India Tunda Peluncuran Roket Antariksa Chandrayaan-2

    Ellavie Ichlasa Amalia - 16 Juli 2019 15:10 WIB
    India Tunda Peluncuran Roket Antariksa Chandrayaan-2
    Roket Chandrayaan-2. (ISRO)
    Jakarta: Badan Luar Angkasa India (ISRO) menunda peluncuran Chandrayaan-2 karena adanya masalah teknis. 

    Pada awalnya, roket itu akan diluncurkan pada 15 Juli pukul 2.51 pagi IST (15 Juli, 4.21 WIB) dari Sri Harikota Space Centre di India. Rencananya, Chandrayaan-2 akan diterbangkan ke Bulan dan seharusnya bisa mendarat di permukaan Bulan pada 6 September. 

    Namun, 56 menit sebelum peluncuran, ISRO memutuskan untuk menunda peluncuran karena mereka menemukan masalah dalam pemeriksaan rutin pada roket itu. Tim itu memutuskan untuk berhati-hati dan tidak memaksakan peluncuran roket tersebut.

    ISRO berkata pada media India, IANS, bahwa mereka menemukan masalah ketika bahan bakar kriogenik roket dimasukkan ke roket. Sayangnya, ISRO tidak memberikan penjelasan lebih detail terkait keputusan mereka untuk membatalkan peluncuran roket itu, menurut laporan The Next Web

    ISRO berjanji untuk mengumumkan tanggal peluncuran baru dalam waktu dekat. Namun, jika mereka ingin meluncurkan roket itu sekarang, paling lambat, roket harus diluncurkan pada tanggal 16 Juli. Tidak banyak waktu yang dimiliki oleh para peneliti untuk memperbaiki masalah pada roket. Karena itu, kemungkinan, roket baru akan diluncurkan pada September mendatang. 

    ISRO sangat berhati-hati dalam peluncuran roket ini. Tidak heran, mereka telah menghabiskan sekitar 1.000 crore atau Rp2 triliun dalam misi ini. Chandrayaan-2 adalah misi ke Bulan kedua dari India setelah Chandrayaan-1, yang diluncurkan pada 2009.

    Dengan misi ini, India ingin menjadi negara keempat setelah Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok, yang bisa mendaratkan rover di Bulan.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id