comscore

Review Asus ROG Strix G15, Desain Keren Spesifikasi Terkini

Cahyandaru Kuncorojati - 03 Agustus 2020 08:18 WIB
Review Asus ROG Strix G15, Desain Keren Spesifikasi Terkini
Asus ROG Strix G15 (G512).
Jakarta: Asus ROG kembali memperkenalkan jajaran produk terbaru yang kini sudah mengadopsi porosesor Intel Generasi ke-10. Satu di antara lima produk yang hadir ke Indonesia adalah Asus ROG Strix G15 (G512LV) tapi dengan desain yang masih sama.

Laptop ini merupakan penerus dari Asus ROG Strix G-Series dengan desain hasil kolaborasi Asus dan BMW yang sudah dihadirkan pada generasi sebelumnya di tahun lalu. Saat itu desain ini juga diadopsi di ROG Strix Scar dan Strix Hero.
Seri yang terakhir barusan sudah ditiadakan, kini tersisa seri ROG Strix Scar dan ROG Strix G. Seri Asus ROG Strix G ditaruh sebagai seri laptop gaming terjangkau. Satu hal yang membedakan di antara keduanya dari desain yaitu ROG Strix G tidak memiliki fitur ROG Keystone di sisi kanan.

Dulu Medcom.id pernah mengulas ASUS ROG Strix G G531D, keluara laptop ROG Strix G-Series dibanderol mulai dari harga Rp14.299.000. Apakah kini Asus ROG Strix G15 (G512LV) masih tetap menarik?
 

Desain

Sama seperti yang sudah dijelaskan di awal, desain Asus ROG Strix G15 (G512LV) masih tetap mengadopsi desain tahun lalu. Desainnya hasil kolaborasi ASUS bersama BMW Designworks Group.

Bagian engselnya layar ini menjadi keunikannya. Engselnya akan masuk ke dalam bagian dalam laptop saat layar ditutup. Desain ini pernah dijelaskan terinspirasi dari bagian pintu sebuah mobil sport.

Review Asus ROG Strix G15, Desain Keren Spesifikasi Terkini

Bagian bodi belakangnya mengusung desain cut-out asimetris yang berfungsi untuk bagian sistem pendingin dan aliran udara. Sama seperti seri ASUS ROG lainnya, masih ada fitur Anti-Dust Cooling di sistem pendingin. Bodi bagian belakangnya menjadi ruang untuk I/O Port.

Di Asus ROG Strix G15 (G512LV) tidak ada I/O Port yang menempel di sisi bodi sebelah kanan. Tujuannya sudah jelas, supaya tidak mengganggu penggunaan aksesori mouse di sebelah kanan. Makanya I/O Port ada di sisi kiri dan bagian belakang.

Sayangnya, bagian atas dari bodi belakang laptop ini tidak disertai logo indikator dari I/O Port. Jadi pengguna harus meraba atau memutar dulu laptop ini untuk memasang kabel dengan tepat.

Tampilan bagian dalam alias keyboard di Asus ROG Strix G15 (G512LV) juga masih sama seperti seri terdahulu. Misalnya, keycap WASD yang punya warna transparan. Efek menyala backlit RGB bisa dikustomisasi.

Review Asus ROG Strix G15, Desain Keren Spesifikasi Terkini

Di area bagian atas keyboard tersedia beberapa hotkey untuk akses pintak ke pengaturan volume, mute mikrofon, dan mode performa serta software Armoury Crate.

Bagian bawah laptop ini juga masih memiliki LED RGB yang memanjang dari bodi sisi kiri ke kanan. Desain ini membuat Asus ROG Strix G15 (G512LV) sangat pas bagi gamer pecinta suasana RGB. Kini beralih ke layarnya.

Sesuai namanya, laptop ini mengusung ukuran layar 15,6 inci resolusi Full HD. Ada dua varian refresh rate 240Hz dan 144Hz, Medcom.id menjajal varian kedua. Bezel yang tipis membuat layar terasa sangat lega, tapi Asus tidak membekali webcam pada bingkai layar laptop.

Review Asus ROG Strix G15, Desain Keren Spesifikasi Terkini

Sekilas bodinya memang terlihat tebal tapi Asus ROG Strix G15 (G512LV) sebetulnya sangat ramping. Ketebalannya hanya sekitar 2,30 kilogram.
 

Fitur

Menyoal fitur, Asus ROG Strix G15 (G512LV) masih tetap hadir dengan Armoury Crate. Di sini tersedia dashboard kustomisais performa dan fitur gaming lainnya. Misalnya Game Visual untuk opsi preset jenis kualitas gambar menurut konten yang sedang diputar.

Asus GameFirst VI, fitur untuk mengoptimalkan kemam[uan konektivitas internet atau WiFi dari laptop sehingga bisa menekan delay saat bermain game dengan membuat kecepatan internet yang terhubung lebih kencang.

Sonic Studio III sebuah fitur kustomisasi kualitas audio atau equalizer yang juga menyediakan preset untuk jenis konten yang diputar. Semua fitur tadi merupakan bawaan di semua laptop Asus ROG saat ini.

Kami sudah menyebutkan bahwa Asus ROG Strix G15 (G512LV) tidak memiliki ROG Keystone, sebuah shadow drive yang bisa diakses menggunakan benda mirip USB dengan koneksi NFC. Fitur ini hanya dijumpai di seri ROG Strix Scar yang desainnya kembar identik.

Review Asus ROG Strix G15, Desain Keren Spesifikasi Terkini

Menyoal I/O Port, laptop ini hadir dengan satu USB3.2 Gen2 Type-C yang berfungsi sekaligus DisplayPort, tiga port USB3,2 Gen1 Type-A, port HDMI yang mendukung resolusi 4K HDR dan audio combojack. Tidak ketinggalan port LAN RJ-45.
 

Bagaimana Performanya?

Asus ROG Strix G15 hadir dalam beberapa varian spesifikasi yang dibedakan dari kode seri yang ada di akhir namanya. Perbedaannya terletak di refresh rate layar yang sudah disebutkan, jenis prosesor Intel Generasi ke-10, kartu grafisnya, dan kapasitas storage.

Medcom.id menjajal Asus ROG Strix G (G512LV) yang dipasang prosesor Intel Core i7-10750H dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 serta storage single M.2 NVMe PCIe SSD 512GB. Kapasitas RAM yang disediakan adalah 16GB, tapi di situs resmi Asus disebut bisa upgrade hingga 32GB.

Laptop gaming Asus ROG Strix G (G512LV) dengan spesifikasi yang disebutkan di atas hadir ke Indonesia dengan harga Rp26.999.000. Harga ini dipasang untuk spesifikasi tertinggi, yang lebih terjangkau dipasang harga Rp16.299.000. Kini kami akan menguji performanya dengan beberapa aplikasi.

Semua pengujian yang berlangsung dilakukan dengan mode performa Turbo dan kabel charger yang terhubung ke sumber listrik. Kondisi ini disesuaikan saat laptop digunakan untuk bermain game. Hasil performanya menunjukan Asus ROG Strix G (G512LV) sangat mumpuni.
 
PENGUJIAN PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R20 single Cinebench R20 multi
SKOR 4910 15885 262 3244

Pengujian daya tahan baterainya dilakukan dalam kondisi WiFi nonaktif untuk menghindari update Windows atau aplikasi lain, kecerahan layar 20 persen, moe performa dipasang ke opsi Silent. Baterai juga kami pasang di mode Battery Saver.

Hasilnya Asus ROG Strix G (G512LV) bisa bertahan hingga lima jam 51 menit. Daya tahan ini mungkin akan berbeda saat digunakan sehari-hari tapi di sini bisa terlihat seberapa hemat baterai laptop ini untuk kebutuhan non-gaming.

Selanjutnya masuk ke pengujian bermain game. Kami mencoba mendapatkan frame rate rat-rata (average) di mode performa Turbo dan kualitas grafis game tertinggi di resolusi 1920x1080. Misalnya, Assassin's Creed Odyssey di Ultra High, World War Z di Ultra dan juga Gears 5.

Review Asus ROG Strix G15, Desain Keren Spesifikasi Terkini

Hasilnya bisa dilihat bahwa kualitas grafis game Assassin's Creed Odyssey jadi yang terberat. Di game ini Asus ROG Strix G (G512LV) bisa menyajikan rame rate rata-rata 50fps. Meskipun tidak melebihi 60fps tapi minimal frame rate 30fps sudah sangat aman dan tidak mengecewakan.

Kesimpulan
Menurut Medcom.id laptop gaming Asus ROG Strix G (G512LV) tetap sangat menarik. Meksipun punya desain tampilan yang sama seperti tahun lalu tapi performanya jelas menyajikan peningkatan yang berarti.

Paket spesifikasi yang beragam tetap memberikan kombinasi performa memuaskan dari Asus ROG Strix G (G512LV). Bagi gamer yang sangat menyukai efek RGB menurut Medcom.id laptop gaming ini punya tampilan paling mengundang perhatian tapi tidak norak.
 
SPESIFIKASI ASUS ROG Strix G15 (G512)
Prosesor Intel Core i7-10750H
RAM 16GB 3200MHz DDR4
Memori Internal 512GB M.2 NVMe PCIe 3.0 x4 SSD
Layar 15,6 inci IPS FHD (1920x1080) 144Hz, G-SYNC
GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 with ROG Boost
Bobot 2,39kg
Dimensi 36 x 27,5 x 2,58cm
Harga Rp26.999.000
 
9
Asus ROG Strix G15 (G512LV)
Plus
  • LED RGB yang ramai
  • Bodi tipis dan ringan
  • Spesifikasi tinggi
  • Performa memuaskan
Minus
  • Desain masih sama seperti tahun lalu
  • Tidak ada webcam


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id