NASA dan SpaceX Sukses Terbangkan Misi Perdananya ke Angkasa

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 November 2020 10:06 WIB
    NASA dan SpaceX Sukses Terbangkan Misi Perdananya ke Angkasa
    Roket Falcon 9 yang ditumpangi kapsil pesawat Crew Dragon Resilience yang menjadi misi komersial pertama NASA menggandeng SpaceX. (SpaceX)
    Jakarta: Setelah suksees melakukan misi uji coba di bulan Agustus dan mengantongi sertifikasi keamanan akhirnya NASA dan SpaceX milik miliuner Elon Musk sukses melakoni misi komersial pertamanya. NASA melakukan misi antariksa menggunakan roket dari perusahaan swasta.

    Dini hari tadi, NASA menyertakan empat astronaut dalam kapsul pesawat Crew Dragon SpaceX terbang menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS) sebagai gelombang kedua setelah Rusia lebih dulu menerbangkan tiga astronaut di bulan kemarin.

    Empat astronaut yang terbang dengan Crew Dragon bernama Resilience yaitu Michael Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, dan Soichi Noguchi juga akan menyusul. Keempat astronaut tadi terdiri dari empat astronaut NASA, Uni Eropa ESA, dan Jepang JAXA.

    Proses peluncurkan roket berjalan dengan lancar termasuk pendaratan roket pendorong Falcon 9 buatan SpaceX di kapal docking yang berada di Samudera Atlantik. Hal ini menambah kesuksesan penggunaan roket daur ulang yang menghemat biaya dan waktu pelaksanaan misi antariksa.
     
    Keempat astronaut akan menempuh perjalan selama hampir 28 jam menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional. Di sana mereka akan bertemu satu astronaut perempuan NASA dan dua astronaut Rusia yaitu Kate Rubins, Sergey Ryzhikov, dan Sergey Kud-Sverchkov.

    Ketiganya terbang menggunakan Soyuz MS-17 dari Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan. Di selebrasi kesuksesan misi komersial NASA dan SpaceX kali ini Elon Musk tidak hadir. Sebelumnya dia dikabarkan masih menunggu hasil tes PCR swab untuk mengetahui apakah dirinya positif Covid-19 atau negatif.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id