QNAP TBS -453DX, NAS Teramping dan Desain Menawan

    Cahyandaru Kuncorojati - 02 April 2019 07:53 WIB
    QNAP TBS -453DX, NAS Teramping dan Desain Menawan
    QNAP TBS-453DX.
    Jakarta: Produsen perangkat network attached storage (NAS) yaitu QNAP terus melakukan edukasi pasar. Merek ini konsisten ingin menjangkau segmen konsumen non korporasi atau enterprise.

    Caranya adalah mengedukasikan NAS sebagai media penyimpanan beragam jenis data yang bisa digunakan di rumah. Sebagai solusi penyimpanan data dari gadget dengan terhubung internet.

    Medcom.id baru saja mendapat kesempatan menjajal produk terbaru QNAP yang paling menarik perhatian selama ini. QNAP TBS-453DX hadir dengan sebutan NASbook. Alasannya, desainnya sangat ringkas, ringan, masih menarik, tapi memiliki performa dan fitur sebaik NAS di pasar.

    QNAP TBS-453DX memiliki dimensi ukuran 30 x 230 x 165mm dengan bobot 1,7kg. Digenggam dengan satu tangan saja masih terasa ringan. Desainnya menarik karena QNAP menyembunyikan posisi lubang baut untuk mengakses komponen di dalamnya.

    QNAP TBS -453DX, NAS Teramping dan Desain Menawan

    Lubang baut yang disediakan juga tergolong tool-less, karena baut tersebut bisa dibuka dengan sekeping uang logam. Baut tersebut disembunyikan dibalik empat karet kaki penyangganya.

    Di komponen bagian dalamnya, ditemukan dukungan untuk slot RAM 8GB (2 x 4GB) jenis SO-DIMM DDR 4. Artinya tersedia dua slot kartu RAM. Sementara memori penyimpanan data utamanya menggunakan M.2 SATA 2280 6Gbps yang tersedia empat slot.

    QNAP menyediakan QNAP TBS-453DX dalam dua varian, dukungan RAM 8GB dan 4GB. Mengingat harga M.2 SSD SATA lebih mahal ketimbang HDD, maka untuk melakukan upgrade produk ini tentu akan memakan biaya yang lumayan.

    QNAP TBS -453DX, NAS Teramping dan Desain Menawan

    Di satu sisi, penggunaan M.2 SATA memberikan kecepatan yang jauh lebih kencang dan memungkinan QNAP TBS-453DX lebih ringan sehingga tergolong mendukung kebutuhan mobile dibandingkan NAS lainnya.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
    Motherboard  ASUS Z370-A Prime
    RAM  Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
    VGA  Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
    Pendingin  Noctua NH-U21S
    Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS PB287Q 4K, ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Dapur pacunya dibekali Intel Celerin J4105 1,5GHz serta dukungan GPU Intel HD Graphics 600. Menariknya, QNAP tampak serius menggarap NAS ini untuk bisa menunjang kebutuhan hiburan dari segmen konsumen non korporasi.

    QNAP memiliki audio output berupa dua buah built-in speaker termasuk audio jack 3,5mm. Selain itu tersedia juga satu port HDMI 2.0 yang mendukung resolusi 3840 x 2160 dengan refresh rate 60Hz.

    QNAP TBS -453DX, NAS Teramping dan Desain Menawan

    Jadi QNAP TBS-453DX bisa terhubung ke monitor atau televisi pintar. QNAP juga sudah menyediakan aplikasi pendamping di Google Play Store sehingga gadget yang terhubung lewat internet ke NAS ini bisa memutar konten audio maupun video di dalamnya.

    Meskipun begitu QNAP masih menyediakan fitur yang menunjang fungsi sebuah NAS. Tersedia enmpat buat port USB 2.0 dan tiga USB 3.0. Di bagian depat terdapat tombol power, volume, dan copy untuk dengan mudah menggandakan data dari USB port ke dalam NAS.

    QNAP TBS -453DX, NAS Teramping dan Desain Menawan

    Untuk konektivitas tersedia satu Gigabit Ethernet Port RJ45 dan satu 10 Gigabit Ethernet Port yang mampu menyediakan kecepatan koneksi lebih tinggi lagi hingga 10 Gigabit.

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id produk QNAP kali ini, QNAP TBS-453DX sangat menarik. Desainnya tidak seperti QNAP di pasar dan lebih pas untuk menyentuh segmen konsumen non-korporasi.

    Selain menyediakan performa yang lebih baik dari komponen di dalamnya. QNAP TBS-453DX juga mampu menyajikan kebutuhan untuk segmen hiburan lewat fitur-fiturmya.

    Sayangnya, desain yang compact dan performanya yang tergolong masih lebih baik dibandingkan NAS di pasar membuat harganya agak tinggi. Dari temuan Medcom.id di internet, QNAP TBS-453DX dijual di harga muali dari Rp13 juta untuk varian RAM 4GB.
     
     
     
    QNAP TBS-453DX
    Plus
    • Desain compact tampilan menarik
    • Mengandalkan M.2 SATA SSD
    • Memadukan fitur NAS fungsional dan segmen hiburan
    Minus
    • Keterbatasan slot upgrade

     



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id