Bagaimana Cara Astronaut Tidur di Luar Angkasa?

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 Juni 2020 20:14 WIB
    Bagaimana Cara Astronaut Tidur di Luar Angkasa?
    Kantung tidur yang digunakan astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional. (NASA)
    Jakarta: Kedua astronaut NASA, Robert L. Behnken dan Douglas G. Hurley yang diterbangkan ke Staisun Luar Angkasa akhir bulan Mei menggunakan pesawat SpaceX Crew Dragon mengaku perjalanan kali ini sangat berbeda. Alasannya mereka bisa tdiur dengan tenang karena pesawat lebih canggih.

    Namun hal yang membuat siapapun penasaran adalah bagaimana cara mereka tidur di kondisi tanpa gravitasi? Jelas caranya adalah dengan masuk ke kantung tidur yang punya tali pengikat sehingga tubuh mereka tidak melayan tanpa disadar.

    Padahal cara mereka tidur bisa lebih rumit lagi. Dikutip dari Space, para astronaut harus melatih tubuh dan pikiran mereka untuk tidur atau istirahaat saat diinginkan. Jadi mereka tidak menunggu badan benar-benar lelah, kondisi tersebut bisa mengganggu kesehatan dan tugas di luar angkasa.

    Diketahui bahwa waktu perjalanan pulang kembali ke Bumi sudah dijadwalkan setelah menjalani misi berbulan-bulan. Diuraikan oleh laman situs Space.com para astronaut juga membuat jam tidur menurut kondisi cahaya di luar angkasa.

    Berbeda dengan di Bumi, di luar angkasa Matahari terlihat terbit dan tenggelam sebanyak 15-16 kali dalam sehari. Makanya astronaut harus melatih pikiran dan tubuh mereka dengan mengubah jam tidur atau biologis mereka dengan kondisi di sana.

    NASA diklaim juga sudah menyesuaikan kondisi di Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk bisa membuat astronaut tidur dengan nyaman. Misalnya pengaturan cahaya, ruang tidur terpisah, hingga pengaturan kadar oksigen di dalamnya. Bahkan NASA sengaja meminta dibuatkan lampu dengan spektrum warna cahaya khusus.

    Bagaimana jika mereka mengalami masalah tidur yang serius? Dilaporkan bahwa NASA sudah menyiapkan beragam bekal seperti obat medis khusus atau minuman dengan zat alami yang membantu astronaut rileks. NASA juga menyiapkan layanan telepon langsung ke tim medis atau psikologi di Bumi yang akan membantu mereka.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id