Michael Collins, Astronaut Misi Pertama ke Bulan Meninggal Dunia

    Cahyandaru Kuncorojati - 29 April 2021 12:10 WIB
    Michael Collins, Astronaut Misi Pertama ke Bulan Meninggal Dunia
    (kiri-kanan) Astronaut tim Apollo 11: Neil Armstrong, Michael Collins, dan Buzz Aldrin.



    Jakarta: Dunia sains terutama antariksa kehilangan sosok penting yang bersejarah. Michael Collins yang merupakan astronaut dalam misi NASA penerbangan Apollo 11 dikabarkan meninggal dunia di usia 90 tahun.

    Apollo 11 adalah misi antariksa paling ambisius dan salah satu pencapaian peradaban manusia tertinggi. Apollo 11 adalah misi penerbangan dan pendaratan pertama manusia di Bulan yang berlangsung pada tahun 1969.

     



    Misi ini memang lebih menonjolkan sosok Neil Armstrong dan Buzz Aldrin sebagai manusia pertama yang mendarat di Bulan dengan moon lander Eagle. Namun Collins juga menjadi sosok penting dalam misi Apollo 11, dikutip dari Engadget.

    Collins seorang diri mengendarai command module Columbia terbang mengelilingi orbit Bulan. Kendaraan ini menjadi pesawat antariksa yang digunakan ketiganya kembali mendarat di Bumi. Jadi Collins memiliki peran penting dan menjalani misi berbahaya sendiri.
     
    Kabar duka wafatnya Collins dikonfirmasi langsung oleh keluarganya lewat akun Twitter resmi @AstroMCollins. “Dia menghabiskan akhir hidupnya dengan damai didampingi keluarganya,” tulis akun Twitter tersebut.

    Kepergian Collins menyusul rekannya yaitu Aldrin yang sudah lebih dulu wafat pada tahun 2021 dan kini menyisakan Armstrong. Collins dan Aldrin sempat tampil bersama di tahun 2019 saat diundang oleh Presiden AS Donald Trump merayakan kesuksesan ke-50 tahun dari misi Apollo 11.

    Collins pensiun dari NASA setelah kembali ke Bumi menyelesaikan misi Apollo 11. Dia sempat menjabat sebagai kepala museum dari National Air and Space Museum Smithsonian.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id