Ada Metana di Mars, Bukti Kehidupan?

    Ellavie Ichlasa Amalia - 24 Juni 2019 15:23 WIB
    Ada Metana di Mars, Bukti Kehidupan?
    Curiosity Rover. (NASA)
    Jakarta: Curiosity Rover milik NASA mendeteksi metana dalam jumlah banyak dalam misinya menjelajah permukaan Mars, menurut laporan New York Times. Penemuan ini bisa jadi bukti bahwa ada mikroba yang hidup di bawah permukaan Mars. 

    Di permukaan Bumi, jumlah metana yang ada cukup tinggi karena keberadaan makhluk hidup. Inilah mengapa para peneliti akan mencoba untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Ditemukannya metana di Mars memunculkan teori bahwa ada mikroba di bawah permukaan Mars yang menghasilkan metana. 
    Jika semua berjalan lancar, para peneliti akan mengumumkan hasil penelitian mereka dalam waktu dekat, menurut laporan TechCrunch

    Keberadaan metana menarik bagi para peneliti karena jika gas itu ada, itu karena ia diproduksi oleh organisme di Mars. Meskipun begitu, metana bisa saja terbentuk tanpa bantuan dari makhluk hidup apapun.

    Bisa saja, gas itu tersimpan di bawah Mars dalam waktu lama dan baru ini keluar ke permukaan melalui retakan di permukaan Mars. 

    Ini bukan pertama kalinya para peneliti menemukan metana di Mars. Namun, kali ini, konsentrasi metana yang ditemukan adalah yang paling tinggi. Selain itu, data dari Rover juga telah diperkuat data dari Mars Reconnaissance Orbiter. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id