Review Smart CCTV

    Ezviz C3WN, CCTV Terjangkau dan Mudah Dipasang

    Cahyandaru Kuncorojati - 20 April 2020 17:18 WIB
    Ezviz C3WN, CCTV Terjangkau dan Mudah Dipasang
    Ezviz C3WN.
    Jakarta: Berminat untuk memasang kamera pengawas atau CCTV di luar ruangan alias outdoor? Jenisnya memang banyak dan harganya beragam, hal ini dibedakan berdasarkan segmen pengguna misalnya perkantoran atau rumahan.

    Bagi pebisnis skala menengah dan kecil mungkin bisa memilih menggunakan CCTV di segmen pengguna rumahan. Alasannya harganya terjangkau dan mudah dipasang.

    Medcom.id kembali berkesempatan mencoba produk CCTV dari anak perusahaan Hikvision yang sejak lama menyediakan kamera pengawas untuk perkantoran. Kami mencoba Ezviz C3WN yang dibanderol mulai dari Rp500 ribu di ecommerce lokal.
     

    Desain Sederhana

    Ezviz C3WN merupakan outdoor WiFi camera. Jadi kamera CCTV ini bisa terhubungan dengan sambungan internet tidak hanya lewat kabel tapi juga WiFi. Cara ini cukup memudahkan proses pemasangan selama jangkauan internet WiFi dari router ke CCTV optimal.

    Ezviz C3WN, CCTV Terjangkau dan Mudah Dipasang

    Pengguna hanya butuh mencari posisi pemasangan yang pas dan bisa menjangkau sumber listrik untuk memasang adapter atau colokan listrik. Anda tidak perlu lagi harus pusing menentukan jalur sambungan kabel ethernet.

    Ezviz C3WN punya dua antena yang mendukung frekuensi 2,4Ghz sehingga tidak heran jangkauan WiFi yang ditangkap cukup optimal meskipun agak jauh dari router.

    Ezviz C3WN, CCTV Terjangkau dan Mudah Dipasang

    Serupa dengan desain kamera CCTV outdoor lain, produk ini punya sebuah tangkai yang bisa digeser hingga 90 derajat untuk menyesuaikan sudut pandang kameranya. Jadi sebelum dipasang pengguna harus menentukan dulu sudut pandangnya.

    Tidak ketinggalan Ezviz C3WN mengantongi sertifikasi tahan debu (dustproof) dan tahan air (waterproof). Tersedia slot MicroSD yang penutup terpasang baut untuk pengaman.
     

    Cara Mengaktifkan yang Mudah

    Kini masuk ke proses mengaktifkan Ezviz C3WN. Caranya sangat mudah, pertama Anda harus mengunduh aplikasi mobile Ezviz. Aplikasi ini bisa menyatukan beragam jenis produk Ezviz dalam satu aplikasi untuk lebih memudahkan proses pemasangan.

    Apabila Anda menggunakan sambungan kabel ethernet, cukup memindai barcode yang ada di Ezviz C3WN melalui aplikasi mobile. Perangkat CCTV ini akan langsung aktif dan tersedia di dashboard aplikasi Ezviz.

    Ezviz C3WN, CCTV Terjangkau dan Mudah Dipasang

    Berbeda dengan proses pemasangan WiFi pengguna akan terlebih dahulu diminta untuk menyambungkan WiFi dari perangkat Ezviz C3WN ke jaringan WiFi yang tersedia. Proses ini memang tidak seringkat yang pertama tapi akan sangat memudahkan proses pemasangan perangkat seperti dijelaskan di awal.

    Ezviz C3WN punya kamera 2MP yang bisa menghasilkan gambar di resolusi 1920x1080. Opsi kualitas video yang disajikan di dalam aplikasi terdiri dari tiga kualitas yaitu standar, HD, dan Ultra-HD. Ada juga fitur infrared untuk kamera malam.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Menurut Medcom.id kualitas gambar di aplikasinya cukup jelas, pengguna juga masih bisa melakukan pembesaran atau zoom. Sudut pandangnya juga lebar dengan 95 derajat horizontal dan 110 derajat diagonal.

    Menyoal fitur, Ezviz C3WN punya mikrofon untuk merekam audio. Suaranya yang ditangkap cukup tajam, Ezviz mengklaim bisa merekam audio dalam radius lima meter. Di sisi penyimpanan data, tersedia slot MicroSD kapasitas 256GB layanan cloud berlangganan dari Ezviz.

    Ezviz C3WN, CCTV Terjangkau dan Mudah Dipasang

    Ezviz juga dilengkapi sensor pendeteksi gerakan serta penanda objek tersebut sehingga mudah dipantau dan dicek di rekaman video. Fitur ini akan mengirimkan notifikasi real-time ke aplikasi Ezviz di smartphone.

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id kamera pengawas atau CCTV outdoor Ezviz C3WN cukup memuaskan. Kamera ini punya proses pemasangan yang sangat mudah dan fitur cukup lengkap. Jadi penggunanya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya tambahan untuk proses pemasangan karena bisa dilakukan sendiri.

    Kualitas video dari Ezviz C3WN juga bisa diandalkan ditambah adanya mikrofon mampu menghasilkan rekaman video yang dilengkapi suara di dalamnya.

    Harga Ezviz C3WN yang dimulai dari Rp500 ribu membuat kamera pengawas outdoor ini semakin menarik sebagai pilihan sistem keamanan di rumah maupun toko atau bisnis lainnya.
     
     
     
    Ezviz C3WN
    Plus
    • Proses pemasangan dan mengaktifkan mudah
    • Kontrol lewat aplikasi mobile
    • Mendukung konektivitas kabel ethernet dan WiFi
    • Harga terjangkau
    Minus
    • Kapasitas penyimpanan MicroSD hanya 256GB


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id