Gaet Jerman dan Prancis, Jepang Ingin Kirim Rover ke Satelit Mars

    Ellavie Ichlasa Amalia - 22 Juni 2019 15:44 WIB
    Gaet Jerman dan Prancis, Jepang Ingin Kirim Rover ke Satelit Mars
    Ilustrasi.
    Jakarta: Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang (JAXA) bekerja sama dengan Pusat Luar Angkasa Jerman (DLR) dan Pusat Studi Luar Angkasa Nasional Prancis (CNES) untuk mengirimkan rover ke satelit Mars, Phobos dan Deimos. 

    DLR dan CNES akan membantu JAXA untuk membangun dan mempelajari rover yang akan dikirim ke satelit Mars. Rover tersebut akan diterbangkan menggunakan pesawat luar angkasa MMX (Martian Moons eXploration), menurut laporan Engadget

    Jika misi ini berjalan dengan lancar, rover tersebut akan menjadi rover pertama yang mendarat di satelit Mars. Selain itu, kerja sama JAXA dengan DLR juga memberikan badan Jepang itu kesempatan untuk melakukan ekspremium menggunakan Bremen Drop Tower di Jerman, menara mikro gravitasi yang memungkinkan peneliti untuk menguji peralatan di kondisi tanpa gravitasi. 

    JAXA masih belum menentukan tujuan akhir dari rover ini. Namun, Tim Glotch, peneliti luar angkasa dari Stony Brook University mengatakan bahwa JAXA akan memutuskan untuk mengirimkan rover ke Phobos.

    Kepada New Scientist, dia menjelaskan, kemungkinan besar JAXA akan memilih Phobos karena ia memiliki ukuran yang lebih besar dengan gravitas yang juga lebih besar.

    Mengirimkan rover ke satelit Mars akan membantu peneliti untuk tahu komposisi dari satelit tersebut dan juga asal mulanya. Mengetahui komposisi satelit Mars bisa membantu kesuksesan misi ke Mars di masa depan. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id