Satelit Planet Mars Buatan Uni Emirat Arab Pamer Foto Pertamanya

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 Februari 2021 09:43 WIB
    Satelit Planet Mars Buatan Uni Emirat Arab Pamer Foto Pertamanya
    Planet Mars. (Mohammed bin Zayed/Twitter)



    Jakarta: Wahana antarika Uni Emirat Arab untuk misi penelitian Planet Mars yaitu Al Amal atau Hope telah aktif beroperasi. Wahana berupa satelit yang masuk ke orbit Planet Mars pada tanggal 10 Februari kemarin kini mulai memamerkan aksinya.

    Terbaru, satelit Al Amal milik Uni Emirat Arab memamerkan hasil foto yang menampakan sebagian dari wajah Planet Mars. Hasil foto ini serupa dengan yang pernah ditangkap oleh wahanan antariksa Tiongkok, Tianwen-1, beberapa waktu lalu tapi dalam versi berwarna.






    Dikutip dari CNET, hasil foto ini dipamerkan oleh akun Twitter resmi milik Pangeran Mahkota Mohammed bin Zayed. Dia menyebut foto Planet Mars ini merupakan foto pertama yang dihasilkan oleh satelit Al Amal atau Hope.
     
    Foto tersebut menampilkan sebagian permukaan Planet Mars yang terpapar cahaya dan sebagian lagi diselimuti bayangan. Di sini bisa terlihat jelas bahwa Planet Mars memiliki bentuk bulat. Foto ini diambol dari jarak sekitar 25.000 kilometer.

    "Transmisi foto pertama Mars dari satelit Hope merupakan momen bersejarah dan menandakan partisipasi Uni Emirat Arab dalam jajaran negara berkembang yang melakukan penjelajahan luar angkasa," tulis sang pangeran mahkota di akun Twitter.

    "Kami harap misi akan berkontribusi dalam penemuan baru di Mars yang memberikan manfaat bagi peradaban manusia," tambahnya. Satelit Al Amal akan melakukan misi pengaman atmosfer atau iklim dari Planet Mars.

    Satelit Al Amal dilengkpai dengan sebuah kamera yang memiliki sejumlah sensor untuk pengamatan atmosfer dan iklim. Pengamatan akan dilakukan selama satu tahun menurut waktu setempat atau sama dengan kurun waktu dua tahun di Bumi.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id