Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End

    Lufthi Anggraeni - 21 Mei 2019 12:59 WIB
    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End
    Samsung Galaxy M10.
    Jakarta: Kehadiran Galaxy M10 menjadi salah satu bentuk komitmen Samsung untuk tetap menyediakan perangkat dengan harga terjangkau bagi konsumen beranggaran terbatas. Perangkat ini merupakan bagian dari seri Galaxy M yang sebelumnya diwakili oleh M20.

    Berharga terjangkau, Samsung mengklaim tidak main-main dalam menghadirkan dukungan spesifikasi yang baik pada perangkat karyanya ini. Selain itu, Samsung juga mengklaim Galaxy M10 menawarkan perbedaan menarik jika dibandingkan dengan smartphone low-end generasi sebelumnya. Benarkah demikian?
     

    Desain

    Hadir dengan harga terjangkau, tidak mengejutkan jika Samsung menggunakan bahan plastik pada bodi Galaxy M10, kecuali di bagian layar. Meskipun demikian, Samsung Galaxy M10 tetap mampu menghadirkan kesan kokoh saat digenggam.

    Kesan nyaman saat menggenggam ponsel ini turut didukung oleh bobot yang tidak terlalu berat, serta lengkungan bodi di bagian belakang, meski mengusung ketebalan yang tergolong tipis, yaitu 7,7mm. Namun, Anda juga perlu berhati-hati saat menyimpan ponsel ini di saku atau tas.

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End

    Sebab bahan plastik pada bodi Samsung Galaxy M10 ini tergolong rentan terhadap goresan. Selain itu, bodi ponsel cerdas yang tergolong mengkilat di bagian belakang ini juga mudah kotor oleh noda sidik jari.

    Pada bagian belakang, Anda juga dapat menemukan dua kamera yang tersemat secara vertikal di sebelah kiri, didampingi oleh lampu flash LED di bawahnya. Logo Samsung juga terukir di bagian tengah atas, sedangkan di kiri bawah terdapat dua lubang speaker memanjang.

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End

    Selain itu, Anda dapat menemukan slot kartu SIM dan microSD di sisi kanan bodi, serta tombol daya dan volume di sisi kanan. Berbeda dengan sejumlah perangkat baru Samsung, Anda hanya akan menemukan jack audio 3,5mm di sisi bawah bodi.

    Sayangnya, Samsung Galaxy M10 tidak didukung port USB-C layaknya sejumlah ponsel generasi terbaru, dan masih didukung ini oleh port microUSB, yang disematkan bersebelahan dengan jack audio 3.5 mm.

    Sementara itu, Samsung membekali Galaxy M10 dengan layar berukuran 6,2 inci dengan resolusi HD+. Layar ponsel terjangkau Samsung ini juga mengusung desain layar yang saat ini tengah populer, yaitu desain layar berponi tetes air.

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End
     

    Antarmuka Pengguna dan Software

    Menyoal sistem operasi, Samsung Galaxy M10 menggunakan Android 8.1 Oreo yang menjadi basis untuk Samsung Experience UI versi 9.5. Meskipun demikian, sejumlah fitur seperti navigasi berbasis gestur pada ponsel ini juga dapat ditemukan pada perangkat unggulan Samsung, berkat dukungan antarmuka pengguna One UI.

    Namun, jika tidak menyukai gestur usap sebagai pengganti tiga tombol menu utama, Anda masih dapat menggantinya dengan tombol standar. Selain itu, sejumlah pengaturan hadir dengan pengelompokan baru sehingga lebih mudah untuk dinavigasikan.

    Hadir sebagai perangkat terjangkau, dukungan navigasi berbasis gestur memberikan kesan penggunaan yang sama dengan perangkat unggulan dan high-end Samsung. Sayangnya, ponsel ini tidak dibekali dengan fitur Auto Brightness, layaknya ponsel lainnya.

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End

    Meskipun demikian, Samsung membekali Galaxy M10 dengan fitur bertajuk Outdoor Mode atau Mode Luar Ruang. Fitur ini memiliki shortcut pada menu drop down yang dapat Anda akses dengan mengusap layar dari atas ke bawah, dan mengetuk tanda panah ke bawah pada kolom dengan ikon matahari separuh hitam dan putih.

    Menggeser tuas pada menu mode ini menjadi aktif akan menjadikan tampilan layar lebih cerah guna memudahkan Anda melihat konten di layar saat di bawa paparan cahaya matahari secara langsung. Namun, mode ini akan nonaktif secara otomatis setelah 15 menit, kecuali Anda masih terdeteksi menatap layar.

    Sementara itu, serupa dengan ponsel karya Samsung lainnya, Galaxy M10 ini juga dibekali dengan sejumlah aplikasi bawaan Samsung, serta sejumlah aplikasi karya Microsoft guna menunjang produktivitas Anda.

    Samsung Galaxy M10 juga berbekal fitur keamanan pengenal wajah, namun fitur ini membutuhkan waktu beberapa detik untuk dapat membuka kunci layar ponsel, dan terkadang gagal saat digunakan pada kondisi pencahayaan cukup.
     

    Kamera

    Menyoal kamera, Samsung Galaxy M10 berbekal kamera belakang ganda beresolusi 13MP dan 5MP, serta mendukung kemampuan memotret dengan sudut pandang 120 derajat. Sedangkan kamera depan, Galaxy M10 hadir dengan kamera 5MP.

    Mengusung antarmuka pengguna khas Samsung, Anda juga akan menemukan gestur serupa menu kamera smartphone high-end Samsung pada Galaxy M10 ini. Salah satunya adalah mengusap dari arah bawah ke atas atau sebaliknya pada layar menu kamera, untuk berganti dari kamera belakang ke kamera depan atau sebaliknya.

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End

    Tersedia juga dapat menemukan tuas yang memungkinkan Anda untuk mengganti luas cakupan lensa kamera, dari sudut pandang standar menjadi lebih dekat atau zoom-in di bagian atas tombol shutter. Sementara itu, kamera depan ponsel ini juga mendukung fitur shutter via gestur.

    Anda dapat menampilkan telapak tangan pada ruang yang tercakup oleh kamera, sehingga kamera ponsel akan menghitung mundur dari tiga hingga satu, sebelum tombol shutter terpicu dan memotret diri Anda.

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End

    Sementara itu, kamera pada ponsel ini juga didukung oleh sejumlah mode yang umum ditemukan pada smartphone Samsung yaitu mode Beauty, Stickers, Continues Shot, Panorama, Pro, serta Live Focus untuk memotret foto dengan efek buram di belakang titik yang dipilih sebagai fokus.

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End

    Untuk hasil foto, Samsung Galaxy M10 mampu menghasilkan foto dengan kualitas tergolong baik pada kondisi pencahayaan cukup, meski hasil berbeda didapati pada kualitas hasil foto pada kondisi pencahayaan redup.

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End

    Pada kondisi pencahayaan cukup, hasil foto cukup mampu menampilkan kontras dan kecerahan warna serta detail yang baik. Sementara itu pada mode kamera bersudut pandang luas, kami menemukan distorsi yang sedikit mengganggu tampilan foto ini.

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End
     

    Performa dan Baterai

    Didukung Exynos 7870 1,59GHz, performa yang disuguhkan Samsung Galaxy M10 tergolong baik jika digunakan untuk sekadar mengakses beberapa aplikasi. Namun, tidak kami sarankan untuk tidak mengakses dalam jumlah banyak tanpa menutup aplikasi melalui tombol Recent Apps, untuk menghindari gangguan lag.

    Namun, hal sedikit berbeda kami dapati saat menggunakan ponsel ini untuk memainkan game PUBG. Saat pertama kali mengakses game, pengaturan grafis yang diatur oleh game untuk perangkat ini yaitu pada tingkat Low.

    Tidak secepat harapan, pada tingkat grafis ini performa masih tergolong baik, meski lag semakin terasa saat kami mengganti pengaturan grafis menjadi Medium. Sementara itu pada aplikasi benchmark, nilai hasil pengujian Galaxy M10 ini tergolong cukup baik.

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End

    Pada pengujian 3DMark Sling Shot, ponsel cerdas ini memperoleh nilai sebesar 333, sedangkan pada aplikasi benchmark PCMark Work 2.0, Galaxy M10 memperoleh nilai sebesar 4.140.

    Menyoal baterai, Samsung memang mengunggulkan daya tahan baterai pada perangkat seri M karyanya, tidak terkecuali pada Galaxy M10. Berbekal baterai berkapasitas 3.400 mAh, Samsung Galaxy M10 mampu bertahan selama 15 jam 3 menit pada aplikasi benchmark.

    Samsung Galaxy M10, Terjangkau dengan Sentuhan High-End

    Sedangkan pada penggunaan harian standar, ponsel cerdas ini mampu bertahan selama sekitar 16 jam pada penggunaan standar, dan sekitar 14 jam jika digunakan untuk menikmati konten video via aplikasi YouTube dengan frekuensi cukup sering.

    Kesimpulan
    Hadir dengan harga terjangkau, Samsung Galaxy M10 cukup mampu menghadirkan keanggunan berkat desain yang diusungnya, dengan performa layar yang baik serta antarmuka pengguna menyerupai perangkat high-end karya Samsung.

    Namun, performa yang disuguhkan perangkat ini hanya cukup baik untuk aktivitas harian tanpa melibatkan kebutuhan akan grafis yang tinggi. Selain itu, perangkat ini tergolong tidak mengikuti tren yang berkembang saat ini selain desain layar berponi, yaitu tanpa dukungan port USB-C, sensor pemindai sidik jari ataupun NFC.

     
      Samsung Galaxy M10
    Prosesor  Exynos 7870 
    RAM 3GB / 2GB
    OS Android 8.1 Oreo
    GPU Mali-T830 MP1
    Memori 32GB / 16GB
    Kamera 13MP + 5MP, Depan 5MP
    Baterai 3.400 mAh
    Layar 6,2 inci 720 x 1520 piksel
    Harga Rp1.699.000
     
     
    8
    Samsung Galaxy S7
    Plus
    • Bodi terkesan kokoh
    • Baterai tahan lama
    • Harga Terjangkau
    Minus
    • Bahan bodi plastik
    • Performa kurang menyenangkan untuk game berat
    • Tanpa USB-C




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id