Robot Gantikan Mahasiswa di Zoom dalam Upacara Kelulusan

    Lufthi Anggraeni - 06 April 2020 17:31 WIB
    Robot Gantikan Mahasiswa di Zoom dalam Upacara Kelulusan
    Mahasiswa Universitas BBT menghadiri upacara kelulusan dengan memanfaatkan robot telepresence.
    Jakarta: Mahasiswa di salah satu universitas di Jepang menolak untuk menjadikan lockdown akibat Covid-19 sebagai hambatannya dalam merayakan upacara kelulusan mereka. Mahasiswa Universitas Business Breakthrough (BBT) di Tokyo tidak diizinkan melakukan upacara kelulusan secara tradisional.

    Karenanya, mahasiswa ini memanfaatkan robot telepresence, yang juga disebut sebagai robot avatar untuk menggantikan mereka pada upacara tersebut.

    Robot ini berbekal tablet digital yang terpasang di bagian kepala, menampilkan wajah mahasiswa yang menggunakan layanan panggilan konferensi Zoom untuk menghadiri upacara kelulusan dari jarak jauh.

    CNet melaporkan bahwa upacara kelulusan diselenggarakan di Hotel Grand Palace di Tokyo pada tanggal 28 Maret lalu. Selain itu, robot ini juga mengenakan pakaian yang umum digunakan pada upacara kelulusan, terdiri dari gaun dan topi hitam.

    Salah satu mahasiswa yang tidak disebutkan namanya dalam pernyataan tanggal 31 Maret mengaku saat mendaftar, dirinya tidak pernah terpikir akan mengoperasikan avatarnya dan menghadiri upacara kelulusan. Namun, mahasiswa ini juga menyebut bahwa menerima diploma di depan publik merupakan pengalaman baru baginya.

    Robot telepresence Newme tidak hanya berguna untuk menghadiri upacara kelulusan, tapi juga bermanfaat jika ingin melakukan perjalanan tanpa keluar rumah. Tahun lalu, All Nippon Airways mengungkap akan menggunakan robot Newme ini untuk memungkinkan masyarakat melakukan perjalanan jarak jauh tanpa perlu secara langsung melakukannya.

    Robot akan mengirimkan video 2K HD yang memungkinkan manusia melihat dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar robot tersebut. Robor Newme juga membantu masyarakat penderita kelumpuhan atau kesulitan bergerak untuk dapat kembali bekerja sebagai pelayan robot di kafe di Jepang.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id