Review HDD Eksternal

    Review Seagate Game Drive The Last of Us Part II

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 08 Juli 2020 18:21 WIB
    Review Seagate Game Drive The Last of Us Part II
    Seagate Game Drive The Last of Us Part II versi 2TB.
    Jakarta: The Last of Us Part II telah dirilis sejak bulan Juni lalu. Ini adalah sekuel dari game PS3 yang berhasil mencuri perhatian gamer PS4. Untuk seri kedua ini, Sony tampaknya ingin memastikan bahwa ia bisa diterima dan punya tempat khusus di setiap ingatan gamer.

    Salah satu caranya dari segi pemasaran adalah dengan menawarkan beragam perangkat pendukung dengan tema yang sesuai. Salah satu perangkat yang masuk dalam edisi spesial ini adalah HDD eksternal Seagate Game Drive.

    Ulasan kali ini juga merupakan pertama kalinya kami mencoba menggunakan HDD eksternal untuk PS4. Berikut pengalaman penggunaan Seagate Game Drive The Last of Us Part II.

    Sebagai HDD eksternal dengan tema khusus, Seagate Game Drive ini menyematkan nuansa yang menarik. Motif tanaman yang timbul, ditambah judul The Last of Us Part II berwarna putih yang memenuhi bodi membuatnya punya kesan eksklusif. Nuansa ini juga melekat pada kotak penjualannya. Kami bisa bilang bahwa desain ini sangat tepat dan bagus.

    Review Seagate Game Drive The Last of Us Part II

    Ukurannya yang hanya 2,5 inci juga membuatnya tidak berbeda dengan HDD eksternal lainnya, yang menekankan mobilitas dan kecepatan transfer data. Namun, perlu diingat bahwa Seagate Game Drive The Last of Us Part II tidak menyediakan game bawaan. Game itu sendiri harus dibeli terpisah. 

    Untuk menggunakannya di PS4, Anda tidak perlu terlebih dahulu memasangnya ke PC. cukup hubungkan unit Game Drive ke salah satu port USB di PS4, dan kemudian akan muncul panduan untuk memakainya. PS4 akan mengelola format HDD eksternal ini sebelum bisa dipakai untuk menyimpan game. Begitu selesai, Anda bisa mengakses pengaturan untuk menjadikannya tempat penyimpanan game secara default, sehingga nantinya setiap Anda ingin menginstal judul baru, datanya akan tersimpan di HDD eksternal ini.

    Satu hal yang harus Anda pastikan adalah jangan sembarangan mencabut Game Drive dari konsol. Anda harus mengakses pengaturan, kemudian masuk ke pilihan devices, lalu pilih USB storage. Dari situ ada pilihan berhenti menggunakan penyimpanan eksternal. Setelah dipilih, baru Anda bisa mencabutnya.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz 16GB (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Seagate Game Drive The Last of Us Part II punya kapasitas 2TB, yang berarti Anda juga bisa menyimpan game selain The Last of Us Part II. Dengan asumsi satu judul memerlukan ruang sekitar 50GB, berarti Anda bisa menyimpan hampir 40 game. Ini cocok untuk gamer PS4 yang tidak menggunakan versi Pro atau versi 500GB.

    Bagaimana dengan kecepatannya? Seagate Game Drive The Last of Us Part II memanfaatkan koneksi USB Hi-Speed, yang berarti USB 3.0 dengan versi yang lebih kencang. Saat kami uji dengan Crystal Disk Mark, ia mampu menghadirkan kecepatan 140MB per detik untuk membaca, dan sekitar 60MB per detik untuk menulis.

    Kecepatan ini sudah cukup untuk menopang kebutuhan gaming. Kecepatan menulis 60MB juga termasuk standar, ditambah penggunaannya yang hanya sekali untuk satu game.

    Review Seagate Game Drive The Last of Us Part II

    Di Indonesia, Seagate Game Drive The Last of Us Part II dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.449.000. Harga ini masih cukup kompetitif, bahkan bisa dibilang murah untuk sebuah HDD eksternal dengan edisi eksklusif.

    Jika melihat dari beberapa e-commerce, HDD eksternal dengan kapasitas 2TB dipatok kisaran Rp1,2 juta sampai Rp1,5 juta. Satu kekurangan pada produk ini adalah ia belum menggunakan SSD, yang bisa jadi membuat harganya akan lebih mahal. Namun, jika Anda penggemar The Last of Us dari Naughty Dog, HDD eksternal ini layak menjadi perangkat pendukung sekaligus koleksi Anda.
     
    8.5
    Seagate Game Drive The Last of Us Part II
    Plus
    • Tema spesial 
    • Pemasangan mudah dan cepat
    • Pengoperasian senyap
    Minus
    • Belum SSD


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id