Melihat Kecanggihan Robot Perseverance NASA untuk Misi di Mars

    Cahyandaru Kuncorojati - 30 Juli 2020 15:28 WIB
    Melihat Kecanggihan Robot Perseverance NASA untuk Misi di Mars
    Desain teknologi rover Perseverance.
    Jakarta: NASA akan menerbangkan roket untuk menuju ke Planet Mars besok. Misi ini tidak akan membawa astronaut melainkan robot penjelajah atau rover bernama Perseverance yang akan meneliti material planet tersebut terutama yang mendukung adanya pendukung kehidupan di masa lalu.

    Roket bernama ULA (United Alliance Launch) Atlas V akan meluncur dari Space Launch Complex 41 di Cape Canaveral Air Force Station, Florida Amerika. Waktu tempuh menuju Planet Mars dibutuhkan sekitar tujuh bulan.

    NASA sejak beberapa bulan belakangan sudah memamerkan robot rover Perseverance yang diklaim bentuk dan dimensinya masih sama seperti robot sebelumnya yaitu Curiosity. Teknologinya juga masih merupakan pengembangan dari Curiosity.

    BACA: Besok, NASA Terbang ke Mars Menyusul Uni Emirat Arab dan Tiongkok

    Diketahui bahwa di tahun 2003 NASA mendaratkan robot penjelajah pertama yang Opportunity yang kemudian hilang kontak di 2018 akibat badai pasir di Mars. Saat ini rover Curiosity masih aktif berfungsi dan menjelajahi bagian Mars yang berbeda dari lokasi Perseverance saat datang.

    Perseverance punya panjang tiga meter dengan bobot 1.025 kilogram dan dilengkapi sebuah tangkai tangan serta enam roda. Kecepatan laju robot ini mencapai 152 meter per jam. Ada beberapa komponen vital untuk mendukung misinya di Mars, dikutip dari CNET.

    Melihat Kecanggihan Robot Perseverance NASA untuk Misi di Mars

    1. Mastcam-Z
    Sebuah kamera yang berfungsi sebagai mata atau kepala rover Perseverance. NASA menjelaskan bahwa komponen ini akan mengirimkan gambar video resolusi HD, mode panorama, dan gambar 3D dari Planet Mars dengan kemampuan untuk melihat jarak jauh.

    2. MOXIE
    Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Equipment adalah alat untuk menghasilkan oksigen dari karbon dioksida pada udara Planet Mars.

    Fungsinya sebagai simulasi pengujian udara di planet ini apakah memungkinan untuk mendukung kehidupan manusia. Oksigen yang dihasilkan juga digunakan sebagai tenaga pendorong roket untuk penjalajahan robot rover Perseverance.

    3. SuperCam
    Komponen kamer ayang dilengkapi laser, dan spektroneter untuk melakukaan pengecekan zata kimiawai dari sbeuah benda. Teknologi ini digunakan untuk meneliti tanda mikro organisme pada material Planet Mars.

    Kemampuan SuperCam bisa mengecek hal tersebut dalam jarak tujuh meter pada sebuah benda hingga seukuran ujung mata pensil.

    4. Sherloc
    Scanning Habitable Environmetn with Raman Luminescence for Organics & Chemicals 9Sherloc) adalah komponen kamera laser pendamping SuperCam. Jadi rover Perseverance bisa mengecek material dari Planet Mars dan berusaha menemukan adanya tanda atau sisa kehidupan.

    5. Helikopter
    Rover Perseverance juga akan jadi robot penjelajah pertama NASA yang menguji coba modul helikopter di badannya. NASA menciptakan bekal helikopter bernama Ingenuity yang akan melekat di badan Perseverance.

    Namun Ingenuity tidak akan langsung digunakan, kendali NASA akan melihat terlebih dulu apakah kondisi di Mars mendukung untuk uji coba teknologi baru ini.


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id