ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    Cahyandaru Kuncorojati - 05 Desember 2019 17:00 WIB
    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!
    ASUS ROG Phone 2
    Jakarta: Di akhir tahun 2019, ASUS berhasil mengejar target mereka untuk merilis smartphone gaming berbasis Qualcomm Snapdragon 855 Plus. ASUS ROG Phone 2 akhirnya dirilis di Tanah Air, sehingga kegagalan ROG Phone generasi pertama beredar di Indonesia bisa terobati.

    Medcom.id tahun lalu mengulas ASUS ROG Phone generasi pertama. Kini kami akan mengulas ASUS ROG Phone 2 yang akan rilis di Indonesia dalam dua varian.

    ASUS menyatakan bahwa ROG Phone 2 hadir dalam dua spesifikasi RAM dan memori internal, 8/128GB dan 12/512GB. Kami berkesempatan menjajal ASUS ROG Phone 8/128GB. Melihat semakin banyak smartphone yang lebih dulu menggunakan Snapdragon 855 Plus, apakah ROG Phone 2 masih menarik?
     

    Wajah Lama tapi Lebih Tipis

    Melihat kembali ulasan ASUS ROG Phone generasi pertama, kami sepakat bahwa ROG Phone 2 hadir dengan desain minim pembaruan. Form factor dan konsep desainnya terasa sangat sama, perbedaan hanya di beberapa bagian.

    Tampilan wajah alias bagian layar masih sama, tapi ukurannya lebih besar. ASUS ROG Phone 2 punya dimensi layar 6,59 inci, pendahulunya di ukuran 6 inci. Bagian atas dan bawah terdapat grill speaker yang dalam posisi landscape atau horizontal saat bermain game, speaker ASUS ROG Phone 2 tidak akan tertutup jari tangan.

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    Menyusuri sisi bodi, ROG Phone 2 ternyata tepi bodi yang lebih membulat. Desain tersebut membuat smartphone gaming ini terasa seperti kelas premium saat digenggam. Ditambah kini bodi ASUS ROG Phone 2 jauh lebih ramping sehingga lebih ringan dibandingkan pendahulunya, meskipun tidak seringan smartphone premium jenis phablet atau note.

    Namun ini menjadi keunggulan ASUS ROG Phone 2. Kami pernah mengulas seri pendahulunya dna kompetitor yaitu Black Shark 2 Pro. Smartphone gaming yang tebal sangat tidak nyaman karena tangan mudah lelah saat menggengamnya. Ditambah bobot yang berat membuatnya mudah tergelincir saat digunakan satu tangan.

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    Jadi, desain bodi ASUS ROG Phone 2 masih pantas mendapatkan pujian meskipun bagian belakangnya tidak berbeda jauh dari ROG Phone pertama. Perbedaan ada pada ventilasi udara yang lebih kecil tapi tidak lagi menggunakan material plastik. Pemindai sidik jari juga kini pindah ke atas layar.

    Ornamen garis di bodi belakangnya akan memantulkan warna metalik RGB saat terpantul cahaya. LED RGB dibelakang masih tetap memikat perhatian. Efek menyala dan warnanya masih tetap bisa dikustomisasi dan dieksplorasi. Ada kamera ganda di belakang ASUS ROG Phone yang kini memiliki dua LED flash dan mengadopsi teknologi yang dikabarkan serupa dengan ASUS ZenFone 6.

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    Desain ASUS ROG Phone 2 tetap menyimpan perhitungan desain yang matang. Bodinya yang semakin tipis masih mennyediakan area fitur AirTrigger yang nyaman. Di bagian bawah terdapat port USB-C dan audiojack yang terpisah. Posisi audiojack juga lebih ke atas sehingga tidak akan mengganggu genggaman saat bermain.

    Di sisi kiri bodinya masih ada port USB-C ganda yang bisa digunakan untuk pengisian daya maupun terhubung ke aksesoris ROG Phone 2. Sayangnya, sekali lagi port ini masih ditutup dengan sebuah karet yang tidak terikat ke bodi. Karet penutup ini sangat rentan hilang dan bisa membahayakan port yang terbuka.

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!
     

    Layar AMOLED 120Hz

    Pendahulunya punya refresh rate 90Hz dan kini ASUS ROG Phone 2 punya refresh rate 120Hz dengan mengandalkan layar panel AMOLED. Pengalaman menjajalnya, kami dibuat kagum dengan gerakan animasi yang sangat halus di antarmuka terutama di dalam game.

    Refsresh rate 120Hz dengan response time 1ms membuat ASUS ROG Phone 2 mampu mendukung game dengan kualitas grafis tnggi dan frame rate menyentuh 120fps. Ini membuat smartphone gaming ASUS berbeda dari kompetitor yang masih terbatas di 90Hz.

    Kemampuan refresh rate ini bisa diatur secara manual, mulai dari 60Hz, 90Hz, dan 120Hz. Ini sangat bagus, saat tidak untuk bermain game maka refresh rate bisa direndahkan untuk menghemat konsumsi baterai dari layar.

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    Medcom.id mencoba memainkan game Shadow Legends, tercatat frame rate bisa menyentuh 120fps dan rata-rata berjalan di 118fps. Layarnya juga sangat responsif untuk bermain game. ASUS mengklaim latensi yang sangat rendah membuat respon yang diterima layar segera disampaikan dan tersaji di gameplay.

    Meskipun begitu dimensi ukuran layar ASUS ROG Phone 2 membuat smartphone ini terasa sangat lebar saat menggunakan aksesoris gamepad atau joystick. Medcom.id sempat kewalahan saat bermain menggunakan dua aksesoris tersebut. Kami masih sangat nyaman bermain dengan jemari langsung di atas layarnya.

    Bukan tanpa alasan ASUS ROG Phone 2 tetap memilih desain speaker yang diletakan di bagian atas dan bawha layar sehingga menghadap penggunanya. Tujuannya agar kualitas surround bisa sangat terasa sekalin menghindari tertutup oleh jemari.

    Speaker di ASUS ROG Phone 2 menggunakan teknologi DTS:X Ultra Virtual Surrounding Sound Stereo. Ditanamkan juga dual smart amplifiers NXP TFA9875 yang diklaim ASUS membuat speakernya tetap menyajikan kualitas suara tajam minim distorsi meskipun di volume tinggi.
     

    Fitur Gaming dan Performa X Mode

    Medcom.id sejak awal sangat menyukai aplikasi Armoury Crate dan kini tampilannya semakin dipoles di ASUS ROG Phone 2. Tidak hanya menyediakan dasboard monitoring performa, fitur gaming, dan mode peningkatan performa via X Mode. Kini daftar game yang disajikan dikurasi lebih baik.

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    Misalnya, game yang mendukung resolusi 120Hz serta game yang mendukung masing-masing aksesoris ROG Phone 2 seperti TwinView, GamePad, maupun AirTriggers. Kekurangannya adalah di sini banyak game yang menurut Medcom.id mungkin kurang populer bagi mobile gamer di Indonesia.

    Ada tab bernama News yang tersedia beragam video tutorial seluruh fitur ASUS ROG Phone 2. Konten ini sangat dibutuhkan karena sangat disayangkan apabila smartphone gaming tidak bisa dieksplorasi oleh penggunanya untuk menyajikan pengalaman paling berbeda ketimbang bermain game di smartphone mainstream.

    Di Armoury Crate juga tersedia konfigurasi Game Genie. Game Genie menyimpan opsi untuk blokir notifikasi, melakukan live streaming di tengah game atau merekam gameplay yang dimainkan lebih dulu. Di sini juga mendukung fitur key mapping dan tombol macro.

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    Fitur AirTrigger adalah yang Medcom.id paling sukai. Merek lain seperti Black Shark 2 Pro bahkan meniru fitur serupa tapi diletakan di atas layar. ASUS telah meningkatkan operasional dari fitur AirTrigger.

    Apabila dulu AirTrigger harus disentuh untuk bisa merespon, kini pengguna bisa melakukan kustomisasi. Jemari pengguna bisa menempel di permukaan AirTrigger dan baru akan bereaksi ketika area sensor menerima efek tekan atau squeeze yang juga bisa dikonfigurasi sensitivitasnya.

    Cara tersebut diperkenalkan sebagi finger resting jadi semakin mirip dengan cara menggunakan tombol L/R di stik kontrol PlayStation. Kemudian AirTrigger kini juga mendukung operasional slide atau geser. Ada dua pilihan yaitu horizontal dan vertikal.

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    AirTrigger mode horizontal mengubah cara menggunakannya bukan dengan tekan tapi dengan menyapukan jari di atasnya. Cara ini serupa dengan mode vertikal tapi di mode ini saat jarinya menyapukan dari tengah area ke kanan dan ke kiri akan punya efek berbeda di game yang bisa diatur lewat keymapping.

    Jadi, AirTrigger di ASUS ROG Phone 2 membuat banyak cara baru bermain game dengan tangkas di sebuah smartphone. Tidak salah apabila Medcom.id menilai smartphone ini sangat jeli melihat gaya bermain penggunanya.
     

    Kemampuan Kamera Mumpuni di Smartphone Gaming

    ASUS ROG Phone 2 dibekali kamera belakang ganda 48MP teknologi Quad Bayer yang mengandalkan sensor Sony IMX586 dan 13Mp ultra-wide angle. Kamera depannya dibekali 24MP serta teknologi yang sama yaitu Quad Bayer.

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!
    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    Pengalaman Medcom.id menjajal kameranya tanpa mode AI, ternyata smartphone gaming ini masih bisa menghasilkan foto memuaskan.

    Kualitas warna dan ketajamannya memuaskan. Meskipun kamera depannya tidak demikian dalam kondisi malam. Ketajaman objek foto tidak bisa disajikan dengan sempurna. Bagi penggemar mode Nightscape, kamera ASUS ROG Phone 2 masih bisa menghasilkan foto malam yang efek cahayanya cukup dramatis.

     

    Performa Qualcomm Snapdragon 855 Plus

    Merek bukan smartphone gaming murni seperti realme telah ikut mengandalkan Snapdragon 855 Plus. Kompetitor di segmen smartphone gaming sendiri sudah ada Black Shark 2 Pro yang rilis lebih dulu di Indonesia.

    ASUS ROG Phone 2mengandalkan Qualcomm Snapdragon 855 Plus dengan clockspeed hingga 2,96Ghz dan GPU Adreno 640. Dapur pacunya didukung sistem pendingan GameCool II yaitu 3D vapor-chamber serupa generasi pertama. Sistem pendingin ini diklaim bisa terus menjaga suhunya tidak panas dan performa stabil.

    Kami menjajal ASUS ROG Phone versi RAM 8GB dan memori internal 128GB yang diklaim punya teknologi UFS 3.0 sehingga akses data cepat dan menjalankan aplikais terasa ringan. Pertama, Medcom.id mengujinya menggunakan aplikasi benchmark untuk melihat performa.

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    Pengujian dilakukan tanpa menggunakan mode X Mode sehingga hasil skor performanya masih bisa lebih tinggi lagi. Hasilnya, ASUS ROG Phone 2 bisa mengantongi skor tinggi dari kompetitornya. Di pengujian bermain game, ASUS ROG Phone 2 bisa bermain game PUBG Mobile di kualitas grafis HDR dan frame rate Extreme tanpa X Mode.

    Kualitas frame rate yang tampil tergolong stabil di 60fps. Di game Shadowgun Legends, frame rate bisa menyentuh 120fps tapi cenderung di rata-rata 118fps. Suhu panas yang dihasilkan masih sebatas hangat dengan mode X Mode yang aktif di angka suhu 44 derajat Celcius ASUS ROG Phone 2 masih bisa bermain game dengan frame rate stabil.

    ASUS ROG Phone 2 Sangat Spesial!

    Di pengujian baterainya menggunakan PCMark for Android, baterai ASUS ROG Phone 2 yang berkapasitas 6.000 mAh bisa bertahan hingga lebih dari 15 jam melalui simulasi pengujian. Hasil ini sangat bagus tapi dicatat bahwa daya tahannya akan berbeda dari penggunaan sehari-hari.

    Sayangnya ASUS ROG Phone varian 8/128GB tidak dibekali charger ROG HyperCharge 30W. Di dalam paket penjualan varian ini disediakan charger dengan daya sekitar 15W. Informasi yang kami terima, versi varian 12/512 akan hadir degan charger tersebut.


    Kesimpulan
    ASUS ROG Phone 2 bukan lagi pemain tunggal di smartphone gaming Indonesia. Kompetitornya bertambah seiring banyaknya yang menggunakan Snapdragon 855 Plus. Medcom.id tetap menyukai smartphone ini meskipun tampilannya tidak berubah banyak dari pendahulunya.

    ASUS ROG Phone 2 tidak hanya mampu membuat performa unggul tapi lebih penting lagi berfokus ke pengalaman bermain game yang nyaman sekaligus memberikan kesempatan gamer menemukan gaya bermainnya.

    Smartphone gaming ini dibanderol Rp8.499.000 tanpa dilengkapi aksesori ROG. Perlu dicatat juga bahwa tidak semua aksesori ROG Phone pertama mendukung ASUS ROG Phone 2.

     
    Spesifikasi  ASUS ROG Phone 2
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 855 Plus 2,96GHz
    GPU Adreno 640
    OS Android 9.0 Pie + ROG UI
    RAM  8GB
    Memori Internal 128GB
    Kamera Belakang 48MP+13MP, Depan 24MP
    Baterai 6.000 mAh
    Layar  6,95 inci AMOLED 120Hz (2340x1080)
    Harga Rp8.499.000 (8/128GB)
     
     
    9.8
    ASUS ROG Phone 2
    Plus
    • Bodi lebih tipis dan ringan
    • Performa memuaskan
    • Fitur gaming lengkap
    • AirTrigger punya gaya operasional baru
    • Kualitas kameranya masih bisa diandalkan 
    Minus
    • Desain tampilan luar masih serupa pendahulu
    • Antarmuka biasa saja
    • Tidak dilengkapi charger dengan Watt tinggi untuk pengisian cepat




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id