NASA Siapkan Empat Misi Luar Angkasa Terbaru

    Cahyandaru Kuncorojati - 17 Februari 2020 12:11 WIB
    NASA Siapkan Empat Misi Luar Angkasa Terbaru
    Logo NASA.
    Jakarta: Usaha mencari bukti pendukung manusia bisa tinggal di Planet Mars bukan jadi satu-satunya misi dari lembaga antarika Amerika Serikat, NASA. Tahun ini, mereka mulai merencanakan empat misi baru untuk meneliti tata surya.

    Dilaporkan bahwa NASA sudah menyiapkan dana sebesar USD3 juta atau sekitar Rp41 miliar untuk empat misi luar angkasa terbaru. Dana ini digunakan untuk menciptakan konsep matang dari misi tersebut dalam kurun waktu sembilan bulan.

    Nantinya hanya dipilih dua konsep misi yang matang untuk diwujudkan. Apa saja keempat misi tersebut? Dua misi akan meneliti Planet Venus, satu misi ke Planet Jupiter, dan satu lagi ke Triton yaitu bulan terbesar dari Planet Neptunus, dikutip dari situs resmi NASA.

    Dua misi ke Planet Venus diberi nama Davinci+ dan Veritas. Misi pertama akan melakukan analisa atmosfer planet tersebut, kemudian berevolusi sehingga bisa diketahui apakah Venus pernah memiliki sebuah perairan samudra.

    Misi Davinci+ di Planet Venus akan melanjutkan penelitian yang pernah dilakukan NASA pada tahun 1978. Kemudian misi kedua adalah untuk meneliti perkembangan geologi planet ini. NASA akan mencoba memetakan permukaan Planet Venus.

    Kemudian misi ke Planet Jupiter bernama IVO. Misi ini akan berfokus ke bulan dari planet ini yang diberi nama Io. Bulan tersebut dijelaskan NASA sebagai bulan yang memiliki tenaga volkanik paling aktif di tata surya.

    Terakhir adalah misi penelitian bulan terbesar dari Planet Neptunus yaitu Trident. NASA ingin mencari tahu apakah bulan ini memiliki pendukung kehidupan sebagai bulan yang memiliki iklim dingin.

    NASA tidak memberikan informasi perkiraan mereka mulai memiliki misi yang akan dilaksanakan. Pemilihan misi luar angkasa ini dimasukan dalam program NASA Discover kesembilan yang dilakukan sejak tahun 1992.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id