Dapatkan Tiket Misi NASA ke Mars di 2020, Begini Caranya

    Cahyandaru Kuncorojati - 26 September 2019 20:37 WIB
    Dapatkan Tiket Misi NASA ke Mars di 2020, Begini Caranya
    Tiket pendaftaran misi ke planet Mars bersama NASA.
    Jakarta: Badan antariksa NASA sudah memastikan akan melakukan misi penelitian ke planet Mars. Misi ini akan dilakukan dengan menggunakan kendaran robotik nirawak atau rover penjelajah yang kini masih dalam tahap persiapan dan pengembangan.

    Sebelumnya NASA mengumumkan sebuah sayembara kepada pelajar untuk memberikan nama kepada rover tersebut. Caranya dengan membuat esay yang terdirid ari 150 kata mengenai nama yang akan diberikan.

    Kini, NASA juga membuka program bagi masyarakat di seluruh dunia membeli tiket untuk terbang ke planet Mars. Tiket terbang ini bukan berarti Anda akan ikut serta dalam misi antariksa ini melainkan hanya nama Anda akan terukir dalam rover penjelajah yang akan digunakan.

    NASA menjelaskan bahwa satu juta nama yang terpilih secara acak akan dikuir menggunakan sinar laser pada permukaan mikrochip yang menjadi otak di rover penjelajah NASA di planet Mars. Robot ini direncanakan meluncur pada pertengahan 2020 dan mendarat di planet Mars pada Februari 2021.

    Rover penjelajah akan mendarat di sebuah kawah yang dinamakan kawah Jezero di planet Mars. Kawah ini diketahui memiliki diameter mencapai 45 kilometer. Berikut ini adalah cara untuk mendaftarkan nama Anda dalam misi rover penjelajah NASA di Mars.

    Untuk melakukan pendaftaran bisa dilakukan di situs https://mars.nasa.gov. Apabila sulit untuk mengeja dan menuliskannya, Anda bisa bukan peramban Google dan lakukan pencarian Mars 2020. Di hasil pencarian paling atas akan ada tautan situs berjudul Send Your Name to Mars: Mars 2020.

    Kemudian masukan nama lengkap dan alamat email yang digunakan untuk menerima informasi dari NASA terkait program ini. Apabila sudah selesai maka Anda akan menerima sebuah tiket yang bisa Anda simpan atau unduh.

    Tersedia informasi lokasi keberangkatan yaitu Markas Angkatan Udara Amerika Serikat di Cape Canavera, Florida. Tujuan penerbangan ke Kawah Jezeero, Planet Mars. Kendaraan yang digunakan adalah roket Atlas V-541 dan tanggal keberangkatan di Juli 2020.

    Di situs ini terpantau sudah ada 9.761.716 orang yang mendaftarkan tiket penerbangan ke planet Mars bersama NASA. Negara Turki menjadi yang paling banyak yaitu ada 2.523.504 pendaftar, India sebanyak 1.522.381 pendaftar, dan Amerika Serikat di angka 1.199.183 pendaftar.

    Bagaimana dengan Indonesia? Tercatat ada sebanyak 232.472 nama yang mendaftarkan diri. Misi pendaratan rover penjelajah NASA di kawah Jezero adalah berusaha mencari material yang bisa mendukung kehidupan manusia di planet merah itu.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id