Saturnus Punya Bulan Terbanyak di Tata Surya

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 Oktober 2019 17:19 WIB
    Saturnus Punya Bulan Terbanyak di Tata Surya
    Planet Saturnus. (Wikipedia)
    Jakarta: Saturnus kini dinyatakan sebagai yang planet dengan jumlah Bulan terbanyak, dalam penemuan terbaru.

    Dalam penemuan tersebut, ada dua puluh Bulan baru, yang membuat planet ini memiliki total 82 Bulan. Jumlah ini mengalahkan posisi Jupiter yang diketahui memiliki 79 bulan.

    Dikutip Slash Gear, temuan ini dilaporkan oleh tim astronomi Carnegie Institution for Science dari sebuah teleskop dari lokasi di Hawaii, AS. Tim yang dipimpin oleh ahli astronomi Scoot Sheppard menyebut ukuran Bulan yang baru ditemukan memiliki diamter sekitar tiga sampai enam kilometer.

    Bulan yang mengelilingi Planet Saturnus tersebut juga ada yang memiliki jarak orbit terjauh dari planet bercincin ini. Disebutkan dari sumber lain bahwa ada satu Bulan yang berjarak sekitar 24 juta kilometer dari Saturnus. Jarak ini adalah yang terjauh dibandingkan Bulan milik planet lain di tata surya ini.

    Sebagai perbandingan, Bulan yang mengelilingi Planet Bumi memiliki jarak sekitar 386 ribu kilometer saja. Data menarik lainnya juga menyebutkan bahwa 20 Bulan yang baru ditemukan memiliki arah orbit yang berbeda-beda.

    Ada 17 Bulan yang memiliki orbit berlawanan arah dengan rotasi Planet Saturnus dan sisanya mengorbit ke arah rotasi yang sama. Sheppard melaporkan bahwa beberapa Bulan ini diperkirakan sebagai pecahan dari Bulan yang ukurannya lebih besar.

    Analisa tersebut diklaim serupa dengan Jupiter yang juga memiliki banyak Bulan. Laporan Sheppard menyebutkan bahwa 79 Bulan yang dimiliki Jupiter adalah gugusan dari Bulan yang lebih besar.

    "Jumlah bulan yang sangat banyak menunjukan bahwa sistem tata surya merupakan ruang yang sangat rumit dan kacau di masa lalu, begitu banyak benda di angkasa yang beterbangan," tulis Sheppard dalam sebuah laporannya.

    "Benda-benda ini adalah sisa dari objek yang terbentuk di kawasan planet raksasa, entah karena dimuntahkan atau terbentuk ke dalam planet itu sendiri," ujar Sheppard.

    Sheppard meyakini bahwa Saturnus memiliki lebih banyak Bulan, dia mengklaim jumlah bisa sekitar 100 dan dengan ukuran diameter lebih dari 1,6 kilometer. Dia menyatakan butuh teleskop ukuran besar generasi terbaru untuk bisa mencari yang ukurannya lebih kecil lagi.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id