Menyusul UEA, Tiongkok Bersiap Mendarat ke Mars

    Cahyandaru Kuncorojati - 14 Februari 2021 14:01 WIB
    Menyusul UEA, Tiongkok Bersiap Mendarat ke Mars
    Ilustrasi desain wahanan pendaratan dan robot penjelajah Planet Mars milik Tiongkok. (CNSA)
    Jakarta: Misi antarika ke Planet Mars oleh Tiongkok yang dilakukan dengan wahana bernama Tianwen-1 memasuki tahap selanjutnya setelah dilaporkan berhasil masuk ke garis orbit planet tersebut.

    Tiongkok kini berdampingan dengan Uni Emirat Arab yang lebih dulu tiba di orbit Planet Mars dan memulai misi pengamatan cuaca serta atmosfer dari planet ini. Namun Tiongkok sedang bersiap melakukan pendaratan rover atau robot penjelahah.

    Dilaporkan bahwa wahana Tianwen-1 berhasil masuk ke orbit Planet Mars beberapa hari lalu di tanggal 10 Februari 2021. Saat proses masuk ke orbit berlangsung Tianwen-1 merekam video Planet Mars dari jarak dekat. Hal ini sebagai bukti momen pencapaian terbaru mereka.

    Menurut badan antariksa Tiongkok atau China National Space Administration (CNSA) video yang direkam berasal dari sejumlah kamera yang dipasang untuk memantau pengoperasian bagian dari wahana antariksa, misalnya panel tenaga surya.

    Kini wahana orbiter dari Tianwen-1 akan terus terbang mengikuti rotasi Planet Mars hingga posisi pendaratan rover yaitu di kawasan bernama Utopia Planitia telah sesuai dengan perhitungan. Tianwen-1 direncanakan bakal mendaratkan rover pada kisaran bulan Mei atau Juni.

    Rover atau robot penjelajah Tianwen-1 akan didaratkan di kawasan bernama Utopia Planitia. Proses pendaratan disebut bakal berlangsung hanya tujuh menit namun ini jadi momen paling menegangkan yang menentukan keberhasilan misi Tiongkok di Planet Mars.

    Tiongkok akan melakukan penelitian material tanah atau batuan di Planet Mars dan berusaha mencari bukti adanya sisa endapan es atau air di daratan planet tersebut. Misi ini mirip dengan yang akan dilakukan oleh Perseverance milik NASA yang masih dalam perjalanan menuju Planet Mars.

    Wahana antariksa NASA sendiri diprediksi bakal tiba di garis orbit dalam beberapa hari ke depan. NASA mengklaim akan mendaratkan rover Perseverance pada 18 Februari 2021.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id