NASA Minta Nokia Sediakan 4G LTE di Bulan, Buat Apa?

    Cahyandaru Kuncorojati - 19 Oktober 2020 09:28 WIB
    NASA Minta Nokia Sediakan 4G LTE di Bulan, Buat Apa?
    Ilustrasi. (Stocksy)



    Jakarta: Meskipun tidak lagi memproduksi ponsel atau smartphone sendiri tapi Nokia masih bakal diuntungkan dari bisnis teknologi komuikasi. Perusahaan legendaris ini kini bakal menerika kontrak yang menggiurkan tapi bukan di Bumi melainkan di Bulan.

    Badan antariksa Amerika Serikat atau yang dikenal sebagai NASA kabarnya ingin memiliki telekomunikasi baru untuk astronaut yang menjelajah di Bulan serta dengan tim di Bumi. NASA mau teknologi 4G LTE seperti yang digunakan saat ini juga bisa tersedia di Bulan.

     



    Dikutip dari Engadget, NASA bahkan menyiapkan kucuran dana untuk proyek ini senilai USD14,1 juta atau senilai Rp207 miliar. Hal ini diumumkan secara resmi di situs NASA dan disebut berkaitan dengan misi bernama Artemis yang akan dilakukan pada tahun 2024.

    Di 2024 NASA akan melakukan misi penjelajahan bulan lebih luas dengan nama misi Artemis. Nokia masuk dalam daftar 14 perusahaan yang akan menerima dana dan ikut serta dalam proyek ini. Nama SpaceX juga ikut tercantum di dalamnya.

    NASA Associate Administrator, James Reuter, menyampaikan bahwa pihaknya ingin ada koneksi telekomunikasi berbasis seluler di Bulan yang dinilai lebih modern untuk komunikasi semua pihak. Dia mau melihat apakah model telekomunikasi terestrial atau permukaan darat bisa diterapkan di Bulan.

    NASA menganggarkan dana sebesar lebih dari USD370 juta untuk dibagikan kepada 14 perusahaan yang ikut serta dalam proyek pendukung penjelajahan Bulan di 2024 mendatang.

    Di tahun 2018 Nokia juga pernah bekerja sama dengan operator seluler Vodafon untuk menyiapkan telekomunikasi seluler dalam misi penjelajahan perusahaan antariksa Jerman ke lokasi pendaratan Apollo 17 di Bulan. Namun proyek ini tidak kunjung terealisasikan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id