Rusia Bersiap Kembali Terbang Menuju Bulan di 2021

    Cahyandaru Kuncorojati - 10 Agustus 2020 19:21 WIB
    Rusia Bersiap Kembali Terbang Menuju Bulan di 2021
    Luna-25. (NPO Lavochkin)
    Jakarta: Planet Mars dan Stasiun Luar Angkasa Internasional bukan satu-satunya target misi penjelajahan antariksa yang populer di tahun selanjutnya. Bulan bakal kembali dijelajahin, salah satunya yang dilakukan oleh Rusia di tahun 2021.

    Badan antariksa Rusia, Roscosmos, sudah menjadwalkan misi penjelajahan nirawak di Bulan akan diluncurkan pada bulan Oktober tahun depan. Mereka saat ini sudah menyiapkan robot pendaratan sekaligus penjelajahan bernama Luna-25.

    Dikutip dari Space, wahana penjelajah Luna-25 saat ini sedang terus dilengkapi. Ada sembilan instrumen yang dipasang dan salah satunya miliki dari badan antarika Eropa ESA. Mereka menyiapkan isntrumen navigasi bernama Pilot-D.

    Luna-25 akan ditugaskan untuk melakukan pendaratan dan penelitian di kutub selatan dari Bulan tepatnya di Kawah Bogulavsky. Di sini akan dilakukan penelitian mengenai komposisi, struktur dna sifak fisik menaknik regolit material kawasan kutub selatan Bulan.

    Berdasarkan catatan misi antariksa ke Bulan hingga saat ini belum ada negara manapun yang melakukan penjelajan ke kawasan kutub selatan Bulan. Makanya misi yang dilakukan Rusia ini akan menjadi kontribusi besar bagi dunia dan ilmu pengetahuan.

    Sebelumnya Rusia sudah absen cukup lama melakukan misi antarika penjelajahan ke Bulan. Terakhir, mereka melakukannya di tahun 1976 dalam misi Luna-24. Di misi kali ini Rusia akan mengirimkan orbiter sekaligus wahana penjelajah yang juga bakal mengumpulkan material Bulan untuk dikirim ke Bumi.

    Rusia diketahui sudah sukses melakukan tiga misi untuk mengambil materia Bulan dan dikirim ke Bumi. Misi pertamanya di tahun 1970 Luna-16 dan tahun 1972 Luna-20.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id