Bawa Manusia ke Bulan, NASA Perlu Rp431 Triliun

    Ellavie Ichlasa Amalia - 16 Juni 2019 10:42 WIB
    Bawa Manusia ke Bulan, NASA Perlu Rp431 Triliun
    NASA akhirnya mengeluarkan angka perkiraan misi ke Bulan.
    Jakarta: Rencana ambisius NASA untuk membawa manusia ke bulan mungkin akan memerlukan USD30 miliar (Rp431 triliun) dalam waktu lima tahun ke depan. Hal ini diungkapkan oleh Administrator NASA, Jim Bridenstine dalam sebuah wawancara. 

    Angka itu hanyalah perkiraan. Namun itu adalah perkiraan pertama yang diungkap oleh NASA. Menurut TechCrunch, meskipun angka ini terkesan besar, tapi itu tetap lebih rendah dari perkiraan dari sebagian orang. 

    Bridenstine mengungkap hal ini dalam wawancara dengan CNN. Dia menyebutkan, NASA memperkirakan biaya untuk pergi ke bulan adalah sekitar USD20 miliar (RP287 triliun) dan USD30 miliar (Rp431 triliun).

    Sementara itu, untuk rencana lain lain seperti pembuatan Lunar Gateway atau membangun markas di bulan, itu akan membutuhkan dana ekstra. 

    Sebagai perbandingan, dana tahunan yang NASA dapatkan adalah USD20 miliar. Dana ini relatif kecil jika dibandingkan dengan dana milik badan federal lain. Diperkirakan, dana ekstra yang diperlukan oleh NASA adalah USD4 miliar (Rp57 triliun) sampai USD6 miliar (Rp86 triliun) per tahun.

    Walaupun begitu, ada kemungkinan, dana yang dihabiskan oleh NASA setiap tahunnya berubah-ubah. Misalnya, untuk tahun depan, NASA meminta dana ekstra USD1,6 miliar (Rp23 triliun). 

    Biaya yang diperlukan untuk membawa manusia ke bulan pada 2019 sama seperti biaya yang diperlukan dalam misi Apollo pada tahun 1960-an.

    Salah satu alasan NASA bisa menekan biaya penerbangan ke bulan kali ini adalah karena mereka tak lagi harus mengembangkan sistem penerbangan ke bulan dari nol. 

    NASA telah menggelentorkan miliaran dollar untuk mengembangkan infrastruktur dan teknologi dalam misi Artemis. Selain itu, NASA juga bisa menghemat biaya dengan bekerja sama dengan perusahaan dirgantara komersil. 

    Bridenstine juga mengatakan, salah satu tujuan NASA lainnya adalah untuk memastikan program Artemis tidak memaksa mereka mengorbankan program NASA yang lainnya. Sayangnya, tidak diketahui apakah Kongres akan menyetujui dana yang diminta NASA. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id