Eropa Siapkan Misi Bersihkan Sampah Antariksa

    Cahyandaru Kuncorojati - 17 Mei 2021 12:08 WIB
    Eropa Siapkan Misi Bersihkan Sampah Antariksa
    Ilustrasi. (European Space Agency)



    Jakarta: Setiap misi antariksa yang diluncurkan dari Bumi kerap meninggalkan sisa wahana yang masih melayang di angkasa. Hal ini bisa membahayakan misi penerbangan ke angkasa selanjutnya atau bahkan jatuh ke Bumi seperti yang terjadi pada roket buatan Tiongkok beberapa waktu lalu.

    Kondisi tersebut membuat badan antariksa Uni Eropa yaitu European Space Agency atau ESA menyiapkan misi khusus untuk membersihkan sampah antariksa yang melayang di angkasa dan jumlahnya tidak diketahui.

     



    Dikutip dari Space.com pihak ESA menggandeng startup asal Swiss bernama ClearSpace untuk menyiapkan misi membersihkan sampah antariksa atau space debris yang bakal dilakukan di tahun 2025. Misi percobaan yang bernama ClearSpace-1 akan menggunakan sebuat robot.

    Robot yang diluncurkan memiliki empat lengan dan di misi pertamanya akan berusaha menangkap Vega Secondary Payload Adapter (VESa) yang ditinggalkan peluncur Vega ESA di tahun 2013. Benda ini memiliki jarak 800 kilometer dari Bumi dan bobot sekitar 100 kilogram.

    ESA sudah menandatangani pendanaan senilai USD104 juta atau Rp1,4 triliun untuk pembuatan dan persiapan misi ini. Namun robot ClearSpace yang diciptakan bersifat sekali pakai saja.

    Cara kerjanya, robot ClearSpace akan menangkap objek tadi dari orbit rendah Bumi kemudian menariknya turun ke atmosfer Bumi. Di sini baik sampah sekaligus robot tersebut akan terbakar habis di lapisan atmosfer.

    Menurut klaim ESA lapisan orbit rendah Bumi terisi oleh banyak sampah antariksa mulai dari satelit low-orbit hingga wahana peluncur sisa peluncuran roket atau antariksa. Semua objek ini bergerak di kecepatan puluhan ribu kilometer per jam dan dapat menabrak satelit yang aktif maupun pesawat antariksa yang sedang melintas.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id