NASA Pamer Foto Robot Asisten di ISS, Astrobee

    Ellavie Ichlasa Amalia - 20 Mei 2019 11:48 WIB
    NASA Pamer Foto Robot Asisten di ISS, Astrobee
    Astronot Anne McClain tengah melakukan pengujian pada robot Astrobee.
    Jakarta: Bulan lalu, salah satu kargo yang dikirimkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) adalah robot berbentuk balok bernama Astrobee. 

    Astrobee didesain untuk beroperasi di keadaan laboratorium ISS yang unik karena gravitasi mikro. Robot tersebut bisa memberikan bantuan pada para astronaut yang ada di ISS. NASA sempat menunjukkan gambar dari dua Astrobee yang dinamai "Bumble" dan "Honey" untuk menunjukkan bagaimana keduanya beroperasi. 

    Keberadaan robot kecil ini bisa membantu astronaut karena mereka bisa mengerjakan tugas sederhana. Dengan begitu, para astronaut bisa lebih fokus untuk melakukan tugas yang kompleks, menurut laporan SlashGear

    Dalam situsnya, NASA menyebutkan bahwa robot asisten ini dapat meningkatkan efisiensi di ISS karena mereka bisa mengambil alih tugas seperti inventaris, memindahkan kargo, dan menggunakan kamera untuk mendokumentasikan eksperimen. 

    Astrobee disebutkan sebagai sistem robot yang bisa bergerak bebas. Robot itu memang didesain khusus dengan mempertimbangkan gravitasi mikro di ISS. Sistem Astrobee terdiri dari tiga robot berbentuk balok.

    Robot tersebut dilengkai dengan charging dock untuk mengisi baterai. Sistem penerbangan Astrobee memanfaatkan kipas elektrik, memungkinkannya untuk bergerak di laboratorium luar angkasa. 

    Beberapa hari lalu, NASA memamerkan gambar dari astronaut Anne McClain yang tengah melakukan sekumpulan tes pada Astrobee bernama Bumble. McClain bekerja sama dengan tim di NASA Ames Research Center di Bumi untuk memverifikasi berbagai sistem Astrobee, termasuk avionic, transfer data, docking, dan sistem penerbangan. 

    (ELL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id