Review Mouse

    Logitech MX Master 2S, Premium dan Menawan

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 19 Juli 2020 13:30 WIB
    Logitech MX Master 2S, Premium dan Menawan
    Logitech MX Master 2S
    Jakarta: Produk berikutnya yang datang ke meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id adalah Logitech MX Master 2S. Tak masuk kelas menengah atau terjangkau, ia dirancang sebagai mouse serba bisa yang dapat mendukung produktivitas para profesional bisnis.

    Logitech memberi berbagai sentuhan yang berbeda untuk seri MX, demi menawarkan kesan yang tepat dan menggoda pengguna untuk menggunakannya. Jika membicarakan ukuran, dari bentuknya sudah bisa dilihat bahwa ia punya ukuran yang lebih besar dan gemuk ketimbang varian lain yang pernah mereka luncurkan.

    Lebih rinci, Logitech MX Master 2S punya dimensi 126,0 mm x 85,7 mm x 48,4 mm, membuatnya cukup besar saat dipegang. Desainnya juga lumayan eksentrik, dengan menonjolkan konsep ergonomis.

    Ia dirancang untuk menyediakan rasa nyaman kepada pengguna mouse tangan kanan, terlihat dari penggunaan material dan desain yang dilengkapi dengan khusus untuk ibu jari. Hadir dalam satu warna saja, Logitech MX Master 2S menyediakan antarmuka yang cukup lengkap, tak lupa dengan fitur khas Logitech yang memudahkan pergerakan scroller.

    Logitech MX Master 2S, Premium dan Menawan

    Logitech MX Master 2S, Premium dan Menawan
     
    Ada dua tombol tambahan yang menyediakan fungsi eksklusif, pertama adalah scroll horizontal yang dapat menggeser dokumen atau jendela yang menyediakan fungsi serupa, dan satu tombol tambahan yang tak terlihat di bawah alas ibu jari. Anda cukup sedikit menekannya dengan ibu jari, dan fungsi bawaannya adalah menampilkan recent window.

    Satu tombol dekat scroller berfungsi sebagai pengatur pergerakan scroller. Satu hal unik yang ditawarkan oleh scroller Logitech MX Master 2S adalah pergerakannya yang lebih cepat saat pengguna memberikan tenaga lebih, dan mengaktifkan tombol ini akan memastikan putarannya stabil.

    Di balik beberapa fitur menarik ini, kekurangan yang terlihat adalah tombol back dan forward yang cukup kecil dan kurang nyaman dalam pengoperasian.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz 16GB (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Logitech MX Master 2S menawarkan beberapa kemampuan yang memudahkan Anda dalam bekerja, seperti dukungan tiga perangkat sekaligus via receiver Unify atau bluetooth lewat tombol profil pada sisi bawahnya.

    Tidak sulit, Anda cukup menekan tombol profil untuk mengatur perangkat yang terhubung. Misalnya, profil satu memanfaatkan receiver yang terhubung dengan laptop, dan profil dua untuk terhubung dengan laptop via bluetooth. Tak masalah jika perangkat ketiga terhubung dengannya lewat receiver Unify yang berbeda.

    Selain itu, fitur Logitech Flow dari aplikasi bawaan yang dapat diunduh memungkinkan pemindahan data dan fungsi mouse antar perangkat.

    Logitech MX Master 2S, Premium dan Menawan

    Logitech MX Master 2S, Premium dan Menawan

    Sepanjang penggunaan, Logitech MX Master 2S memberikan rasa nyaman yang cukup baik. Ini karena bentuknya yang agak gemuk memungkinkan telapak tangan beristirahat sepenuhnya, ditambah dengan alas ibu jari yang cukup empuk. Tak perlu khawatir saat menggunakannya dalam waktu yang lama karena materialnya bersifat matte yang dapat menyerap keringat. Di sisi lain, mouse ini punya bobot 145 gram, cukup berat untuk sebuah mouse.

    Ia menggunakan sensor teknologi bernama Darkfield, yang Logitech klaim memberikan akurasi dan dapat berjalan di atas kaca. Sensor ini mendukung 200-4.000DPI, dengan pertambahan atau pengurangan per 50DPI.

    Mungkin tidak sebesar mouse gaming, tetapi tingkat akurasi ini sudah lebih dari cukup untuk mendukung kerja penggunanya. Oleh karena itu, jangan memaksakan penggunaan mouse ini untuk bermain game FPS. 

    Kesimpulan
    Di Indonesia, harga Logitech MX Master 2S adalah Rp1.499.000, menandakan ia sebagai mouse yang masuk dalam kelas premium. Desain eksentrik, berbagai fitur yang ditawarkan dan tingkat ergonomis yang baik membutkan layak untuk menemai Anda yang memerlukan mouse untuk bekerja dalam waktu yang lama. Bukan tanpa kekurangan, bobot yang cukup berat ini membuat penggunanya harus beradaptasi lebih lama karena ia punya gaya pergerakan yang khas.
     
     
    9
    Logitech MX Master 2S
    Plus
    • Multi-flow
    • Sangat ergnomis
    • Kustomisasi mudah
    • Bisa di segala macam permukaan
    Minus
    • Bobot
    • Tombok back dan forward kurang nyaman


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id