Review Notebook

    Review HP 14S, Laptop Kuliah Rp5 Juta Bisa Upgrade RAM dan Storage

    Cahyandaru Kuncorojati - 06 September 2020 18:47 WIB
    Review HP 14S, Laptop Kuliah Rp5 Juta Bisa Upgrade RAM dan Storage
    Laptop HP 14S-DK1004AU harga kisaran Rp5 juta.
    Jakarta: Di kondisi pandemi saat ini pilihan untuk membeli laptop untuk mendukung kegiatan belajar online atau pembelajara jarak jauh pasti terlintas, terutama bagi pada mahasiswa baru. Meksipun begitu kondisi tersebut membuat kita memiliki keterbatasan dana.

    Beruntung, banyak produsen laptop yang menyadari kebutuhan ini sehingga mereka merilis laptop di harga terjangkau. Misalnya laptop yang baru saja Medcom.id jajal adalah HP 14S yang hadir di kisaran harga Rp5,2 juta. Kami menjajal varian dengan nomor seri HP 14S-DK1004AU.

     

    Desain

    Laptop HP 14S-DK1004AU punya desain yang menurut kami sederhana sekali, tapi masih terlihat mewah. Kesan ini dihasilkan dari pilihan warna serta efek metal brush di bagian keyboard. Ukuran layarnya mengusung 14 inci resolusi WVGA.

    Ukuran layarnya menurut Medcom.id sudah sangat pas, tidak terlalu besar maupun sempit. Keyboard laptop punya bentang ukuran yang lebar sehingga nyaman digunakan. Laptop HP 14S-DK1004AU punya bobot yang termasuk ringan yaitu 1,5kg.

    Review HP 14S, Laptop Kuliah Rp5 Juta Bisa Upgrade RAM dan Storage

    Paket desain bodi ini sudah sangat pas bagi mereka yang mengidamkan laptop ringan tapi di harga ramah kantong. Tidak ketinggalan di bagian atas laptopnya masih tersedia webcam yang kini fiturnya sangat dicari oleh pengguna.
     
     

    Fitur

    Menyoal ketersediaan port USB, laptop Laptop HP 14S-DK1004AU menyediakan satu USB-C dan dua USB-A yang menurut kami sudah mencukupi untuk kebutuhan produktivitas biasa. Di sini juga disediakan port HDMI untuk terhubung ke proyektor dan port RJ-45 untuk koneksi internet kabel atau LAN.

    Review HP 14S, Laptop Kuliah Rp5 Juta Bisa Upgrade RAM dan Storage

    Tidak ketinggalan fitur yang umum dijumpai yaitu SD media card reader juga bisa dijumpai di laptop Laptop HP 14S-DK1004AU. Kamera webcam yang ada di laptop ini sudah mengusung kualias HD jadi gambar yang tertangkap punya kualitas cukup bagus.

    Keyboard laptop HP 14S-DK1004AU juga sudah dilengkapi backlit. Jadi pengguna bisa tetap mengetik di kondisi minim cahaya dengan nyaman. Laptop juga sudah langsung terpasang paket aplikasi Microsoft Office segmen Home & Student jadi bukan laptop kosongan tanpa aplikasi produktivitas.

    Review HP 14S, Laptop Kuliah Rp5 Juta Bisa Upgrade RAM dan Storage
     

    Performa

    Laptop Laptop HP 14S-DK1004AU didukung tenaga dari prosesor AMD yang sudah dikenal mampu memberikan value terbaik yaitu performa yang bisa diandalkan dalam perangkat harga yang terjangkau. Di sini ditanamkan AMD Athlon Gold 3150U yang baru dirilis awal tahun ini.

    Spesifikasi HP 14S-DK1004AU bukan dibilang rendah tapi menyesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Ada RAM kapasitas 4GB DDR4 3200MHz dan memori SATA HDD 1TB 5400 rpm. Kartu grafisnya mengandalkan integrated AMD Radeon Vega 3.
     
     

    Jenis kartu grafisnya sudah termasuk mencukupi untuk kebutuh produktvitas ringan atau biasa. Di sisi storage, meskipun masih menggunakan HDD dan bukan SSD tapi kita mendapatkan kapasitas yang cukup besar. Namun menurut kami kapasitas RAM ini terlalu kecil walaupun cukup.

    Efeknya, di awal penggunaan kami merasakan rasa sedikit lambat satat laptop baru dinyalakan. Makanya kami sangat menyarankan pembeli mau melakukan upgrade sedikit sehingga laptop HP 14S-DK1004AU bisa kencang.

    Apakah HP 14S-DK1004AU bisa upgrade? Kabar baiknya, laptop di kisaran harga ini masih menyediakan fitur upgrade RAM dengan menambahkan kapasistas 4GB sehingga total tersedia RAM 8GB. Selanjutnya masih tersedia slot M.2 SATA SSD yang dikenal punya kecepatan sangat kencang dibandingkan HDD.

    Kami melakukan pengujian menggunakan beberapa software benchmark dan hasil skor menunjukan spesifikasi laptop ini menurut kami sudah sangat mendukung produktivitas ringan.

    Bagaimana dengan bermain game? Melihat target penggunanya dan spesifikasinya, laptop ini masih mendukung untuk bermain game ringan saja di kualitas grafis rendah.
     
    PENGUJIAN: PCMARK 10 3DMark Sky Diver Cinebechn R20 single-core Cinebench R20 multi-core
    SKOR: 2.627 4.264 297cb 772cb


    Di sisi daya tahan baterainya, menurut pengujian PCMark 10 laptop ini bisa menyediakan daya tahan hingga sembilan jam. Mungkin hasil tes ini akan berbeda dari pengguna sehari-hari, tapi dijamin mampu menyediakan daya tahan baterai yang masih sama panjangnya.

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id laptop ini sudah sangat pas bagi pengguna yang membutuhkan laptop harga terjangkau tapi masih menyediakan upgrade. Fitur upgrade ini bisa dilihat sebagai investasi perangkat jangka panjang.

    Jadi pengguna yang mungkin merasa cukup di kapasitas RAM 4GB dan mengandalkan storage jenis HDD bisa melakukan upgrade saat memiliki dana tambahan. Tidak dibutuhkan M.2 SATA SSD yang kapasitas besar karena kapasitas kecil untuk menyimpan OS saja bisa membuat laptop ngebut.
     
    SPESIFIKASI HP 14S-DK1004AU
    Prosesor AMD Athlon Gold 3150U
    RAM 4GB DDR4 (upgradeable)
    Memori Internal 1TB HDD + slot M.2 SSD
    Layar 14 inci WVGA
    GPU AMD Radeon Vega 3
    Bobot 1,5kg
    Dimensi 32,4 x 22,59 x 1,99 cm
    Harga Rp5.299.000
     
     
    9
    HP 14S-DK1004AU
    Plus
    • Desain sederhana tidak murahan
    • Harga sangat terjangkau
    • Menyediakan upgrade RAM dan storae M.2 SSD
    • Performa memuaskan setelah upgrade
    Minus
    • Performa spesifikasi tanpa upgrade kurang memuaskan


    (MMI)
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id