SpaceX Crew Dragon dalam Perjalanan Kembali ke Bumi

    Cahyandaru Kuncorojati - 02 Agustus 2020 16:18 WIB
    SpaceX Crew Dragon dalam Perjalanan Kembali ke Bumi
    Pesawat Crew Dragon berhasil melakukan undocking dari ISS, terlihat bagian katup yang menjadi pintu docking masih terbuka. NASA
    Jakarta: Dua astronaut NASA yang terbang dalam uji coba SpaceX Crew Dragon Demo-2 ke stasiun luar angkasa internasional atau International Space Station (ISS) akhir bulan Mei silam kini sudah dalam perjalanan kembali pulang ke Bumi.

    Sesuai rencana NASA, pesawat yang berganti nama menjadi Crew Dragon Endeavor ini melakukan undocking atau melepaskan diri dari badan ISS pada tanggal 1 Agustus 2020 pukul 19.34 EDT atau menjadi 2 Agustus 2020 pukul 04.00 WIB.

    Durasi perjalanan dari ISS ke Bumi sekitar dua hari. NASA memprediksi pesawat kapsul tersebut akan tiba di Bumi pada tanggal 2 Agustus 2020 pukul 14.48 EDT atau sekitar pukul 01.48 WIB tanggal 3 Agustus 2020. Titik pendaratan ditargetkan di Teluk Meksiko di pesisir Florida, Amerika Serikat.

    BACA: SpaceX Siap Terbangkan Kembali Astronaut NASA ke ISS

    Proses pendaratan ini akan menjadi tantangan dan jawaban atas misi antariksa selanjutnya bagi SpaceX dan NASA. Apabila sukses, maka pesawa Crew Dragon dianggap memenuhi uji keselamatan dan bisa digunakan dalam misi selanjutnya yang sudah disiapkan hingga tahun 2021.

    Dikutip dari ArsTechnica, tantangan saat memasuki atmosfer Bumi akan jadi tantangan terbera. Desian kapsul Crew Dragon yang asimetris memungkinan terjadinya guncangan hingga putaraan saat berusaha menembus lapisan atmosfer.

    Teknologi pendaratan Crew Dragon dilengkapi empat roket thruster atau pendorong yang akan berusaha menjaja posisi pesawat tidak terbalik saat melakaukan splashdown atau melesat menuju titik pendaratan. Kemudian ada empat parasut yang akan membantu thruster menjaga posisi.

    BACA: NASA Umumkan Misi Menuju ISS Bersama SpaceX di 2021

    Permasalahannya, uji coba teknologi pendaratan ini baru dilakukan sekali yaitu di misi Crew Dragon ke ISS yang dilakukan bulan Maret tahun lalu.

    Saat itu misi penerbangan dilakukan tanpa membawa awak atau astronaut. NASA dan SpaceX memiliki target untuk sepenuhnya menggunakan pesawat dan roket daur ulang di setiap misi selanjutnya.



    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id