Review Tablet

    Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy Tab S6 Lite

    Lufthi Anggraeni - 29 Juni 2020 08:32 WIB
    Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy Tab S6 Lite
    Samsung Galaxy Tab S6 Lite.
    Jakarta: Kini, tablet mungkin tidak lagi sepopuler awal kemunculannya. Dengan kemunculan laptop yang mengusung kemampuan desain menyerupai tablet dan smartphone berukuran lebih besar, popularitas tablet mengalami penurunan.

    Namun perangkat ini tetap memiliki ruang tersendiri dalam hati konsumen. Meskipun demikian, hal ini tidak menghentikan sejumlah produsen perangkat untuk tetap menghadirkan tablet terbaru karyanya, termasuk Samsung.

    Serupa smartphone karyanya, Samsung juga memiliki lini tablet kelas premium, mengusung nama yang juga dibekali dengan huruf S. Dan serupa smartphone premium karyanya, lini tablet ini juga hadir dengan versi lebih terjangkau namun dengan dukungan spesifikasi lebih rendah, salah satunya adalah Samsung Galaxy Tab S6 Lite.
     

    Desain

    Menyoal desain, Samsung Galaxy S6 Lite hadir dengan desain tidak jauh berbeda dengan versi harga lebih tinggi. Tablet ini hadir dengan bezel berukuran tergolong tipis mengelilingi layar berukuran 10,4 inci, namun tanpa bekal tombol Home fisik.

    Bezel tipis dan absennya tombol Home fisik menghadirkan tampilan berkesan modern dan menghadirkan kenyamanan saat menggenggam tablet tanpa khawatir ibu jari menyentuh layar sentuh tanpa sengaja. Mengusung ketebalan 7mm, bodi Samsung Galaxy Tab S6 Lite yang tergolong tipis ini tetap mantap dan nyaman saat digenggam. 

    Berdasarkan informasi pada daftar spesifikasinya, perangkat ini juga hadir dengan bobot tergolong ringan, yaitu seberat 460 gram. Bobot ini membantu menghadirkan pengalaman penggunaan menyenangkan, sebab, tangan tidak mudah lelah akibat menggenggam tablet dalam waktu lama.

    Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy Tab S6 Lite

    Sementara itu, di bagian sisi bodi perangkat, Anda akan menemukan tombol volume, tombol daya dan slot kartu microSD di sisi kanan, port USB-C di sisi bawah  serta jack headphone 3.5mm di sisi atas. Dan di bawah tombol daya dan volume, terdapat bagian bermagnet, sebagai lokasi khusus untuk menyimpan S Pen.

    Hanya saja, menempelkan S Pen pada bagian tersebut akan menutupi slot microSD, meski hal ini bukan masalah, mengingat slot ini merupakan bagian yang jarang Anda akses dalam penggunaan sehari-hari. Selain itu, magnet untuk menempelkan S Pen di sisi kanan bawah tablet ini cukup kuat.

    Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy Tab S6 Lite

    Sehingga Anda tidak perlu khawatir pena digital akan terlepas saat tertempel di bodi perangkat. Namun untuk lebih yakin, Anda dapat memanfaatkan sasis khusus untuk Samsung Galaxy S Pen ini, yang dapat dibeli secara terpisah.

    Namun, saat menggenggam tablet kala menikmati konten multimedia dengan menggunakan headphone kabel, Anda perlu mencari posisi yang nyaman. Sebab posisi jack headphone berada agak ke bawah jika Anda menggenggam perangkat secara horisontal, dengan posisi tombol daya dan volume di atas.

    Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy Tab S6 Lite

    Dengan demikian, jack headphone akan bersinggungan langsung dengan telapak tangan, yang mungkin akan mengurangi kenyamanan Anda saat menggenggam tablet. Selain itu, posisi ini juga berpotensi menutup lubang speaker yang berada di bawah jack headphone.

    Sementara itu, layar berukuran 10,4 inci pada Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini mengusung rasio aspek 16:10. Rasio aspek yang sedikit lebih panjang ini sedikit menimbulkan ketidaknyamanan saat mengetik pada keyboard digital tablet dalam orientasi horisontal karena layar menjadi terlalu lebar.

    Karenanya, Samsung menghadirkan kemampuan untuk menyesuaikan layout keyboard pada Galaxy S6 Lite ini, termasuk posisi keyboard yang terbagi menjadi dua bagian, dengan letak lebih dekat ke masing-masing sisi.

    Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy Tab S6 Lite
     

    Antarmuka

    Serupa dengan smartphone terbaru Samsung yang saat ini tersedia di pasar, Galaxy Tab S6 Lite juga hadir dengan dukungan antarmuka pengguna khas Samsung, One UI. Bahkan, tablet ini juga telah hadir dengan versi terbaru dari antarmuka pengguna ini, yaitu One UI 2.0.

    Sistem operasi ini cukup dikenal masyarakat dengan dukungan berbagai fitur khas Android, dengan tampilan baru, serta dukungan fitur storyboard karya Samsung sebagai pengganti fitur Discover milik Google. Sayangnya, Samsung tidak membekali Tab S6 Lite dengan Game Launcher atau Theme Store serupa smartphone.

    Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy Tab S6 Lite

    Selain itu, Samsung Galaxy Tab S6 Lite juga tidak didukung oleh fitur Samsung DeX, meski hal ini tidak mengejutkan, mengingat layarnya yang sudah cukup besar untuk dapat digunakan dalam menikmati konten multimedia.

    Meskipun demikian, Samsung menghadirkan kemampuan multitasking pada tablet karyanya ini. Dengan demikian, Anda dapat mengakses beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan, dengan jumlah jendela terbanyak sebanyak sekitar lima aplikasi.

    Beralih antar aplikasi atau menampilkan mereka pada jendela aplikasi dalam mode split screen juga tergolong mudah, termasuk berkat kehadiran baki aplikasi, bagian semi transparan dan tetap yang terletak di sisi layar, seperti pada smartphone Samsung seri Note dan seri S.

    Terkait dengan S Pen, Samsung Galaxy Tab S6 Lite juga hadir dengan sejumlah fitur yang mungkin tidak asing bagi pengguna perangkat seri Note. dengan mengarahkan S Pen ke layar dan menekan tombol pada fisik pena, Anda akan menemukan sejumlah opsi untuk memanfaatkan pena digital khas Samsung tersebut.

    Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy Tab S6 Lite

    Pilihannya termasuk Membuat Catatan, Melihat Semua Catatan, Pilih Cerdas, Tulisan Layar, Pesan Live, Coretan AR, Terjemahkan, PenUp, dan lainnya. Fitur Tulisan Layar memungkinkan Anda menulis pada hasil screenshot layar.

    Sedangkan Pesan Live memungkinkan Anda membuat pesan bergerak baik di atas foto yang baru saja dipotret ataupun halaman berwarna yang dapat Anda pilih. Pesan ini akan disimpan dalam format MP4 atau GIF.

    Sementara itu, Coretan AR memungkinkan Anda membubuhkan coretan yang akan muncul mengambang pada gambar yang tersimpan dalam bentuk video. Menyoal S Pen, pena digital Samsung ini juga mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan.

    Hadir dengan ujung tipis, pena digital ini memungkinkan kami menulis dan menggambar dengan presisi dan lebih akurat, serta menyuguhkan responsivitas baik. Hal ini tidak hanya kami dapati saat menggunakannya untuk menulis atau menggambar, juga saat sekadar menggulirkan halaman pada peramban.
     

    Kamera

    Samsung hanya membekali Galaxy Tab S6 Lite dengan satu kamera di bagian belakang, mengusung sensor beresolusi 8MP, serta satu kamera di bagian depan dengan resolusi 5MP. Secara realistis, meraih tablet untuk memotret dan mengabadikan momen saat terjadi mungkin bukanlah hal yang umum Anda lakukan.

    Namun, kamera yang membekali tablet ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas tergolong baik, untuk sekadar dibagikan di media sosial. Didukung oleh fitur Scene Optimizer serupa smartphone Samsung lainnya, kamera Galaxy Tab S6 Lite baik untuk digunakan dalam memotret dokumen dengan tampilan serupa PDF via mode Scan.

    Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy Tab S6 Lite

    Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy Tab S6 Lite

    Pada kondisi pencahayaan terang, warna hasil foto kamera belakang Samsung Galaxy S6 Lite mungkin lebih cenderung pucat, meski masih cukup baik di segi detail dan ketajaman, termasuk saat foto dizoom. Sedangkan pada kondisi pencahayaan redup, hasil foto juga tergolong baik dan noise tidak terlalu kentara.

    Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy Tab S6 Lite

    Pengalaman Menjajal Samsung Galaxy Tab S6 Lite

    Hanya saja, saat menggunakan pengaturan zoom yang tersedia di layar menu kamera, Anda akan menemukan perbedaan keterangan pada hasil foto. Sementara itu pada hasil foto kamera depan dengan pencahayaan terang, warna pada foto tampil lebih alami.

    Sedangkan pada hasil  foto kamera depan dengan pencahayaan redup, noise pada foto juga tidak terlalu kentara, kecuali Anda melakukan zoom pada hasil foto.
     

    Performa

    Menyoal performa, perangkat ini memang bukanlah tablet yang ditujukan untuk penggemar game berat. Selain karena ukuran layar yang terlalu besar untuk memainkan game yang membutuhkan dua tangan dan kecekatan tinggi, suguhan animasi pada tampilan game PUBG sedikit lambat jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20 Ultra.

    Selain itu, waktu respons perangkat ini saat memainkan game tersebut juga tergolong lambat, jadi, mungkin ada baiknya Anda meletakan tablet ini di atas meja saat memainkan game, untuk kenyamanan lebih baik saat menunggu.

    Meskipun demikian, lag tidak kami temukan saat memainkan game ini, dengan suguhan pengaturan grafis default awal permainan pada HD, dan frame rate High. Samsung Galaxy Tab S6 Lite juga menghadirkan pengaturan hingga HDR dan Ultra, yang dapat menyuguh permainan tergolong mulus, meski tidak secepat pengaturan default.
     
    Benchmark  PCMark Work 2.0 3DMark Slingshot Extreme OpenGL 3DMark Slingshot
    Skor 5371 1061 1572

    Selain itu, semakin tinggi pengaturan grafis dan frame rate artinya kapasitas baterai menjadi lebih cepat terkuras. Performa yang baik juga dihadirkan melalui skor hasil pengujian dengan menggunakan aplikasi PCMark dan 3DMark.

    Pada skor hasil pengujian PCMark Work 2.0, Samsung Galaxy Tab S6 Lite memperoleh nilai 5371, sedangkan pada pengujian 3DMark Slingshot Extreme OpenGL dan Slingshot, tablet ini memperoleh nilai sebesar 1061 dan 1572.

    Sedangkan untuk urusan baterai, dalam skenario waktu siaga, Samsung Galaxy Tab S6 Lite mampu bertahan setidaknya selama tiga hari, dan pada pengujian menggunakan aplikasi PCMark Battery, perangkat ini menyuguhkan hasil memuaskan yaitu selama 17 jam 41 menit.

    Kesimpulan
    Kehadiran tablet yang tergolong terjangkau dari Samsung ini mungkin dapat menjadi jawaban bagi Anda yang membutuhkan perangkat portabel dengan layar lebih besar dari smartphone berlayar ultra yang saat ini tersedia di pasar.

    Dengan desain modern, dukungan multitasking cukup baik, layar luas, baterai tahan lama dan berbagai fitur yang didukung oleh S Pen, kami rasa perangkat ini cukup sesuai untuk Anda yang membutuhkan medium lebih besar untuk menuangkan kreativitas.

    Namun, Anda tidak dapat memanfaatkan fitur keamanan biometrik pada perangkat ini, sebab menjadi salah satu fitur yang absen dari Samsung Galaxy Tab S6 Lite.
     
    Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite
    Prosesor  Exynos 9611
    GPU Mali-G72 MP3
    OS Android 10, One UI 2
    RAM 4GB
    Memori Internal  64GB
    Kamera Belakang 8MP
    Depan 5MP
    Baterai 7.040 mAh
    Layar 10,6 inci
    Harga Rp6.999.000
     
     
    8.5
    Samsung Galaxy Tab S6 Lite
    Plus
    • Harga tergolong terjangkau di kelasnya
    • Ringan, desain modern
    • S Pen presisi, akurat dan responsif
    • Daya tahan baterai lama
    Minus
    • Tidak ada DeX, Theme Store, atau Game Launcher
    • Tidak ada fitur keamanan biometrik




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id