Review Mouse

    Review Logitech G Pro Wireless, Sederhana Tapi Esensial

    Cahyandaru Kuncorojati - 07 Juli 2020 18:06 WIB
    Review Logitech G Pro Wireless, Sederhana Tapi Esensial
    Logitech G Pro.
    Jakarta: Produk berikutnya yang datang ke meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id adalah Logitech G Pro Wireless. Ini merupakan mouse gaming teranyar yang menekankan beberapa fitur, salah satunya adalah dukungan wireless.

    Begitu dibuka kotaknya, Anda bisa langsung melihat unit mouse yang memiliki bodi cukup proporsional. Punggungnya tidak terlalu tinggi atau rendah. Logitech tampaknya ingin menekankan aspek ergonomis agar gamer bisa menggunakannya dalam waktu yang sangat lama. 

    Tidak ada yang eksentrik dengan desain Logitech G Pro Wireless. Balutan warna hitam matte hanya dihiasi dengan logo G transparan dan indikator DPI atau profil. Motif matte membuat bodinya cukup halus dan nyaman saat dipegang.

    Keunggulan lainnya adalah ia bisa menyerap dan membuang keringat dalam waktu yang singkat. Jika membicarakan dimensinya, Logitech G Pro Wireless punya ukuran 125 mm x 63,5 mm x 40 mm dan mengusung model ambidextrous.

    Review Logitech G Pro Wireless, Sederhana Tapi Esensial

    Pihak Logitech sendiri dalam situs resminya tidak menekankan fitur tersebut, tetapi bentuk fisiknya yang simetris di kedua sisi membuatnya layak juga dipakai oleh pengguna tangan kiri. Satu ciri berikutnya adalah kehadiran dua fungsi tombol pada sisi kanan yang belum aktif saat pertama kali penggunaan. Konsep tombol yang bisa dilepas dan ditutup ini juga berlaku untuk tombol pada sisi kiri.

    Kedua tombol tambahan ini bisa dibuka penutupnya, dan diganti dengan tombol input yang sudah tersedia dalam paket penjualan. Sebagai mouse gaming, Logitech G Pro Wireless tidak membawa pemberat tambahan, yang biasanya terpasang pada rumah khusus di bawah.

    Review Logitech G Pro Wireless, Sederhana Tapi Esensial

    Tempat untuk memasang pemberat itu sendiri sudah tersedia, cocok untuk Anda yang ingin mencari pemberatnya secara terpisah. Di dalam tempat memasang pemberat ini ada juga tempat untuk menyimpan receiver agar tak mudah hilang. Dalam paket penjualannya, Logitech G Pro Wireless juga menyediakan kabel charger dan port USB untuk memasang receiver pada tempat tertentu sesuai selera gamer. 
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz 16GB (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Selama penggunaan, Logitech G Pro Wireless sangat nyaman dipakai untuk berbagai jenis game dalam waktu yang cukup lama. Ia menyediakan akurasi yang tinggi, ditambah dengan pergerakan yang cukup lincah. Salah satu faktor pendukung pergerakan lincah ini adalah bobot yang tergolong ringan.

    Review Logitech G Pro Wireless, Sederhana Tapi Esensial

    Pengaturan performa seperti DPI dari 100 sampai 16.000 bisa diakses dengan software Logitech G Hub. Jika dibandingkan dengan merek kompetitor, Logitech G Pro Wireless mendukung pengaturan yang cukup esensial, yang cukup tepat untuk atlet esports.

    Anda bisa mengatur DPI, report rate, fungsi macro, dan sinkronisasi RGB untuk beberapa game atau bebas sesuai keinginan. Fungsi macro tak hanya berlaku saat bermain game, tetapi juga bisa dipakai untuk mengaktifkan beberapa fungsi di Windows. Ia juga menampilkan daya baterai dan perkiraan lama penggunaan.

    Satu kekurangan yang saya lihat adalah tombol pengatur DPI yang ada di bawah. Ini membuat pengguna Logitech G Pro Wireless tidak bisa mengganti pengaturan secara cepat. Salah satu cara untuk menutupi kekurangan ini adalah dengan memanfaatkan on-board memory, yang bisa menyimpan hingga lima profil sekaligus.

    Kesimpulan
    Terlepas dari kekurangan ini, Logitech G Pro Wireless adalah mouse gaming yang layak Anda pertimbangkan. Memang jika melihat harganya sekarang, mouse gaming ini dipatok hampir Rp2.5 juta.

    Harganya tergolong tinggi untuk sebuah mouse gaming, sekalipun ia dirancang sebagai mouse kelas atas. Membelinya berarti Anda harus menduetkannya dengan PC atau laptop gaming mumpuni, tak lupa dengan mousepad yang dapat membuatnya bergerak lebih lincah dan akurat. 
     
     
    8.9
    Logitech G Pro
    Plus
    • Ergonomis
    • Fitur sederhana tapi esensial
    • Tombol bisa dibongkar pasang'
    • Bobot ringan
    Minus
    • Letak tombol DPI
    • Harga tinggi

     

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id