon. Namun, karena jam cerdas ini tidak memiliki speaker, jika Anda ingin mendengar lawan bicara Anda, Anda harus tetap menggunakan ponsel. 

    Galaxy Watch Active memiliki memori internal 4GB. Itu artinya, Anda bisa menyimpan lagu secara langsung pada jam cerdas itu. Sayangnya, proses pemindahan lagu agak menyulitkan. Untungnya, jika Anda menggunakan Spotify premium, Anda bisa mengunduh musik dengan lebih mudah. 

    Samsung menargetkan pecinta fitness tracker tapi juga ingin mendapatkan fungsi smartwatch dengan Galaxy Watch Active. Sama seperti smartwatch Samsung lainnya, Galaxy Watch Active dapat merekam berbagai kegiatan olahraga, mulai dari berlari hingga bersepeda. 

    Wearable ini juga dapat merekam detak jantung Anda. Ia akan menghitung dan mencatat detak jantung Anda dari waktu ke waktu. Dengan begitu, Anda bisa melihat pola perubahan detak jantung Anda. Jika Anda telah diam dalam waktu terlalu lama, smartwatch ini akan mengingatkan Anda untuk bergerak. Selain itu, ketika detak jantung Anda melebihi ambang batas tertentu, ia juga bisa memberikan peringatan pada Anda. 

    Samsung Galaxy Watch Active, Lebih Simpel dan Terjangkau

    Anda bisa melihat semua data kesehatan yang dikumpulan Galaxy Watch Active pada aplikasi Samsung Health. Jika Anda memasangkan wearable ini dengan ponsel Android lain selain Samsung, Anda juga harus mengunduh berbagai plugin untuk memastikan wearable dan ponsel saling terhubung dengan mulus. 

    Baterai Galaxy Watch Active, berdaya 230 mAh, dapat bertahan cukup lama. Ia dapat bertahan hingga sekitar satu setengah hari jika Anda menggunakannya untuk melacak pola tidur Anda pada malam hari. Untuk menghemat baterai ketika ia hampir habis, Anda bisa mengaktifkan mode power saving, yang membuat layar menjadi hitam-putih dan mematikan berbagai fungsi smartwatch

    Sementara untuk mengisi baterai smartwatch ini dari 10 persen hingga penuh, diperlukan waktu sekitar satu setengah jam. Anda bisa mengisi baterai via sebuah charger kecil berbentuk lingkaran. Anda cukup menempelkan smartwatch pada charger untuk mengisi baterainya. 

    Galaxy Watch Active juga sudah mendapatkan sertifikasi IP68, yang berarti smartwatch ini sudah anti-debu dan bisa dibawa menyelam hingga kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit. 


    Kesimpulan
    Jika Anda ingin memiliki smartwatch yang kaya fitur dan harga cukup terjangkau, Anda patut mempertimbangkan Galaxy Watch Active, terutama jika Anda memang sudah menggunakan ponsel Samsung. 

    Galaxy Watch Active menawarkan fitur yang beragam, mulai dari pelacak detak jantung, hingga notifikasi ponsel. Baterai smartwatch ini juga terbilang awet dan waktu untuk mengisi baterainya tidak terlalu lama. 

    Hanya saja, jika dibandingkan dengan smartwatch flagship Samsung, Galaxy Watch Active memang terlihat sangat sederhana. Ia juga tidak memiliki rotating bezel. Selain itu, plastik pada tali jam mudah terkelupas. 

     
     
     
    Samsung Galaxy Watch Active
    Plus
    • Layar OLED
    • Baterai awet
    • Kaya fungsi
    • Harga terjangkau
    Minus
    • Bezel tak bisa diputar
    • Tali mudah terkelupas




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id