ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    Cahyandaru Kuncorojati - 28 Desember 2018 07:38 WIB
    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah
    ASUS ZenFone Max Pro M2. (Medcom.id/Cahyandaru Kuncorojati)
    Jakarta: Beberapa minggu lalu ASUS resmi merilis ASUS ZenFone Max Pro M2. Pada generasi keduanya, orang pasti mengharapkan peningkatan dari seri sebelumnya.

    Medcom.id yang sempat melakukan unboxing terlebih dahulu di artikel sebelumnya juga memberikan penilaian positif terhadap boks kemasan dari ASUS ZenFone Max Pro M2 yang kini tampil lebih mewah dari seri pertamanya dengan balutan warna hitam.

    ASUS ZenFone Max Pro M2 yang akan diuji oleh Medcom.id jenis kapasitas RAM 4GB dan memori internal 64GB dibanderol Rp3,2 juta. Ada dua versi lain yang tersedia di pasar, varian RAM dan memori internal 3/32GB harga Rp2,8 juta dan varian 6/64GB Rp3,7 juta.

     

    Desain


    Berbeda dari generasi pertama yang jelas didominasi tampilan material plastik, ASUS ZenFone Max Pro M2 kini hadir dengan layar berponi dan tampilan bodi belakang yang lebih mewah serupa ASUS ZenFone 5Z.

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    Jadi bodi belakang hadir dengan permukaan glossy yang memantulkan cahaya dengan tetap menyediakan peminjadi sidik jari. ASUS mengklaim penggunanya tidak perlu cemas karena sudah permukaanya sudah dilapisi Gorilla Glass 6.

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    ASUS ingin smartphone ini juga mengusung desain kekinian. Mereka mencoba memikat konsumen yang selama ini tidak hanya ingin smartphone berkapasitas RAM besar, tapi juga tampilan yang bisa dibanggakan.

    ASUS ZenFone Max Pro M2 memiliki layar ukuran 6,3 inci resolusi FullHD+ dengan bezel yang terbilang tipis. Navigasinya di tidak tersedia dalam tombol fisik.

    Ukuran layarnya terasa sangat lega, sehingga menurut Medcom.id memang sangat pas dan nyaman untuk kebutuhan gaming. Layarnya juga cukup responsif.

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    Di sisi kanan terdapat tombol power dan volume, sementara di sisi kiri ada slot kartu SIM dan microSD. Pada sisi bagian bawa terdapat lubang aduio jack 3,5mm dan grill speaker serta Micro USB.

    Meskipun masih menggunakan port Micro USB, ASUS ZenFone Max Pro M2 mendukung pengisian cepat dari adapter untuk baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh.

     

    Antarmuka dan Software


    Perlu diketahui bahwa ASUS ZenFone Max Pro M2 hadir dengan antarmuka bawaan Android murni. Artinya, tidak banyak aplikasi bawaan dari pihak ketiga yang langsung terpasang di dalamnya, termasuk aplikasi dari ASUS.

    Sayangnya, penggunaan antarmuka ini tampaknya turut menghilangkan fitur ASUS Game Genie yang dulu hadir di generasi pertama ASUS ZenFone Max Pro.

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    Padahal, fitur tersebut memiliki fitur mendongkrak performa saat gaming, merekam fungsi macro, bahkan merekam permainan dalam bentuk video dan langsung terhubung ke media sosial untuk live streaming.

    Aplikasi manajemen daya tahan baterai dari ASUS juga absen di sini. Sebetulnya, penggunaan antarmuka Android murni juga menghilangkan sentuhan teknologi dari ASUS.

    Hal yang mungkin agak kurang dari antarmuka ASUS ZenFone Max Pro M2 menurut Medcom.id adalah antarmuka saat menggunakan kamera yang terasa sangat sederhana dan kaku seperti tidak tersentuh oleh ASUS.

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

     

    Kamera

    Meskipun ASUS ZenFone Max Pro M2 kembali dijual sebagai smartphone gaming dengan dukungan baterai besar, ASUS tetap tidak melupakan aspek kamera smartphone ini. Sama seperti kesan yang didapatkan pada tiga varian ASUS ZenFone Max Pro M1.

    Kualitas yang ditawarkan oleh kamera belakang ASUS ZenFone Max Pro M2 masih terbilang bagus di kelas harganya. Kamera belakangnya hadir ganda, beresolusi 12MP dengan sensor Sony IMX486.

    Harus diakui, kualitas fotonya tidak bisa dibilang jelek, terlepas smartphone ini menjagokan performa dan baterainya. Kamera keduanya tadi beresolusi 5MP.

    Kemampuannya untuk menyajikan hasil foto cukup artistik di dalam ruangan dengan pencahayaan yang cukup.

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    Namun, saat pengambilan dalam kondisi minim cahaya, foto memperlihatkan noise yang mengurangi tingkat ketajamannya. Kondisi yang sama juga ditemukan pada kamera depan ASUS ZenFone Max Pro M2.

    Kamera depannya dibekali resolusi 13MP, mampu menghasilkan foto memuaskan baik outdoor maupun indoor dengan pencahayaan yang secukupnya. Akan kembali muncul noise dan tingkat ketajaman berkurang saat kondisi minim cahaya.

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    Medcom.id cukup puas dengan kamera dari smartphone ini. Melengkapi paket tampilan yang lebih mewah dari smartphone yang mengunggulkan bekal untuk gaming dan kapasitas baterai besar.

    Tidak ketinggalan untuk kebutuhan perekaman video, ASUS ZenFone Max Pro M2 mendukung resolusi 4K UHD, dengan kamera belakangnya dan sudah didukung Electronic Image Stabilization 3-axis.

     

    Performa dan Baterai


    ASUS ZenFone Max Pro M2 dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 660 AI Engine dengan GPU Adreno 512. Medcom.id sendiri menguji smartphone ini dengan versi kapasitas RAM 4GB dan memori internal 64GB warna Midnight Blue.

    Kapasitas memorinya bisa ditambah dengan microSd hingga 2TB berkat slot kartu Dual SIM dan memori yang terpisah. Dalam pengujian performa dengan membandingkan smartphone lain yang mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 660, ASUS ZenFone Max Pro M2 rasanya sangat pantas untuk dimiliki.

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    Medcom.id kemudian menjajalnya untuk memainkan game PUBG Mobile. Di awal game, ASUS ZenFone Max Prom M2 langsung diberikan pengaturan kualitas grafis otomatis dari game di tingkat High.

    Mengecek ke bagian pengaturan, game tersebut bisa berjalan dengan kualitas grafis maksimal di kualitas HD dan framerate di tingkat High. Medcom.id kemudian mengaktifkan anti-aliasing di dalam game, dan menonaktifkan auto-adjust FPS untuk menilai seberapa lancar ASUS ZenFone Max Pro M2 memainkannya.

    ASUS ZenFone Max Pro M2 terbukti mampu memainkannya dengan lancar dengan konfigurasi tersebut dan tingkat kecerahan layar 50 persen. Suhunya terpantau sempat menyentuh 40 derajat celcius yang terasa hangat di genggaman tangan.

    Kabar baiknya berdasarkan catatanm konsumsi baterai untuk setiap durasi 10 menit selama PUBG Mobile dimainkan hanya berkurang tiga persen. Artinya konsumsi baterainya sangat hemat.

    Hal yang mungkin sedikit membingungkan Medcom.id adalah kapasitas baterainya yang sebesar 5.000 mAh dalam pengujian menggunakan simulasi di aplikasi PCMark 2.0 Battery, hanya mencatat daya tahan dari 100 persen hingga 9 persen sekitar 12 jam 23 menit, dengan tingkat kecerahan layar di atas 50 persen.

    ASUS ZenFone Max Pro M2, Baterai Besar dan Makin Mewah

    Berbeda dari ASUS ZenFone Max Pro M1 yang pernah kami ulas yang mampu bertahan hingga 16 jam. ASUS tampaknya masih bisa meningkatkan efisiensi baterainya. Optimalisasi bisa dilakukan dengan pembaruan lewat OTA.


    Kesimpulan
    ASUS ZenFone Max Pro M2 tampil semakin sempurna dibandingkan generasi pertamanya. Tidak hanya membawa sebuah prosesor baru saja, ini semakin menarik perhatian dan sudah hadir dengan desain kekinian.

    Kemampuan kameranya juga memuaskan Sangat disayangkan, antarmuka seperti kurang sentuhan. Antarmuka Android murni versi 8.1 Oreo yang di satu sisi hadir tanpa bloatware. Ringan, tapi juga menghilangkan beberapa fitur khas ASUS.

    Performanya juga masih sangat bagus dan pantas apabila disegani kompetitornya. Daya tahan baterainya memang tidak lebih lama dari ASUS ZenFone Max Pro M1, tapi selama masih bertahan hingga 12 jam, daya tahannya sudah patut diacungi dua jempol.
     
    Spesifikasi  ASUS ZenFone Max Pro M2
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 660
    GPU Adreno 512
    OS Android 8.1 Oreo
    RAM  4GB
    Memori Internal 64GB up to 2TB microSD
    Kamera Belakang 12MP+5MP, Depan 13MP
    Baterai 5.000 mAh
    Layar  6,3 inci IPS FHD+
    Harga Rp3.199.000
     
     
    8.8
    ASUS ZenFone Max Pro M2
    Plus
    • Bodi belakang kini terlihat mewah
    • Layar lega dengan hiasan poni
    • Antarmuka Android murni yang ringan
    • Kemampuan kamera memuaskan
    • Performa pas buat gaming mainstream
    • Daya tahan baterai masih awet
    Minus
    • Game Genie tidak ada
    • Antarmuka kamera yang kurang enak dilihat
    • Daya tahan baterai masih di bawah ASUS ZenFone Max Pro M1




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id