Crew Dragon Berhasil Tiba dan Tersambung di ISS

    Cahyandaru Kuncorojati - 01 Juni 2020 10:14 WIB
    Crew Dragon Berhasil Tiba dan Tersambung di ISS
    Tiga astronaut yang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional dua astronaut yang baru tiba. (NASA).
    Jakarta: Sesuai prediksi bahwa perjalanan Crew Dragon yang membawa dua astonaut NASA menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS) tiba di tujuan dalam waktu kurang lebih 19 jam.

    Sekitar lima jam lalu atau dini hari tanggal 1 Juni 2020, pesawat Crew Dragon yang diluncurkan roket SpaceX Falcon 9 dari Kennedy Space Center Florida, Amerika Serikat sudah tiba dan bermasil tersambung (docking) di tubuh dari Stasiung Luar Angkasa Internasional.

    Momen ini diabadikan langsung oleh NASA lewat video yang diunggah ke akun YouTube mereka. Di video tersebut diperlihatkan proses docking dari sudut pandang Stasiun Luar Angkasa Internasional dan kokpit Crew Dragon. Penonton akan disajikan kondisi interior dari kedua kendaraan antariksa tersebut.

    Baca: Berhasil Meluncur, Pesawat Antarika SpaceX dan NASA Tuju ISS

    Di video yang berdurasi empat jam 24 menit ini dua astrpnaut NASA yang berangkat dengan Crew Dragon, Robert L. Behnken dan Douglas G. Hurley, kemudian duduk berdampingan dengan tiga astronaut lain yang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Mereka memberkan laporan secara live streaming.
     
    "Selamat datang di Stasiung Luar Angkasa Internasional, silahkan masuk," ungkap komandan yang bertugas, Christopher Cassidy. Tim kendali misi NASA dari Johnson Space Center, Houston, Amerika Serikat kemudian bertanya mengenai perjalanan kedua astronaut.

    "Kami mendapatkan waktu menyenagkan selama tujuh jam, sebuah kesempatan untuk tidur dan saya bisa beristirahat dengan cukup," ungkap Behnken. Kini kedua astronaut akan tinggal di sana selama enam hingga 16 minggu menurut rencana awal SpaceX dan NASA.

    Baca: Profil 2 Astronaut NASA yang Bakal Diterbangkan SpaceX ke ISS

    Mereka tidak hanya akan membantu tim yang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional, tapi juga melakukan riset terhadap Crew Dragon. Pesawat ini akan dieksplorasi fitur dan kemampuannya sehingga memungkinkan menjadi pesawat cadangan atau sistem darurat saat dibutuhkan.

    Video laporan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional kemudian diakhiri dengan memperlihatkan Bumi dari orbit pesawat ini. Selama durasi 20 menit kita bisa menyaksikan bahwa Bumi memiliki bentuk bulat, mematahkan teori komunitas Bumi Datar.





    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id