Jeff Bezos Mau Ambil Mesin Saturn V dari Atlantik

    Ellavie Ichlasa Amalia - 17 Juli 2019 18:15 WIB
    Jeff Bezos Mau Ambil Mesin Saturn V dari Atlantik
    Roket Saturn V di Rocket Park. (Space Center Houston)
    Jakarta: Pendiri e-commerce Amazon, Jeff Bezos mengumumkan rencananya untuk mengambil kembali first stage dari mesin roket pada misi ke Bulan menggunakan pesawat Apollo 11. Mesin itu tenggelam di Samudra Atlantik sejak 16 Juli 1969. 

    Menurut Space, first stage dari Saturn V, roket yang digunakan untuk meluncurkan Apollo, memiliki tinggi 42 meter dan diameter 10 meter. Mesin itu menyala selama 165 detik untuk membawa pesawat ke ketinggian sekitar 61 kilometer. Setelah itu, bagian first stage dimatikan dan terlepas dari roket lalu jatuh ke laut. 

    Jeff Bezos Mau Ambil Mesin Saturn V dari Atlantik
    Karl Tate / Space.com

    Saturn V merupakan roket yang digunakan oleh NASA pada tahun 1967 sampai 1973. Roket ini memiliki tiga stage. Ia pernah diluncurkan sebanyak 13 kali. Roket dengan tinggi 110 meter ini menggunakan kerosene dan LH2/LOX sebagai bahan bakar. Ia dapat mengangkat beban hingga 130 metrik ton. 

    Hingga sekarang, Saturn V tetap menjadi roket terbesar, tertinggi, dengan daya dorong terbesar yang pernah ada. Selain itu, ia juga memegang rekor sebagai roket yang dapat membawa beban terberat ke orbit rendah Bumi. Ketika itu, Saturn V membawa 140 ribu kilogram beban. 

    Saturn V adalah roket terbesar dari lini Saturn. Ia didesain di bawah arahan Wernher von Braun di Marshall Space Flight Center di Alabama, Amerika Serikat. Beberapa perusahaan yang menjadi kontraktor dari program ini adalah Boeing, North American Aviation, Douglas Aircraft Company, dan IBM. 

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id