Robot Penjelajah Mars Tiongkok Kirim Foto, Siap Melaju

    Cahyandaru Kuncorojati - 23 Mei 2021 11:00 WIB
    Robot Penjelajah Mars Tiongkok Kirim Foto, Siap Melaju
    Ilustrasi rover Zhurong. (CNSA)



    Jakarta: Selesai mendarat dengan aman di permukaan Planet Mars robot penjelajah atau rover Zhurong milik Tiongkok siap melaju turun dari kendaraan pendaratan (lander) dan melakukan misi penelitiannya di planet tersebut.

    Serupa dengan rover Perseverance NASA di belahan Planet Mars yang lain, Zhurong mengirimkan foto pertama bukti kesuksesan pendaratannya. Foto tersebut diambil menggunakan kamera yang terpasang di badan rover Zhurong.

     



    Berbeda dari Perseverance, foto pertama yang diabadikan Zhurong hanya berwarna hitam putih. Ada beberapa foto yang diambil dan dibagikan oleh China National Space Administration (CNSA), dikutip dari Engadget.

    Media lokal Tiongkok, CGTN menggabungkan foto tersebut ke dalam format GIF di akun Twitter resmi miliknya. Di sini diperlihatkan Zhurong mengambil foto bagian depan serta momen rover meluncur dari ramp lander Tianwen-1 dan menyentuh permukaan Planet Mars.
     
    Zhurong mendarat di lokasi bernama Utopia Plantia yang diyakini sebagai kawasan penuh es di balik permukaannya. Lokasi ini bukan kali pertama dijelajahi karena di tahun 1976 NASA sudah lebih dulu melakukan pendaratan rover Viking 2.

    Robot Penjelajah Mars Tiongkok Kirim Foto, Siap Melaju

    Rover Zhurong melakukan misi selama 90 hari waktu Mars atau sekitar 93 hari waktu Bumi. Zhurong akan melakukan penelitian terkait komposisi material Mars dan mencari tanda material air dalam bentuk es.

    Menurut informasi yang dikumpulkan, Amerika Serikat sudah mengirim dua rover ke Planet Mars sementara Tiongkok dan Rusia baru sekali di masa Uni Soviet. Rusia pernah sukses mendaratkan rover di Mars pada periode tahun 1970 namun kendali terputus ketika berhasil tiba.
     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id