ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Cahyandaru Kuncorojati - 08 April 2019 07:50 WIB
    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik
    ASUS ROG Phone.
    Jakarta: Tidak berlebihan apabila Medcom.id menyebut ASUS ROG Phone menjadi smartphone gaming terbaik. Alasannya, smartphone ini adalah satu-satunya smartphone gaming sejati yang masuk ke Indonesia.

    Medcom.id sendiri menilai smartphone gaming ini adalah yang paling matang konsep dan eksesusinya, dibandingkan merek lain. Misalnya Razer dengan Razer Phone, Xiaomi dengan Black Shark, Nubia dengan Nubia Red Magic. 

    Merek asal Taiwan ini mengawali industri dengan membuat hardware berupa motherboard, dan kemudian merambah ke segmen gaming hingga PC dan laptop gaming. Jadi segmen gaming bukan mainan baru bagi ASUS.

    Desember 2018, ASUS ROG Phone hadir resmi di Indonesia dalam dua pilihan memori internal, kapasitas 128GB dibanderol Rp12.999.000 dan kapasitas 512GB di harga Rp14.499.000. Dari sisi harga masih normal, setara dengan smartphone premium saat ini, tapi ASUS ROG Phone khusus menyasar gamer.

     

    Cita Rasa ASUS ROG

    ASUS ROG Phone dari depan memiliki tampilan smartphone yang menurut Medcom.id sangat kental dengan aura ASUS ZenFone. Namun, di bagian atas dan bawahnya terdapat grill speaker yang dibalut warna tembaga.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Bezel bagian atas dan bawah layar tersisa sangat banyak sehingga dari depan memang tidak terkesan smartphone gaming. Beralih ke punggung ASUS ROG Phone, baru Medcom.id menemukan pengalaman dan keahlian ASUS di segmen gaming dituangkan ke smartphone ini. Punggung ASUS ROG Phone mengusung desain futuristik.

    Pertama, terdapat area pemindai sidik jari dengan desain yang tidak biasa tapi masih bisa berfungsi dengan baik dan nyaman. Kedua, LED RGB logo ASUS ROG yang identik di setiap produk gaming ASUS. Warna cahaya yang berkedip dari LED RGB tersebut bahkan bisa dikustomisasi.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Ketiga, lubang dari sistem pendingin Vapor Chamber membuat smatphone gaming ini jelas digarap sebaik mungkin dengan keahlian dan pengalaman ASUS. ASUS ROG Phone memiliki beberapa fitur di sisi bodinya selain tombol volume dan power.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Di bagian bawah terdapat port USB-C yang mendukung pengisian cepat. Pengalaman Medcom.id, pengisiannya bisa mencapai 50 persen kurang dari satu jam.

     

    Layar dan Audio Spesial

    Layarnya mengusung ukuran 6 inci dengan rasio 18:9 menggunakan panel AMOLED dan memiliki refresh rate 90Hz serta response time 1ms. Resolusinya sebesar 2160 x 1080 piksel. 

    Refresh rate tinggi dan response time cepat membuat tampilan di layar sangat halus. Kemampuan ini mengingatkan Medcom.id pada monitor gaming ASUS ROG yang sering kami ulas.

    ASUS mengklaim layarnya memiliki rasio kontras 100:000:1 dan cakupan warna 108,6 persen DCI-P3 (sRGB 145 persen). Hasilnya, kualitas warna yang disajikan layar ASUS ROG Phone terasa sangat tajam dan kaya. Efek visual di konten video terutama game divisualisasikan dengan tersa sangat berbeda ketimbang layar smartphone biasa.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Di sisi audio ASUS tidak setengah hati. Grill speaker di atas dan bawah layar adalah bulit-in speaker. ASUS menyebut speaker ini mendukung Hi-Res Audio. Tidak heran saat diputar audio di volume tinggi, dentuman dan audio suaranya terasa sangat kencang tapi tidak pecah.

    Pengalaman ini ditujukan bagi gamer yang enggan menggunakan headset. Bagi mereka yang memilih memakai headset, ASUS ROG Phone ternyata juga menanamkan teknologi audio DTS X 1.0 untuk menghasilkan suara surround 7.1 channel.

    Audio surround 7.1 channel memberikan kualitas audio paling presisi. Implementasinya di dalam game, pemain bisa mendengarkan arah datangnya suara tembakan atau langkah musuh di dalam game dengan akurat.

    Untuk memfasilitasi ASUS ROG Phone terhubung dengan perangkat audio lain dengan koneksi Bluetooth. Tersedia dukungan Qualcomm aptX yang bisa mengantarkan audio kualias high-definition meskipun berbekal koneksi nirkabel.

     

    Kaya Fitur dan Aksesori Gaming

    Satu alasan Medcom.id menilai ASUS ROG Phone adalah smartphone gaming terbaik di Indonesia dan mungkin saat ini di dunia. ASUS ROG Phone hadir dengan segudang fitur dan aksesori. Fitur pertama adalah Ultrasonic AirTriggers yang terletak di dua sisi kanan dan satu sisi kiri smartphone. Arena ini ditandai dengan sebuah ukiran di sisi bodi ASUS ROG Phone.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Fitur Ultrasonic AirTriggers berfungsi sebagai tombol fisik seperti R1 dan L1 di controller konsol. Jadi tanpa menggunakan aksesoris controller smartphone, ASUS ROG Phone sudah memiliki fitur tersebut. Fungsi dan sensitivitas AirTriggers bisa dikustomisasi sesuai selera.

    Fitur kedua adalah X Mode. Fitur ini serupa seperti mode akselerasi pada smartphone yang ada di pasar, namun efeknya sedikit berbeda. X Mode mengoptimalkan dapur pacu untuk gaming. Konsumsi kapasitas RAM dibuat lebih lega untuk game tersebut, dan konsumsi baterai dibuat hemat daya.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Aksesori ASUS ROG Phone menjadi yang terlengkap. Seluruh aksesori ini dipasang lewat port yang ada di sisi kanan smartphone. Sayangnya, port tersebut hanya ditutup dengan cap material karet yang tidak terikat ke perangkat sehingga bisa saja hilang atau tertinggal.

    Aksesori pertama adalah Aero Active Cooler. Aksesori ini sistem pendingin atau cooler tambahan yang di bagian bawah masih menyisakan port USB Type-C dan audio jack. Fitur tersebut membantu menyediakan posisi colokan headdset yang tidak mengganggu genggaman saat bermain.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Aksesori kedua adalah Gamevice for ROG Phone. Controller atau gamepad buatan Gamevice ini sudah dikustomisasi khusus untuk ROG Phone dan ditujukan bagi gamer yang lebih menggemari bermain game dengan controller fisik.

    Aksesori ketiga yaitu TwinView Dock, membuat ASUS ROG Phone seperti memiliki dua layar dan tersedia controller fisik serupa AirTrigger dibelakangnya.

    Cangginya dari aksesori TwinView Dock adalah layar yang melekat bisa difungsikan dan terhubung dengan ASUS ROG Phone, bahkan bisa mendukung untuk menjalakan dua game sekaligus. Bukan hanya itu, aksesori ini memiliki baterai 6.000 mAh yang berfungsi sebagai powerbank.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    ASUS ROG Phone jelas ingin bersaing langsung dengan konsol handhled, misalnya Nintendo Switch yang bisa terhubung ke televisi. Tersedia aksesori Mobile Desktop Dock dan ASUS Profesional Dock. Keduanya bisa menghubungkan ASUS ROG Phone ke PC dan berfungsi mirip seperti PC.

    Perbedaan keduanya adalah bentuk dan ketersediaan port tambahan. Terdapat port HDMI sehingga ASUS ROG Phone bisa terhubung ke monitor dan port tambahan lainnya untuk digunakan oleh keyboard maupun mouse. Medcom.id bisa memainkan PUBG Mobile di ASUS ROG Phone dalam mode PC.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Satu lagi aksesoris ASUS ROG Phone yang kabarnya belum akan dijual di Indonesia adalah WiGig Display Dock. Aksesoris ini mendukung mirroring tampilan di ASUS ROG Phone ke layar monitor atau televisi. Berbekal ASUS ROG Phone yang terpasang gamepad Gamevice maka gamer bisa seperti memiliki konsol tapi portable.

     

    Bagaimana Performanya?

    ASUS ROG Phone dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 845 dan satu-satunya yang kecepatannya ditingkatkan menjadi 2,96GHz. Didukung kapasitas RAM 8GB dan memori internal 512GB. GPU yang digunakan adalah Adreno 630.

    Dalam pengujian yang dilakukan Medcom.id, performa ASUS ROG Phone bisa berada di atas rata-rata performa smartphone premium yang mengklaim menunjang pengalaman gaming.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Berbekal kapasitas baterai 4.000 mAh dalam pengujian menggunakan aplikasi PCMark Work 2.0 mampu bertahan hingga delapan jam 45 menit. Hasil ini mungkin lebih rendah lagi saat digunakan bermain game berat terus menerus namun hal ini membuktikan ASUS ROG Phone masih memuaskan untuk smartphone sehari-hari.

    Fitur pengisian cepat baterainya dengan Qualcomm Quick Charge 4.0 juga sangat berguna. Meskipun baterainya mampu terisi 50 persen kurang dari 1 jam, tapi dari pantauan Medcom.id, perangkat dan charger yang digunakan tidak panas sama sekali.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Medcom.id menggunakan ASUS ROG Phone untuk bermain PUBG Mobile di konfigurasi paling maksimal. Jujur saja, grafisnya sangat terasa berbeda di ASUS ROG Phone. Memanjakan mata!

    Di atas layar akan terdapat bar berisi informasi baterai, suhu perangkat dan frame rate yang disajikan. Medcom.id mencatat ASUS ROG Phone mampu memainkan PUBG Mobile di frame rate 38-40 dan suhu tertinggi yang kami yaitu 39 derajat.

    Namun, ASUS ROG Phone hanya memberikan rasa hangat digenggaman. Bukan suhu panas. Rasa hangatnya sedikit berkurang lagi saat perangkat dipasangkan aksesoris Aero Active Cooler.

     

    ASUS ROG Phone Tidak Lupakan Kamera

    Meskipun dijagokan sebagai smartphone gaming, ASUS ROG Phone tetap dibekali kamera. Kamera belakang ganda resolusi 16MP + 8MP dengan sensor Sony IMX363 yang diklaim mampu menghasilkan foto low light terbaik.

    Lensa tersebut mendukung beragam banyak mode pengambilan foto dan video dengan kembalinya software andalan ASUS PixelMaster. Ditambah ada dukungan AI Photography yang membuat kamera ASUS ROG Phone masih sejajar dengan smartphone terkini non-gaming.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik
    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Dari pengalaman Medcom.id menjajalnya, kamera ASUS ROG Phone masih memuaskan. Hal ini semakin memperkuat penilaian awal Medcom.id bahwa smartphone ini masih pantas menjadi smartphone daily driver atau sehari-hari.

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik


    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Terbaik

    Kamera depannya resolusi 8MP juga hadir dengan berama mode dari ASUS PixelMaster. Kualitasnya juga memuaskan, meskipun dalam kondisi minim cahaya tidak sebagus kamera belakangnya. Untuk kebutuhan video, ASUS ROG Phone mampu merekam resolusi 4K UHD.


    Kesimpulan
    ASUS ROG Phone adalah smartphone gaming terbaik yang bisa disarankan saat ini. Pengalaman ASUS di bisnis hardware PC, laptop, dan smartphone termasuk di segmen gaming lewat brand Republic of Gamers (ROG) adalah bukti.

    ASUS ROG Phone tampil dengan desain yang berhasil mengekseskusi smartphone premium dengan segmen gaming. Performanya jempolan dan ekosistem berupa aksesoris pendukungnya sudah langsung disiapkan ASUS.

    Performa keseluruhannya memecah anggapan bahwa smartphone gaming tidak bisa untuk kebutuhan sehari-hari. Dari kemampuan kameranya dan daya tahan baterainya Medcom.id menilai ASUS ROG Phone masih memenuhi kriteria smartphone premium non-gaming.
     
    SPESIFIKASI ASUS ROG Phone
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 845 2,96Ghz
    GPU Adreno 630
    OS  Android 9.1 Pie
    RAM 8GB
    Memori Internal 128GB/512GB
    Kamera Belakang 12MP+8MP, Depan 8MP
    Baterai 4.000 mAh
    Layar 6 inci FHD+ 2160 x 1080 piksel 90Hz
    Harga 128GB Rp12.999.000/512GB Rp14.499.000 + aksesori
     
     
    9
    ASUS ROG Phone
    Plus
    • Desain gaming premium
    • Kualitas layar dan audio jempolan
    • Performa di atas smartphone lainnya
    • Fitur dan aksesori gaming lengkap
    • Kamera masih memuaskan
    Minus
    • Bodi tebal dan agak berat




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id