Review Smartphone

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    Cahyandaru Kuncorojati - 17 September 2020 14:21 WIB
    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC
    realme 7.
    Jakarta: realme resmi mengumumkan kehadiran seri smartphone terbaru yaitu realme 7 yang mengusung slogan 64MP Power Master. Di sini sudah bisa diketahui bahwa smartphone ini menjagokan kamera dan performa dapur pacunya.

    Medcom.id berkesempatan lebih dulu untuk menjajal realme 7 jelang rilis, smartphone ini dipasarkan di rentang harga Rp3 juta. Begini pengalaman Medcom.id menggunakan realme 7.
     

    Desain

    Dibanderol pada rentang harga Rp3 juta yang jadi segmen smartphone kelas menengah tidak membuat desain tampilan realme 7 ikut murah. Bodi belakang smartphone ini punya desain yang menampilkan kesan kaca sekaligus material logam saat terkena pantulan cahaya.

    Medcom.id berkesempatan menjajal warna Mist Blue, varian lainnya adalah Mist White. Ada sebuah garis vertikal yang terkesan memisahkan dua area bodi belakangnya yang berhasil membuat tampilannya berbeda. Tidak ada pemindai sidik jari yang menggangu karena fitur ini dipindahkan ke samping di tombol Power.

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    Pemilihan desain fingerprint tersebut menurut kami sangat pas, selain ergonomis dan tidak mengganggu estetika di bodi belakang, dan biasanya performanya lebih cepat dibandingkan fingerprint-in-display.

    Ada empat kamera belakang yang disusun dalam frame vertikal. Desainnya kali ini lebih menarik tidak seperti seri sebelumnya yang terdapat frame bulat warna kuning pada satu lensanya.

    Layar realme 7 mengusung ukuran 6,5 inci resolusi FHD+ yang menurut kami sudah lega. Hal yang membuat menarik adalah layar realme 7 sudah mengusung refresh rate 90Hz yang sangat memadai untuk mendukung game saat ini. Misalnya, PUBG Mobile di update sudah memiliki refresh rate bawaan 90Hz.

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    Layarnya tidak hadir dengan poni tapi memilki lubang kamera depan dan sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Beralih ke sisi bodinya, di bagian bawah terlihat realme 7 masih memiliki audiojack dan menggunakan port USB-C.
     

    Antarmuka dan Fitur

    realme 7 hadir dengan sistem operasi Android 10 yang disajikan dalam versi realme UI. Jadi tampilannya masih sama dengan smartphone realme lain yang juga menjagokan realme UI, tidak ada yang menarik atau baru.

    realme 7 memiliki aplikasi pendukung performa gaming bernama Game Space yang bisa dijumpai di seri realme lain. Meskipun sangat mendukung dengan kemampuan refresh rate layar yang disajikan dan spesifikasinya tapi kami tidak menemukan fitur baru di dalam Game Space.

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    Fitur lain yang juga tidak boleh ketinggalan disebutkan selain fingerprint adalah adanya NFC multifungsi. Ya, di smartphone rentang harga Rp3 juta ini sudah menyediakan NFC yang selama ini hanya tersedia di rentang harga di atas Rp4 juta.

    Di bagian dalamnya, realme 7 membawa model slot Dual SIM yang terpisah dari MicroSD jadi pengguna bisa mendapatkan kapasitas memori lebih besar.

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    Ponsel pintar juga membawa banyak data dan informasi penting untuk semua orang. Dengan kemajuan pesat teknologi di industri, maka sangat penting untuk sebuah smartphone tahan lama dan dapat diandalkan.

    Bagaimana cara mengukur keandalan sebuah smartphone? Adalah dengan Verifikasi Keandalan Smartphone dari TÜV Rheinland, sebuah penyedia layanan teknis internasional terkemuka.

    realme 7 ini telah berhasil lolos verifikasi 22 tes utama dan 38 tes kecil sehingga mendapat sertifikat Keandalan Smartphone dari TÜV Rheinland yang juga disertakan dalam kotak penjualannya.
     

    Kamera

    realme 7 memiliki empat kamera belakang (quad camera) yang memadukan kemampuan 64MP wide-angle camera dengan ssensor Sony IMX682, lensa 8MP ultra wide-angle, 2MP B/W portrait, dan 2MP lensa makro. Tidak hanya memiliki fitur mode Nightscape, tapi realme 7 menawarkan mode terbaru bernama Starry Mode.

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    Starry Mode menyajikan kemampuan algoritma AI dengan mode ultra-long exposure serta multi frame synthesis untuk bisa menangkap foto kecerahan bintang dengan kualitas tajam tanpa efek ghosting.

    Sayangnya, kondisi beberapa hari belakangan yang kerap hujan di malah hari membuat Medcom.id kesulitan menangkap hasil sempurna dengan Starry Mode sambil mengumpulkan foto dengan efek Nightscape.

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    Selain Starry Mode mode malam realme juga mendapat penambahan. Dalam Mode Nightscape, sudut kiri atas terdapat Night Filter terbaru: Cyberpunk, Flamingo dan Modern Gold. Ketiga filter ini memberikan efek dramatis ketika memotret cahaya lampu kota malam hari.

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    Hasil foto dari kamera belakang realme 7 sudah termasuk memuaskan di kondisi pencahayaan yang cukup baik di luar maupun di dalam ruangan. Di kamera depan disajikan kemampuan 16MP yang bisa diandalkan. Di sini masih ada kemampuan Bokeh yang didukung oleh kecerdasan buatan atau AI.

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFCReview realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    Di kemampuan merekam video, realme 7 punya fitur UIS dan UIS Max Video Stabilization yang meminimalisir terjadinya guncangan. Video yang dihasilkan bisa menyajikan resolusi 4K 30fps dan 120fps di mode slo-mo.
     

    Performa

    realme 7 menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset gaming terbaru MediaTek Helio G95. Dapur pacunya didukung RAM 8GB dan memori internal 128GB yang melengkapi paket bermain game mumpuni di smartphone ini.

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    realme 7 mengantongi skor pengujian yang cukup tinggi untuk PCMark dan 3DMark. Baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh bisa bertahan hingga 13 jam 28 menit menurut pengujian PCMark Battery for Android. Hal ini mungkin akan berbeda tergantung masing-masing gaya pemakaian sehari-hari.

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    Meskipun begitu, kapasitas baterai yang besar ini bisa terisi dengan cepat berkat fitur 30W Dart Charge. Baterainya bisa terisi penuh dalam waktu kira kira satu jam lebih sedikit. Bagaimana dengan pengalaman bermain game PUBG Mobile?

    Review realme 7, Paket Gaming Lengkap NFC

    realme 7 bisa diajak bermain game PUBG Mobile di kualitas grafis HD dengan frame rate High tanpa kendala ataupun lag alias tersendat. Suhu perangkat dalam durasi permainan selama 30 menit nonstop dikonfigurasi tersebut hanya terasa sedikit panas tapi masih bisa ditoleransi.

    Kesimpulan
    realme 7 jadi salah satu smartphone yang sangat menarik di rentang harga Rp3 juta karena sudah menawarkan pengalaman gaming yang mumpuni mengikuti game terkini, misalnya PUBG Mobile dengan refresh rate bawaan 90Hz.

    Di sisi kapasitas baterainya juga realme 7 menyediakan modal kapasitas besar dan daya tahan panjang untuk bermain game serta kebutuhan lain selama sehari penuh ditambah dengan pengisian daya cepat 30W Dart Charge. Kemampuan kameranya juga sangat bisa diandalkan berkat sensor Sony IMX682.
     
    Spesifikasi  realme 7
    Prosesor MediaTek Helio G95
    GPU ARM Mali-G76
    OS Android 10/realme Ui
    RAM  8GB
    Memori Internal 128GB
    Kamera Belakang 64MP+8MP+2MP+2MP
    Depan 16MP
    Baterai 5.000 mAh + Dart Charge 30W
    Layar  6,5 inci FHD+ 90Hz
    Harga Rp3.899.000
     
     
    9
    realme 7
    Plus
    • Spesifikasi memuaskan
    • Baterai besar dengan pengisian cepat berdaya besar
    • Layar refresh rate 90Hz
    • Ada NFC
    Minus
    • realme UI dan Game Space tidak ada fitur baru
    • Notifikasi App Market

     

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id