SpaceX Targetkan 2021 Luncurkan Komersial Starship

    Ellavie Ichlasa Amalia - 01 Juli 2019 11:56 WIB
    SpaceX Targetkan 2021 Luncurkan Komersial Starship
    Ilustrasi Starship. spacex starship (Photo by HO / SPACEX / AFP)
    Jakarta: SpaceX berencana untuk melakukan peluncuran komersil dari Starship dan Super Heavy pada 2021, ungkap salah satu eksekutif perusahaan. Starship adalah upper stage, sementara Super Heavy merupakan booster. 

    Vice President of Commercial Sales, SpaceX, Jonathan Hofeller berkata bahwa SpaceX kini tengah berdiskusi dengan calon pelanggan tentang peluncuran komersil pertama dari sistem peluncuran tersebut, lapor Space News

    "Kami tengah berdiskusi dengan tiga perusahaan untuk peluncuran pertama tersebut," kata Hofeller dalam konferensi APSAT yang diadakan di Jakarta, Indonesia. "Ketiganya merupakan perusahaan telekomunikasi."

    Super Heavy dan Starship didesain untuk dapat mengirimkan bobot hingga 20 ton ke orbit transfer geostasioner atau hingga 100 ton ke orbit rendah Bumi.

    Dilengkapi dengan payload fairing (kerucut pada ujung roket) sebesar sembilan meter, sistem peluncuran ini dibuat untuk membawa kru dan muatan ke Bulan dan Mars. Namun, Starship dan Super Heavy juga akan digunakan oleh SpaceX untuk mengirimkan satelit ke orbit di sekitar Bumi. 

    Hofeller berkata, SpaceX berencana untuk melakukan beberapa pengujian sebelum menggunakan sistem peluncuran generasi berikutnya ini untuk mengirimkan satelit. Sayangnya, dia tidak menyebutkan angka pasti dari jumlah tes tersebut.

    Satu hal yang pasti, pengujian ini dilakukan untuk mendemonstrasikan sistem peluncuran baru pada pelanggan dan meyakinkan mereka bahwa sistem tersebut aman. 

    SpaceX mencoba melakukan "lompatan" dengan prototipe dari Starship pada April, mendorongnya hingga beberapa centimeter di atas tanah, kata Hofeller. Dalam pengujian di masa depan, mereka akan berusaha untuk mencapai ketinggian lebih tinggi. 

    "Kami telah memiliki rencana untuk melakukan beberapa lompatan pada tahun ini," kata Hofeller.

    "Tujuannya adalah untuk dapat mencapai orbit secepat mungkin, jika memungkinkan pada tahun ini, dan dapat beroperasi dengan sempurna pada akhir tahun depan, lalu penerbangan komersil pada awal 2021."

    Pada akhirnya, SpaceX berencana untuk menggantikan Falcon 9 dan Falcon Heavy yang tidak semua komponennya bisa digunakan kembali dengan Super Heavy dan Starship yang semua komponennya bisa digunakan kembali. Namun, mereka tidak berencana untuk memaksa pelanggan berpindah menggunakan sistem peluncuran baru. 

    "Falcon 9 dan Falcon Heavy akan tetap kami tawarkan selama pelanggan kami ingin menggunakannya," kata Hofeller. "Jika kami bisa membuat pelanggan menggunakan sistem yang baru yang lebih baik dan harga yang lebih murah, itu bagus."

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id