comscore

Asus ExpertBook B3 Flip, Spesial untuk Profesional

Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 07 Juni 2022 20:01 WIB
Asus ExpertBook B3 Flip, Spesial untuk Profesional
Asus ExpertBook B3 Flip.
Jakarta: Asus ExpertBook, varian laptop ini mungkin jarang Anda temui di pasar konsumen umum. Ini karena Asus merancangnya sebagai lini yang menyasar konsumen korporasi atau B2B.

Mereka secara resmi meluncurkan seri anyar ExpertBook B3 Flip di Indonesia. Hadir dengan segudang fitur dan karakteristik yang cocok untuk kalangan profesional dan pendidikan, ia juga punya segudang inovasi yang membuatnya punya peran krusial dalam produktivitas. 
Jika melihat nama lengkapnya, laptop ini menggunakan SKU B3402 dan punya penyematan istilah Flip. Ini artinya ia menyediakan fungsi layar dilipat hingga 360 derajat dan mendukung touchscreen. Fungsinya menyediakan beberapa macam skenario penggunaan, tentunya tak lupa dengan dukungan pen. 
 

Desain

Asus ExpertBook B3 Flip mengusung layar 14 inci dengan bezel yang masih cukup besar di keempat sisi layar, dan porsi besar ada di sisi bawah. Layar ini tetap memberikan ruang untuk kamera pada sisi atasnya. Kamera ini juga punya penutup fisik untuk mendukung privasi.

Meski bezel terkesan besar, ia masih mampu menunjang penggunaan pada mode flip dengan sangat baik. 

Asus ExpertBook B3 Flip, Spesial untuk Profesional

Satu hal yang menarik menurut saya adalah tidak ada logo ExpertBook yang biasanya jelas tertera di sisi bawah layar atau wilayah keyboard. Logo ExpertBook bisa Anda lihat jelas pada wallpaper bawaan ketika laptop menyala. Putaran engsel hingga 360 derajat membuatnya tak perlu menyediakan fitur ErgoLift khas Asus..

Jika melihat lubang sirkulasi udara, Asus ExpertBook B3 Flip tergolong memadai. Selain di bawah bodi laptop, ventilasi juga tersedia di antara engsel dan bodinya.

Asus ExpertBook B3 Flip, Spesial untuk Profesional

Layar berukuran 14 inci masih tergolong proporsional dan mendukung mobilitas yang cukup tinggi. Penggunaan fungsi layar sentuh umumnya berimbas pada bobot layar, terlepas dari panel LED yang dipakai. 

Hal ini juga berlaku untuk Asus ExpertBook B3 Flip. Bobot bodi secara keseluruhan sekitar 1,6kg dan ketebalannya 1,95 cm. Jika membandingkannya dengan seri ZenBook dengan karakteristik yang sama, ia lebih berat dan tebal, tetapi masih dalam batas wajar untuk dipegang satu tangan.  

Asus ExpertBook B3 Flip, Spesial untuk Profesional

Desain keyboard Asus ExpertBook B3 Flip melanjutkan tradisi ExperBook, yaitu travel distance yang tepat sektiar 1,5 mm dan kemampuan tahan air. Di bawah keyboard terdapat touchpad yang juga menyediakan fungsi sebagai numpad, fitur khas Asus yang kini sudah masuk generasi ke-2. Satu hal yang unik adalah kehadiran kamera kedua pada wilayah keyboard.

Cara mengaktifkan NumberPad cukup dengan menempelkan jari pada logo numpad di pojok kiri atas touchpad, lalu indikator LED langsung muncul.

Tombol power tersedia pada bagian keyboard dan letaknya agak jauh, dan punya gaya tekan lebih keras. Tombol tersebut juga berguna sebagai alat pemindai sidik jari, ditambah bentuknya yang lebih kecil.

Asus ExpertBook B3 Flip, Spesial untuk Profesional

Beralih ke antarmuka fisik, Asus ExpertBook B3 Flip punya cukup banyak port. Ada dua port USB-C merangkap sebagai Thunderbolt 4 dan pengisian daya, dan satu port HDMI pada pinggir kiri. Pada sisi ini juga ada tempat penyimpanan pena.

Sedangkan pada pinggir berlawanan terpasang satu port USB 3.2, slot micro SD dan SIM hybrid, indikator status laptop, tombol volume, dan audio jack 3,5mm. Benar saja, laptop ini menjadi telah mendukung kartu SIM mandiri untuk koneksi seluler. 

Fitur

Dari aspek software, Asus ExpertBook B3 Flip menawarkan aplikasi MyAsus. Fitur utama yang ditawarkan adalah sinkronisasi secara cepat antara laptop dan smartphone, dan menghadirkan fungsi yang dapat meningkatkan produktivitas.

Contohnya adalah transfer video dan foto, menjadikan smartphone sebagai layar tambahan, menjawab panggilan telepon di smartphone via laptop, hingga terhubung dengan layanan purna jual. 

Dukungan mikrofon yang memadai sekarang menjadi salah satu hal penting. Asus menggunakan fitur AI noise cancelling, yang diklaim bisa menyaring suara yang masuk saat pengguna memakai mikrofon bawaan ketika menggelar telekonferensi.

Asus ExpertBook B3 Flip, Spesial untuk Profesional

Kehadiran dua kamera pada dasarnya merupakan karakteristik yang unik. Kamera pertama biasanya dipakai saat mengakses aplikasi telekonferensi, dan untuk kamera kedua berperan sebagai kamera belakang saat laptop dipakai dalam mode tablet. Anda bisa mengibaratkan seperti kamera belakang smartphone ketika dipakai untuk mengambil foto atau video.

Fitur yang paling menonjol menurut kami adalah dukungan kartu SIM, sehingga pengguna bisa terhubung dengan internet langsung tanpa harus mencari koneksi WiFi di tempat publik atau tethering smartphone.

Untuk dukungan jaringan, kami memastikan Asus ExpertBook B3 Flip mendukung konektivitas dari Telkomsel, Smartfren, dan XL Axiata. Kartu SIM dari Indosat Ooredoo tak bisa terhubung, dan mungkin bisa diperbaiki ke depannya. 

Asus ExpertBook B3 Flip, Spesial untuk Profesional

Kemudian ada pena bawaan yang bisa dipakai untuk bekerja saat laptop dipakai pada mode tablet. Penggunaannya cukup simpel dan bisa langsung dipakai saat pena mendekati layar. Untuk pengisian daya juga tak perlu repot karena saat tersimpan di tempatnya, ia otomatis akan mengisi baterai.

Sebagian orang mungkin akan mempertanyakan bagaimana cara mengaktifkan paket internet ketika kartu SIM terpasang di laptop. Berhubung aplikasi dari operator telekomunikasi belum bisa diakses via Windows, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi mobile mereka, yang kini telah mendukung penyimpanan pengaturan untuk lebih dari satu nomor. Sehingga pengisian paket atau pulsa bisa dilakukan secara mudah ke beberapa nomor sekaligus.

Fitur terakhir yang hadir secara fisik adalah uji ketahanan standar militer MIL-STD 810H yang memastikan ia bisa dipakai oleh pekerja lapangan, seperti daya engsel hingga 30 ribu kali buka tutup, daya tahan terhadap tekanan hingga 25 kg, dan tahan saat terjatuh dari ketinggian hingga 120 cm.

Port yang terpasang juga telah lapis baja, sehingga punya daya pakai lebih lama. Keyboard juga telah menggunakan rangka tambahan agar lebih kuat, tak lupa dengan kemampuan tahan cipratan air.
 

Performa

Asus ExpertBook B3 Flip B3402 menyematkan resolusi layar Full HD 1920 x 1080, dan prosesor generasi ke-11 Intel Core i7-1165G7. Berduet dengan GPU terintegrasi Intel Iris Xe, prosesor ini memastikan performa yang ditawarkan dalam mendukung produktivitas penggunanya sehari-hari lebih dari cukup.

Tak lupa dengan dukungan RAM 16GB dan penyimpanan SSD M.2 NVMe 1TB. Memori yang besar ini memastikan keseimbangan terhadap performa prosesor. Anda juga tak perlu khawatir dengan performa kecepatan jaringan karena ia telah mendukung teknologi WiFi 6.

Untuk lebih jelas mengenai performanya, kami telah mengujinya dengan beberapa aplikasi standar benchmark, yang hasilnya secara angka bisa dilihat di bawah ini.
 
PENGUJIAN: PCMark 10
Modern Office
3DMark
Night Raid
Cinebench R23
multi/single
SKOR: 3527 8932 2453/345

Mengenai daya tahan baterai, Asus ExpertBook B3 Flip bisa bertahan hingga 7 jam pada pengujian lewat PCMark 10 Battery. Penggunaan dengan mode yang hanya dipakai untuk menjalankan aplikasi Microsoft Office atau Google Suite memungkinkan daya baterainya bisa bertahan mencapai 11 jam.

Berdasarkan pengalaman penggunaan, Asus ExpertBook B3 Flip B3402 tidak menghasilkan panas yang mengganggu ketika prosesor bekerja secara penuh. Baik itu saat bekerja atau mengakses aplikasi yang memerlukan sumber daya laptop cukup besar. 


Kesimpulan
Di Indonesia, harga Asus ExpertBook B3 Flip adalah mulai dari Rp15 juta. Dukungan fitur Flip dan fitur-fitur kelas profesional bisnis membuatnya termasuk ke dalam salah satu laptop dengan fitur yang lengkap. Dukungan kartu SIM membuatnya cocok untuk mereka yang bekerja memerlukan koneksi internet secara konsisten di wilayah yang mungkin tidak memiliki ruang kerja memadai.

Selama penggunaan, kami menemukan laptop ini sangat mendukung produktivitas untuk kerja mobile, baik untuk telekonferensi maupun menyampaikan presentasi dengan mode flip. Spesifikasi yang dipasang membuat pengguna tak perlu khawatir terhadap respons laptop saat mengganti mode pemakaian berkali-kali.

Spesial, Asus ExpertBook B3 Flip cocok untuk Anda yang punya mobilitas tinggi dalam pekerjaan. 
 
SPESIFIKASI Asus ExpertBook B3 Flip B3402
Prosesor Intel Core i7-1165G7
GPU Intel Iris Xe
RAM 16GB DDR4
Storage 1TB SSD NVMe
Layar 14 inci FHD (1920x1080)
Bobot 1,6 kg
Dimensi 32,90 x 22,39 x 1,95 cm
Harga  mulai dari Rp15.665.000
 
 
9.5
Asus ExpertBook B3 Flip B3402
Plus
  • Dukung kartu SIM
  • Daya tahan standar militer
  • Stylus bawaan
  • Port lengkap
Minus
  • Dukungan jaringan belum lengkap
  • Bodi agak tebal


 

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id