comscore

Huawei MateBook 14s, Laptop Premium Sangat Menarik

Lufthi Anggraeni - 08 Januari 2022 13:32 WIB
Huawei MateBook 14s, Laptop Premium Sangat Menarik
Huawei MateBook 14s.
Jakarta: Nama Huawei di jagat perangkat komputasi mungkin masih tergolong baru. Perusahaan teknologi asal Tiongkok ini baru merambah ranah perangkat komputasi laptop dalam beberapa tahun terakhir.

Namun hal ini tidak menghalangi Huawei mengerahkan upaya terbaiknya dalam menghadirkan produk penawaran mumpuni untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen. Salah satunya dihadirkan dalam MateBook 14s.

 



Laptop terbaru Huawei ini digadang sebagai perangkat pengganggu di pasar laptop kelas premium. Kepercayaan diri Huawei ini didukung oleh bekal fitur dan spesifikasi pada MateBook 14s yang diklaim lengkap, performa baik, serta desain elegan.

Lantas bagaimana dengan performa dan pengalaman penggunaannya? Simak ulasan berikut.
 

Desain

Soal desain, Huawei MateBook 14s hadir dengan tampilan sederhana namun tetap menghadirkan kesan modern, serupa dengan laptop Huawei lain. Perangkat ini hadir dengan sasis bodi berbahan alumunium, dengan bobot ringan seberat 1,4Kg, memungkinkan laptop ini dibawa bepergian dengan mudah.

Tidak hanya tampak kokoh dan tidak mudah tergores, sasis bodi MateBook 14s juga hadir tekstur, lebih memperkokoh saat menggenggam perangkat ini. Sayangnya, sasis ini juga tidak luput dari noda sidik jari yang cukup kentara pada bagian atas perangkat.

Huawei MateBook 14s, Laptop Premium Sangat Menarik

Meskipun demikian, jika menemukan noda sidik jari pada permukaan bodi perangkat ini, Anda dapat dengan mudah membersihkannya dengan kain.

Mengusung desain tipis, Huawei tidak membekali banyak port pada laptop ini, sebab Anda hanya akan menemukan port USB standar di sisi kanan, serta dua port USB-C, salah satunya berfungsi sebagai port pengisian daya di sisi kiri.

Port USB-C ini juga didampingi oleh jack headphone standar, serta port HDMI yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop ke monitor eksternal. Sementara itu, mengetik di Huawei MateBook 14s terasa menyenangkan.

Huawei MateBook 14s, Laptop Premium Sangat Menarik

Hal ini berkat umpan balik taktil yang dihadirkan keyboard pendukung perangkat ini, sehingga jari tidak lekas lelah atau sakit saat harus mengetik dalam jangka lama dengan laptop ini.

Kenyamanan mengetik dengan keyboard MateBook 14s juga berkat dukungan ukuran tuts keyboard yang tergolong luas namun dengan jarak tidak terlalu jauh.

Di bagian bawah keyboard, Anda akan menemukan trackpad berukuran besar yang juga menyuguhkan kenyamanan saat digunakan, berkat responsivitas yang disuguhkannya. Permukaan trackpad ini tergolong licin, cukup mendukung gestur geser yang dibutuhkan saat menavigasikan trackpad.

Berbeda dari sejumlah laptop yang tersedia di pasar, Huawei tidak menyematkan tombol daya di bagian sisi bodi atau menjadi bagian dari keyboard, melainkan di bagian sudut kanan atas keyboard.

Huawei MateBook 14s, Laptop Premium Sangat Menarik

Penempatan tersebut membantu mengurangi insiden laptop masuk ke mode sleep akibat menekan tombol yang menjadi bagian dari keyboard secara tidak sengaja. Laptop ini hadir dengan layar berukuran 14,2 inci, beresolusi 2520 x 1680 piksel dan rasio layar 16:10.

Layar hadir dengan lapisan tidak mengkilat sehingga membantu mengurangi silau akibat pantulan sinar dari lingkungan sekitar. Layar ini dikelilingi oleh bezel berukuran tergolong tipis sehingga layar terasa lebih luas.

Layar ini cukup mampu menghadirkan konten dengan tampilan yang jernih, berwarna cerah dan tajam yang memanjakan mata.
 

Fitur

Huawei membekali MateBook 14s ini dengan sensor pemindai sidik jari yang tersemat di tombol daya, memungkinkan Anda membuka kunci layar secara cepat hanya dengan pemindaian sidik jari.

Di bagian atas bezel yang mengelilingi layar, Anda dapat menemukan kamera web terintegrasi, yang mampu merekam dan menghasilkan gambar baik saat digunakan untuk layanan konferensi video.

Huawei MateBook 14s, Laptop Premium Sangat Menarik

Pemilik smartphone Huawei juga dapat menggunakan touchpad sebagai Near Field Communication (NFC) terintegrasi, memungkinkan Anda menghubungkan perangkat hanya dengan menempatkan ponsel di atas touchpad, dan memberikan Anda akses cepat ke Huawei Share.

Tidak terbatas hanya dengan ponsel Huawei, Anda juga dapat menghubungkan laptop ini dengan tablet dan monitor, sehingga dapat mengirimkan file dan berbagi layar antar perangkat dengan lebih mudah.

Anda juga dapat menggunakan tablet Huawei sebagai layar tambahan untuk laptop MateBook 14s ini, sehingga dapat menjalankan sejumlah program dengan menggunakan perangkat periferal yang sama, untuk menarik file, folders dan jendela antar perangkat.

Huawei MateBook 14s, Laptop Premium Sangat Menarik

Seluruh perangkat yang terhubung ini dapat Anda kelola melalui fitur Huawei Device Manager yang tersedia di MateBook 14s. Sayangnya untuk saat ini, kemampuan terhubung tersebut baru dapat digunakan oleh perangkat bermerek Huawei.
 

Performa dan Baterai

Huawei MateBook 14s hadir dengan dukungan chipset prosesor Intel Core i5-11300H Gen 11, didampingi oleh RAM DDR4 16GB dan ruang penyimpanan SSD 1TB. Pada perangkat ini, kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi 3DMark dan PCMark.

Pada pengujian menggunakan 3DMark FireStrike, Huawei MateBook 14s memperoleh hasil skor yang mengindikasikan suguhan performa perangkat ini tergolong baik. Demikian juga pada perolehan hasil skor dari pengujian PCMark Modern Office.
 
Pengujian PCMark 10 Modern Office 3DMark Fire Strike Cinebench R23 multi/single 
Skor 4952 4025 6286/1407

Kami juga mencoba untuk menguji perangkat ini dengan menggunakan 3DMark Time Spy Score, yang menghasilkan nilai cukup baik, sebesar 1560. Menggunakan perangkat ini untuk kegiatan komputasi harian juga tergolong menyenangkan, sebab kami tidak mengalami gangguan lag selama menggunakannya.

Soal baterai, kami menguji baterai Huawei MateBook 14s menggunakan PCMark 10 Modern Office Battery, dan laptop ini mampu bertahan selama 6 jam 58 menit. Namun dalam penggunaan sehari-hari untuk menjelajahi internet dan mengetik, perangkat ini mampu bertahan selama sekitar 7,5 jam.

Menariknya, Huawei membekali MateBook 14s dengan kabel charger tidak biasa, dapat dilepaskan dari bagian adapter yang terhubung secara langsung ke soket listrik di dinding, dengan masing-masing ujung dari kabel ini merupakan USB-C.

Huawei MateBook 14s, Laptop Premium Sangat Menarik

Selain itu, baterai laptop Huawei ini juga didukung teknologi pengisian daya cepat sehingga mampu mengisi daya perangkat dari kondisi sekitar 10 persen hingga penuh dalam kurun waktu sekitar 35 menit, dengan menggunakan adapter charger berdaya 90W pada kemasan penjualan.

Kesimpulan
Perangkat ini sesuai untuk Anda yang mencari laptop ringan, berdesain elegan, dan berperforma baik, serta untuk Anda yang kerap tidak memiliki banyak waktu untuk berada di sekitar soket listrik untuk mengisi daya baterai, meski baterai laptop ini juga mampu bertahan cukup lama.

Sejumlah fitur menarik yang disuguhkan MateBook 14s ini hanya dapat Anda nikmati dengan perangkat Huawei lainnya. Laptop ini memang tidak ditujukan untuk konsumen beranggaran terbatas sebab ditawarkan dengan harga tergolong tinggi.
 
Spesifikasi  Huawei MateBook 14s
Prosesor  Intel Core i5-11300H 3,1GHz
RAM  LPDDR4 16GB
Memori Internal  SSD 1TB
Layar  14,2 inci 2520 x 1680 piksel
GPU  Intel Iris Xe
Bobot  1,44Kg
Dimensi 314 mm x 230 mm x 16.7 mm
Harga  Rp16.999.000
 
8.9
Huawei MateBook 14s
Plus
  • Desain elegan, bobot ringan
  • Layar sentuh IPS 90Hz
  • Performa baik
Minus
  • Fitur menarik hanya untuk perangkat Huawei lain


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id