SpaceX Akui Pesawat Awak Dragon Meledak

    Ellavie Ichlasa Amalia - 03 Mei 2019 10:08 WIB
    SpaceX Akui Pesawat Awak Dragon Meledak
    Kapsul Dragon.
    Jakarta: Pada akhir April lalu, muncul video bocoran yang menunjukkan kapsul Dragon milik SpaceX meledak dalam pengujian. Untuk permta kalinya, SpaceX mengonfirmasi kebenaran video itu. 

    Dalam sebuah pernyataan resmi, Vice President of Mission Assurance, SpaceX, Hans Koenigsman memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana tes kapsul Dragon bisa meledak, seperti yang disebutkan oleh TechCrunch

    Koenigsman berkata, sekarang masih terlalu cepat untuk menentukan penyebab dari ledakan itu. Namun, dia mengatakan bahwa kapsul meledak ketika sistem thruster SuperDraco dinyalakan. 

    "Di tempat pengujian, kami mengaktifkan Dragon dan ia menyala seperti biasa. Kami telah menyelesaikan pengujian atas thruster Draco --thruster Draco adalah thruster lebih kecil yang juga ada pada Dragon 1, Cargo Dragon," kata Koenigsman.  

    "Kami mengaktifkannya dua kali, masing-masing selama lima detik, dan tes itu berjalan dengan baik. Dan sebelum kami mengaktifkan SuperDraco, terjadi anomali, dan kapsul Dragon meledak," ujarnya. 

    Kapsul yang ada pada video yang bocor pada 21 April adalah pesawat pengujian yang telah menyambangi International Space Station pada awal Maret dan jatuh di Samudera Atlantik enam hari kemudian.
     

    Lain halnya dengan pesawat kargo buatan SpaceX, pesawat percobaan yang diberi nama SpaceX Demo-1 itu didesain untuk membawa awak manusia.

    Memang, ledakan ini terjadi pada saat pengujian. Namun, ini tetaplah masalah besar, terutama karena pesawat itu didesain untuk membawa awak manusia. Kemungkinan, kejadian ini akan membuat SpaceX menunda rencana mereka untuk meluncurkan Dragon dengan awak dari tahun ini menjadi tahun depan. 

    Sekarang, NASA juga membantu SpaceX untuk menyelidiki penyebab dari meledaknya pesawat Dragon. "Saya harap penyelidikan ini dapat diselesaikan dengan cepat," kata Koenigsman. "Saya tidak ingin mengonfirmasi bahwa jadwal yang ada pasti dimundurkan, tapi ini jelas bukan kabar baik."



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id