CEO Virgin Galactic Ungkap Ide Wisata Luar Angkasa

    Lufthi Anggraeni - 15 Juli 2019 08:35 WIB
    CEO Virgin Galactic Ungkap Ide Wisata Luar Angkasa
    CEO Virgin Galactic mengungkap ide terkait perjalanan wisata ke luar angkasa.
    Jakarta: CEO Virgin Galactic George Whiteshides, perusahaan penerbangan ke luar angkasa, mengungkapkan idenya terkait dengan perjalanan wisata di luar angkasa selama 90 menit dan diklaimnya tidak akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut penumpang.

    Kepada Fortune, Whitesides mengaku telah melakukan beberapa penerbangan tanpa gravitasi, yang dinilai tidak mengejutkan, mengingat dirinya merupakan mantan kepala staf NASA. Jabatan sebelumnya tersebut turut menjelaskan alasan Whitesides mengenal banyak astronot.

    Pengumuman rencana Virgin Galactic untuk menjadi perusahaan tourism luar angkasa komersial pertama menarik perhatian masyarakat. Menurut perusahaan ini, pemesanan tiket perjalanan telah terpesan penuh untuk lima tahun mendatang, dan belum tersedia informasi terkait waktu pembukaannya kembali.

    Namun, bergantung pada pencapaian target Virgin Galactic, masyarakat yang telah mendaftar dan membayarkan deposit diperkirakan dapat memulai perjalanan luar angkasa ini dalam waktu empat hingga lima tahun mendatang.

    Whitesides turut menjadi wisatawan pertama yang akan menikmati perjalanan ini. Sebelum bergabung dengan Virgin Galactic sebagai CEO, Whitesides telah memesan dua kursi untuk dirinya dan sang istri.

    Virgin Galactic menyebut telah menerima pembayaran secara penuh atau separuh dari lebih dari 600 orang dari 60 negara berbeda. Perusahaan ini juga telah memiliki daftar tambahan berisi 2.500 calon penumpang lainnya.

    Ditawarkan dengan biaya USD250.000 (Rp3,5 miliar) per tiket, penumpang juga akan mendapatkan pelatihan selama tiga hari sebelum terbang dan memulai perjalanan.

    Mengingat Virgin Galactic membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengumpulkan daftar tunggu, perusahaan ini diperkirakan menargetkan sebanyak 350 penumpang per tahun.

    Meskipun demikian, Whitesides enggan mengonfirmasi atau membantah terkait dengan target tersebut. Sebab menurutnya, produk ini merupakan produk baru dan tidak dapat dihitung berdasarkan tahun untuk mengetahui pasarnya.

    Whitesides memprediksi dengan penurunan harga dari tahun ke tahun, dirinya masih belum mendapatkan petunjuk terkait dengan jangka waktu ide tersebut akan bertahan. Sementara itu situs Virgin Galactic juga menyebut bahwa SpaceShip Two miliknya dapat menampung enam penumpang.

    Hal ini berarti Virgin Galactic dapat membawa sebanyak 2.000 penumpang per tahun dengan beberapa penerbangan dalam satu hari.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id