Startup Jepang Luncurkan Roket

    Ellavie Ichlasa Amalia - 07 Mei 2019 06:25 WIB
    Startup Jepang Luncurkan Roket
    Peluncuran Momo-3. (Kyodo News via AP)
    Jakarta: Startup Jepang sukses meluncurkan roket kecil pada hari Sabtu, menjadikannya sebagai perusahaan swasta Jepang pertama yang berhasil mengirimkan roket ke luar angkasa. 

    Interstellar Technology Inc. berkata bahwa roket Momo-3 diluncurkan dari Hokkaido dan berhasil mencapai ketinggian 110 kilomenter sebelum roket tak berawak itu jatuh di Samudera Pasifik setelah terbang selama 10 menit, lapor Japan Times

    "Ini sukses besar. Kami akan berusaha untuk bisa meluncurkan roket dengan stabil dan memproduksi roket secara massal dalam waktu dekat," kata pendiri Interstellar Technology, Takafumi Horie. 

    Momo-3 memiliki tinggi 10 meter dan diameter 50 centimeter dengan bobot 1 ton. Pada awalnya, roket itu hendak diluncurkan pada hari Selasa minggu lalu. Namun, peluncuran ditunda karena ada masalah pada sistem bahan bakar. 

    Pada hari Sabtu, percobaan peluncuran pertama dilakukan pada pukul 5 pagi. Percobaan pertama itu dibatalkan pada menit terakhir karena adanya keanehan pada sistem. Untungnya, keanehan itu terdeteksi sebelum percobaan peluncuran kedua.

    Menurut Interstellar, Momo-3 diluncurkan pada 5.45 pagi dan bahan bakar cair yang ada di roket terbakar selama dua menit, sesuai rencananya. 

    Sekitar 1.000 orang menonton penerbangan ini. Ini adalah kali ketiga Interstellar berusaha untuk menerbangkan roket. Dua usaha sebelumnya berakhir dengan kegagalan pada 2017 dan 2018.

    Pada 2017, operator kehilangan kontak dengan Momo-1 tidak lama setelah roket diluncurkan. Sementara pada 2018, Momo-2 hanya terbang sejauh 20 meter sebelum jatuh dan meledak karena masalah pada sistem kendali. 

    Didirikan pada 2013, Interstellar Technology ingin membuat roket komersil berharga terjangkau untuk membawa satelit ke luar angkasa. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id